Home » Kongkow » Tips & Trik » 4 Tips Mengelola Kelas Agar Efektif, Guru Sudah Tahu?

4 Tips Mengelola Kelas Agar Efektif, Guru Sudah Tahu?

- Kamis, 20 Desember 2018 | 10:40 WIB
4 Tips Mengelola Kelas Agar Efektif, Guru Sudah Tahu?

Mengelola kelas dalam proses pembelajaran merupakan faktor penting yang tidak bisa dilepaskan dalam kegiatan belajar mengajar. Peranan seorang guru dalam mengelola kelas akan berpengaruh terhadap keberhasilan proses pembelajaran, sehingga guru dituntut untuk mampu mengelola kelas dengan baik. Dalam pelaksanaannya memang tidak mudah bagi guru untuk mampu mengelola kelas, keberagaman karakter siswa, keberagaman kebutuhan dan gaya belajar siswa memang merupakan hal yang tidak mudah bagi guru.

Namun bukan berarti seorang guru pesimis, dengan keunikan setiap individu siswa dalam suatu kelas bukan berarti kelas tersebut tidak dapat dikondisikan. Tentu setiap masalah akan selalu memiliki cara atau solusi untuk mengatasinya. Sekarang semuanya kembali kepada para pendidik apakah mereka mau terus belajar, mencari cara agar mampu menjadi guru profesional, apakah para guru akan terus kreatif dalam membuat perencanaan pembelajaran yang aktif dan menyenangkan.

Berikut 4 tips yang bisa coba di implementasikan dalam pengelolaan kelas agar efektif?
1. Ice Breaking
Untuk dapat mengelola kelas guru harus kreatif membuat ice breaking, dengan adanya ice breaking siswa akan mudah dikondisikan dan tidak cepat merasa bosan dalam belajar. Ada banyak jenis ice breaking bisa dengan melakukan senam otak atau beberapa permainan sederhana seperti "tepuk satu kali, tepuk dua kali, dan lain sebagainya.

2. Buatlah perencanaan pembelajaran
Seorang guru wajib membuat perencanaan pembelajaran, dengan adanya perencanaan guru sudah memiliki bayangan apa saja pembelajaran yang akan disampaikan hari ini, dan dapat memperkirakan kira kira apa saja masalah yang akan terjadi dalam kelas.

3. Persiapkan kondisi ruangan kelas yang nyaman
Kelas yang nyaman akan lebih mudah untuk dikondisikan, guru dapat memulai dengan menata tempat duduk agar pembelajaran lebih efektif. Serta tidak lupa memperhatikan kebersihan kelas.

4. Buat kesepakatan peraturan dengan siswa
Kesepakatan peraturan akan lebih mendisiplinkan siswa saat belajar. Cobalah untuk membuat reward dan punishment seperti penggunaan bintang hitam dan bintang kuning, untuk siswa yang melanggar diberikan bintang hitam dan untuk siswa yang taat mengikuti aturan, aktif dalam kegiatan pembelajaran diberikan bintang kuning, serta berikan hukuman dan penghargaan berdasarkan kesepakatan.

Itulah 4 tips untuk mengelola kelas agar efektif, semoga bermanfaat.

Cari Artikel Lainnya