999 +
0
161
0
Ngerasa Mager? Coba Lakukan 5 Trik Ini Biar Semangat Jalani Hari
1 month 'ago'

Rasanya tidak ada yang paling berpengaruh dalam hidup kita selain niat dan tekad yang bulat dari dalam diri sendiri. Sesulit apapun tantangan dan hambatan yang akan mucul di depan nanti, saat diri sendiri sudah berkata "bisa" maka semua rasa sulit bisa teratasi. Tentu saja memunculkan motivasi seperti ini di dalam diri tidaklah mudah.

Banyak yang berkata semua harus bisa dimulai dari diri sendiri, maka semua kesulitan akan menjadi mudah. Namun terkadang kita kesulitan mencaritahu caranya. Bukan tidak bisa hanya saja belum menemukan bagaimana cara supaya motivasi di dalam diri menjadi lebih membara lagi.

Beberapa trik yang bisa dilakukan agar kita tidak lupa dan bahkan terus termotivasi oleh diri sendiri saat hendak menggapai suatu impian.

1. Mulailah dari apapun yang kamu punya

Setiap manusia memiliki kemampuan, kompetensi dan kelebihannya masing-masing. Tidak banyak yang tahu bahwa motivasi bisa muncul saat kita menyadari seberapa berharganya diri kita. Dengan kelebihan bahkan kekurangan yang kita miliki. Tidak ada batasan bahkan selama tidak merugikan orang lain, semua yang ada di dalam diri kita bisa menjadi sumber motivasi diri.

Cari tahu apapun yang menjadi kelebihanmu. Cari tahu dimana kamu bisa mengembangkan diri dengan baik. Jika menemukan kesulitan, maka segera caritahu caranya dan temukanlah orang yang bisa membantumu melalui kesulitan itu.

Jangan menahan bahkan memendam kesulitanmu sendiri. Ingat, kamu akan selalu membutuhkan motivasi dan penyemangat di dalam dirimu.

2. Ciptakan goals hidup yang jelas

Selain mengetahui kelebihan dan kekurangan diri, membuat goals hidup bisa menjadi sumber motivasi di dalam hidup. Seolah tidak ada batasan usia kapan kamu harus memiliki goals hidupmu. Jika kamu ingat sekarang, maka segera buat.

Renungkan apa yang ingin kamu lakukan 5, 10, 20 atau 50 tahun ke depan. Meski kamu sangat realistis dan tidak ingin mendahului kehendak Yang Maha Berkuasa, namun sebagai manusia kamu harus memiliki tujuan di dalam hidupmu. Di sinilah kamu akan tahu harus berbuat apa.

Ciptakan goals hidupmu secara jelas. Jika bisa membuatnya sangat rinci dan detail akan jauh lebih baik. Namun yang jelas kamu membutuhkan sumber motivasi yang bisa kamu ciptakan sendiri. Buatlah goals untuk hidupmu, karirmu bahkan hubunganmu dengan orang lain.

3. Berburu pengetahuan sebanyak mungkin

Setelah kamu tahu bagaimana goals hidupmu, segera caritahu bagaimana cara menggapainya. Setiap usahamu tidak akan pernah menghianati hasilmu kelak. Gali ilmu sebanyak mungkin. Dari banyak sumber, dari berbagai macam orang yang kamu temui, dan jika memungkinkan berkelanalah ke tempat baru yang belum kamu tahu sebelumnya.

Semakin banyak ilmu yang kamu dapatkan, semakin banyak pengalaman yang kamu hasilkan, maka semakin besar semangatmu untuk menggapai impianmu. Jika sempat gagal di tengah perjalananmu, jangan menyerah. Di situlah kamu akan semakin kuat untuk menghadapi tantangan di masa mendatang.

4. Buat lingkungan kerja yang nyaman

Salah satu yang bisa meningkatkan motivasimu dalam hidup dan pekerjaanmu salah satunya yaitu lingkungan kerja yang nyaman. Baik di kantor maupun di rumah. Ciptakan ligkungan kerja yang benar-benar kamu inginkan.

Kamu bisa memiliki lingkungan kerja yang kamu impikan. Mulai dari penataan ruang, pemilihan warna hingga perabotan yang kamu gunakan. Semua bisa sesuai dengan keinginanmu.

Sebab dari situlah semua ide brilian bisa muncul darimu. Semua semangat bisa tertuang dalam setiap yang kamu kerjakan. Seolah kamu terus bersemangat, kamu memiliki tempat yang nyaman untuk menuangkan semua yang kamu pikirkan dan kamu rasakan.

5. Think positive, be positive

Ya, seberapa besar yang kamu impikan dan seberapa sulit yang kamu lakukan, semua bisa membuatmu tetap bersemangat saat kamu berpikir positif. Meski sulit kamu tidak akan terpengaruh dengan pemikiran negatif yang menyurutkan semangatmu.

Dari pemikiran positif itu, kamu bisa menjadi manusia yang lebih baik lagi dan lagi setiap harinya. Kamu pun bisa menjadi manusia yang menularkan semangat dan pikiran positif kepada orang lain.

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow