0
209
0
7 Kunci Sukses Masuk Dunia Kerja untuk Fresh Graduate
2 months 'ago'

Ketika mulai memasuki dunia kerja, banyak mahasiswa yang bingung, apa yang bisa dilakukan? Meskipun IPK tinggi, tak ada jaminan mereka bisa diterima dengan baik di dunia kerja. Oleh sebab itu, kamu harus tahu kunci sukses masuk dunia kerja agar bisa diterima dengan baik di dunia baru ini. Ingin tahu apa saja kunci suksesnya? Mari simak di bawah ini.

Disiplin

Kunci sukses pertama agar kamu bisa diterima dengan baik di dunia kerja adalah memiliki kedisiplinan yang tinggi. Masih bangun telat setelah lulus dan dapat pekerjaan sehingga pergi ke kantor dalam keadaan mepet? Ini punya pengaruh buruk untuk pekerjaanmu.

Jangan harap perusahaan akan mempertahankanmu bila kamu tak bisa disiplin dan menghargai waktu.

Jangan menunda pekerjaan

Kebiasaan yang satu ini masih berhubungan dengan disiplin sebenarnya. Kamu tidak boleh melakukan hal ini jika tak ingin membuat beban kerjamu bertambah berat dan banyak. Oleh sebab itu, kebiasaan kerjain tugas mepet deadline saat kuliah harus dihentikan.

Usahakan untuk selesaikan pekerjaanmu secepatnya apalagi ketika kamu sudah bekerja di perusahaan bagus.

Inisiatif

Inisiatif dalam Bekerja

Perlu kamu tahu, seorang bos sangat menyukai karyawan yang memiliki inisiatif yang tinggi. Tak perlu disuruh, mereka sudah aktif bergerak. Kamu bisa mulai membiasakan hal ini sejak bangku kuliah, misalnya, sering bertanya di kelas, aktif belajar bersama teman, dan masih banyak lagi. Ini akan mengasah mentalmu agar bisa terus aktif dan lebih berkembang.

Jangan fokus pada teori, aplikasikan ke dunia nyata

Kunci sukses masuk dunia kerja lain yang bisa kamu terapkan adalah jangan pernah fokus pada teori saja. Memiliki kemampuan dalam hal teori memang bagus, tapi itu sama saja bohong bila kamu tidak menerapkannya ke dunia nyata. Ingat, teori tanpa praktik hasilnya adalah nol.

Boleh saja kamu memiliki nilai tinggi selama di bangku kuliah. Tapi, apakah nilai itu ada pengaruhnya dengan kemampuanmu dalam bekerja? Belum tentu juga, kan? Jadi, sebaiknya ubah fokus kamu sekarang. Tak hanya teori saja, tetapi juga mempraktikkan pengetahuan yang kamu miliki.

Lihai membangun relasi

Selain itu, sebaiknya kamu juga lihai dalam membangun relasi. Ini adalah salah satu kunci sukses masuk dunia kerja yang krusial. Fleksibel dan easy going bisa membuatmu lebih dikenal orang dan mampu membangun relasi dengan banyak orang. Dengan sikap ini, kamu bisa bertahan di tempat kerja dan mampu menjaga hubungan baik dengan rekan-rekan kerja.

Pengalaman berorganisasi

Berorganisasi sebagai bekal masuk dunia kerjaBerorganisasi sebagai bekal masuk dunia kerja

Selain itu, kemampuanmu dalam berorganisasi juga memiliki pengaruh pada kinerjamu di dunia kerja, lho! Terbiasa berorganisasi berarti kamu terbiasa bekerja dalam kelompok. Pengalaman ini pastinya akan sangat berguna untuk kamu yang baru lulus kuliah dan harus bekerja sama dalam tim.

Pengalaman magang

Bila kamu memiliki pengalaman magang di bidang yang kamu tekuni, itu juga bisa jadi hal yang bagus.

Misalnya, kamu bermimpi menjadi seorang wartawan. Jika begini, ada baiknya kamu mulai bergabung dengan organisasi jurnalistik di kampusmu. Ikutilah berbagai kelas menulis dan maganglah di perusahaan media. Ini juga akan mempengaruhi karirmu nanti.


Nah, sudah tahu kan apa saja kunci sukses masuk dunia kerja yang harus kamu terapkan? Praktikkan dari sekarang untuk kamu yang belum lulus, ya! Dengan begitu, masa depanmu akan lebih cerah. Sudah siap terjun ke dunia kerja dengan segala hal yang kamu miliki sekarang? Coba saja!

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow