0
86
0
Pentingnya Menguasai Karakter Setiap Siswa
3 months 'ago'

Karakter setiap siswa dalam sebuah kelas akan berbeda satu sama lainnya. Jika di dalam kelas dihuni oleh 20 siswa maka karakter yang akan muncul juga akan sebanyak itu juga. Karakter siswa disini adalah tipe belajar, kemauan atau minat belajar, serta sikap dan tingkah laku siswa yang sering muncul. Salah satu strategi sukses dalam mengajar yang bersifat non-teknis adalahmenguasai berbagai karakter siswa. Dan hal ini sering luput dari perhatian guru, kebanyakan guru terpaku pada strategi mengajar yang bersifat teknis.

Jadi, apa pentingnya guru menguasai karakter siswa?
1. Mempermudah guru dalam memberikan pelayanan kepada siswa.
Mengajar itu berarti, memberikan pelayanan terbaik kepada siswa melalui interaksi timbal-balik melalui proses belajar mengajar di kelas. Dengan memahami karakter siswa, keadaan dan nuansa pembelajaran diarahkan sesuai dengan karakteristik siswa dalam satu kelas.

2. Mempertimbangkan strategi dan metode yang akan diterapkan.
Tidak satu pun metode pembelajaran yang dianggap paling bagus kecuali yang sesuai dengan karakteristik siswa. Maka strategi guru yang utama adalah memahami minat, kemauan dan kemampuan siswa di dalam kelas.

3. Mempermudah guru untuk mengurangi hambatan yang mungkin timbul dalam mengajar.
Prilaku yang menyimpang akan ditunjukkan siswa sudah diperkirakan sebelumnya oleh guru setelah menguasai karakter siswanya. Maksudnya adalah guru sudah memiliki konsep alternatif pemecahan masalah yang mungkin timbul selama pembelajaran. Jika siswa bertindak begini, maka ini jalan keluarnya.

Jika ternyata siswa benar-benar menunjukkan perilaku menyimpang dan menghambat jalannya pembelajaran, guru tidak perlu lagi banyak kehilangan waktu. Membuang waktu untuk menasehati apalagi untuk memarahi siswa.

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow