Home » Kongkow » Tahukah Kamu » Ngaku Deh, 8 Hal Ini Pasti Kamu Rasakan Ketika Jadi Guru!

Ngaku Deh, 8 Hal Ini Pasti Kamu Rasakan Ketika Jadi Guru!

- Selasa, 25 September 2018 | 10:02 WIB
Ngaku Deh, 8 Hal Ini Pasti Kamu Rasakan Ketika Jadi Guru!

Menjadi guru adalah keputusan yang hebat karena tidak semua orang mau menjadi guru. Pengalaman menjadi guru tidak akan didapatkan oleh orang yang menekuni profesi lain. Kamu bakalan menemui hal-hal unik yang bahkan di luar ekspektasimu.

Jika kamu adalah anak muda yang masih menjadi calon guru atau malah sudah mengajar di sekolah tertentu, baca baik-baik artikel yang menghibur di bawah ini. Bagi yang belum jadi guru, siapa tahu kamu bisa terinspirasi. Oh ya, tulisan ini bersumber dari pengalaman mengajar penulis sendiri lho!

1. Kamu bakal jadi semacam idola bagi murid-muridmu.

Ngaku Deh, 8 Hal Ini Pasti Kamu Rasakan Ketika Jadi Guru!

Kamu tidak perlu menjadi artis untuk diidolakan. Kamu hanya perlu menjadi guru. Di kelas, mata semua anak akan tertuju padamu. Jika ada murid yang menemui masalah, kamu juga adalah orang yang pertama dicari-cari.

Bahkan kamu adalah orang yang akan selalu diceritakan murid-muridmu ketika sudah pulang dari sekolah. Tanda tanganmu pun banyak dibutuhkan (baca: untuk hasil laporan belajar). Meski muridmu sudah beranjak dewasa, kamu akan selalu dikenang oleh mereka. Kamu adalah teladan dan idola bagi para muridmu. 

2. Kamu akan bertemu orang banyak dengan karakter berbeda.

Ngaku Deh, 8 Hal Ini Pasti Kamu Rasakan Ketika Jadi Guru!

Menjadi guru berarti objek pekerjaanmu adalah manusia. Kamu akan menemui berbagai macam karakter orang ketika bekerja. Di kelas, ada banyak karakter murid yang unik. Mulai dari yang rajin sampai mereka yang bertingkah konyol.

Atau muridmu yang masih dalam proses toilet training (terutama bagi guru PAUD dan SD). Walaupun kadang tingkah mereka membuatmu lelah, tetapi sebenarnya cukup lucu dan seru lho. Kamu bisa belajar untuk menjadi lebih sabar dalam menghadapi anak-anakmu di masa depan nanti.

Kamu juga akan bertemu dengan para wali murid meskipun intensitasnya tidak sering. Seperti murid, karakter mereka juga berbeda-beda. Ada yang menginginkan laporan perkembangan anaknya secara detail. Bahkan terkadang ada yang WhatsApp malam-malam hanya untuk menanyakan PR.

Dari sini, pengalamanmu akan bertambah. Kamu bisa belajar menghadapi orang dengan bermacam-macam karakter. Kamu akan menjadi semakin dewasa dan bisa memperlakukan orang dengan lebih baik.

3. Kamu menjadi tempat curhat.

Ngaku Deh, 8 Hal Ini Pasti Kamu Rasakan Ketika Jadi Guru!

Terkadang kamu akan menjadi tempat curhat para murid dan wali murid, apalagi jika kamu adalah wali kelas. Setiap cerita pasti berbeda-beda. Ada yang konyol, ada juga yang di luar ekspektasimu. Misalnya cerita tentang keadaan keadaan keluarga yang tidak kondusif jadi si anak tidak bisa berkonsentrasi belajar dengan baik. 

Atau pengalaman-pengalaman tertentu yang menimpa muridmu sehingga mereka bertingkah di luar batas. Dari sini, kamu bisa belajar dari cerita mereka untuk lebih memaknai dan menghargai hidup.

4. Gampang-gampang susah dalam mengajar.

Ngaku Deh, 8 Hal Ini Pasti Kamu Rasakan Ketika Jadi Guru!

Bagi sebagian orang mengajar kelihatannya mudah sekali. Faktanya tidak begitu. Di kelas, guru tidak hanya menyampaikan materi saja. Guru juga harus bisa mengkondisikan kelas. Apalagi bagi yang mengajar PAUD dan SD; tidak semua anak mau duduk diam ketika guru memberikan penjelasan mengenai pelajaran. 

Di samping itu, kamu juga harus mempunyai metode tersendiri dalam menyampaikan materi agar siswa tidak mudah bosan dan materi pembelajaran terserap dengan baik.

5. Administrasi yang banyak.

Ngaku Deh, 8 Hal Ini Pasti Kamu Rasakan Ketika Jadi Guru!

Banyak orang beranggapan bahwa guru itu jam kerjanya pendek dan pekerjaannya cuma mengajar. Namun, realitanya, pekerjaan guru itu juga cukup banyak. Selain mengajar, guru juga masih harus menyelesaikan beberapa administrasi. Misalnya membuat rencana pelaksanaan pembelajaran, mengoreksi pekerjaan siswa, membuat grafik kemajuan belajar, dll.

Belum lagi pelatihan-pelatihan di luar jam mengajar yang menyita waktu dan pikiran. Jadi bisa dibilang jam kerjanya cukup panjang. Bahkan ada yang sampai lembur lho agar bisa menyelesaikan administrasi tepat waktu.

6. Gaji yang (kadang) tidak seberapa.

Ngaku Deh, 8 Hal Ini Pasti Kamu Rasakan Ketika Jadi Guru!

Gaji guru memang tidak bisa dibilang tinggi; jika kamu belum menjadi guru pegawai negeri. Apalagi lagi jika kamu membanding-bandingkan gajimu dengan teman-teman lain profesi. Namun, kamu tidak perlu berkecil hati. Ingatlah bahwa rahmat Tuhan lebih besar dari slip gajimu. Rejeki bisa datang dari mana saja dan dalam bentuk apa saja. 

Jika kamu perhatikan, ada banyak sekali berkah menjadi guru. Sudah banyak cerita-cerita yang beredar bahwa guru dapat tetap hidup berkecukupan meskipun gajinya kecil. Di samping itu, dengan menjadi guru kamu bisa menabung pahala untuk di akhirat kelak. 

7. Kamu merindukan liburan lebih dari murid-muridmu.

Ngaku Deh, 8 Hal Ini Pasti Kamu Rasakan Ketika Jadi Guru!

Beban jam mengajar yang banyak ditambah administrasi yang tidak ada habisnya terkadang membuat kamu merasa lelah. Tanpa sadar kamu pasti lebih sering mengecek kalender untuk menemukan tanggal merah. Apalagi jika sudah mendekati akhir semester, kamu akan lebih semangat untuk menghitung hari menuju liburan. Ya, tak hanya murid yang ingin libur, guru pastinya juga ingin libur untuk rehat sejenak dari rutinitas. 

8. Calon menantu idaman.

Ngaku Deh, 8 Hal Ini Pasti Kamu Rasakan Ketika Jadi Guru!

Berita bagus bagi kamu yang masih single dan menjadi guru atau calon guru. Di mata masyarakat, guru adalah orang yang pandai dan serba bisa. Di samping itu, guru pastinya mempunyai sikap dan perilaku yang baik. Guru juga pasti sabar dan telaten dalam membimbing anak-anak.

Karena itulah, banyak orang tua berharap agar calon menantu mereka adalah guru. Mereka berharap agar kelak cucu mereka bisa tumbuh menjadi anak yang pandai dan bersikap baik karena diasuh oleh orang yang tepat dan sudah berpengalaman.

So, masih ragu menjadi guru? 

Cari Artikel Lainnya