999 +
0
113
0
5 Cara Buat Liburan Jadi Lebih Menyenangkan Bukan Melelahkan
2 months 'ago'

Tak ada yang bisa menolak kalau diajak liburan. Apalagi liburan gratis. Memang sudah banyak penelitian yang membuktikan kalau liburan memang baik untuk kesehatan Anda, salah satunya adalah untuk menghilangkan stres. 

Mengutip Lonely Planet, sebuah studi terbaru di New York mengungkapkan bahwa liburan juga bakal membuat Anda lebih sehat dan bahkan menyelamatkan nyawa. Penelitian dari NCBI ini menunjukkan bahwa liburan lebih sering bisa membuat pria yang terkena serangan jantung jadi lebih sedikit. 

 

Liburan juga diketahui bisa meningkatkan kebahagiaan, membuat Anda lebih produktif, meningkatkan toleransi, dan juga meningkatkan kemampuan memecahkan masalah. Tapi tak bisa dimungkiri kalau ternyata liburan juga mungkin membuat Anda merasa lebih lelah. Liburan juga punya trik tersendiri agar jadi lebih berkesan, lebih sehat bukan malah kelelahan. 

Berdasarkan penelitian Jessica de Bloom dari Radbound University di Belanda, rahasianya adalah tak terlalu lama pergi berlibur. 

Studi ini membandingkan dua grup pekerja di Belanda yang pergi berlibur. Satu grup terdiri dari 96 pekerja yang pergi berlibur selama dua minggu. Sedangkan grup lainnya terdiri dari 93 orang dan pergi liburan di akhir pekan yang panjang (long weekend). 

Penelitian ini dimulai dengan sebuah asumsi bahwa liburan bisa berkontribusi untuk mengembalikan kelelahan akibat bekerja dengan dua cara, pasif dan aktif. Cara pasif dengan melalui proses 'bebas' dari pekerjaan, dan aktif dengan cara terlibat lewat aktivitas bukan pekerjaan. 

Poinnya dari penelitian ini adalah untuk melihat dan bertanya soal apakah durasi liburan berpengaruh pada pengaruh pascaliburan?

De Bloom menyimpulkan bahwa liburan selama dua minggu atau liburan tiga hari ternyata punya punya efek yang hampir sama saat kembali masuk kerja. Namun untuk membuat liburan jadi lebih  menyenangkan dan benar-benar menghilangkan kejenuhan, ada beberapa poin yang harus diperhatikan. 

1. Studi menunjukkan bahwa sebaiknya Anda merencanakan liburan sekitar setahun sebelumnya. Karena tak dimungkiri kalau sindrom liburan punya efek yang kuat dan penambah semangat.
2. Rencanakan semuanya untuk menghindarkan kekecewaan. 
3. Lakukan berbagai kegiatan yang menyenangkan agar efek liburan lebih terasa.
4. Selesaikan semua pekerjaan Anda sebelum liburan. Tujuannya agar selama liburan Anda benar-benar bebas stres dan tak stres kembali saat sudah kembali bekerja.
5. Jangan terlalu fokus untuk membuat foto yang bagus untuk media sosial. Sebaiknya, kumpulkan kenangan lewat foto yang lekat dengan ingatan agar memperpanjang efek liburan

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow