0
151
0
Mau Belajar di Luar Negeri? Coba 5 Program Pertukaran Pelajar Ini
4 weeks 'ago'

Siapa sih yang mau belajar di luar negeri apalagi seluruh biayanya gratis?

Sepertinya nyaris tak ada, kan?

Nah, bagi kamu yang tertarik untuk belajar di luar negeri, tak ada salahnya mencoba mengikuti program pertukaran pelajar di bawah ini.

Kamu bisa mempertimbangkannya lebih dulu untuk mengambilnya. Apa saja programnya?

1.The Japan-East Asia Network of Exchange for Student and Youth (JENESYS)

Program pertukaran untuk pelajar yang satu ini dibuat oleh pemerintah Jepang untuk membangun solidaritas yang kukuh antara negara di seluruh Asia.

Setiap tahunnya, akan ada 20 hingga 30 mahasiswa yang diterima dalam program ini dan akan ditempatkan di Tokyo guna mengikuti program umum.

Syarat untuk ikut program ini, kamu diharuskan berusia antara 18 hingga 30 tahun dan masih menempuh studi S1 ataupun S2 di jurusan yang telah ditentukan JENESYS.

Selain itu, syarat lain yang harus kamu penuhi adalah berbadan sehat, mampu berbahasa Inggris dengan baik dan memiliki paspor yang masih berlaku.

2. Ship for Southeast Asian Youth Programme (SSEAYP)

pertukarang pelajar - sseayp

Program yang satu ini masih diinisiasi Jepang. Namun, program yang satu ini dikhususkan untuk negara-negara yang ada di Asia Tenggara saja.

Tujuan dari program yang satu ini adalah sebagai forum diskusi dan memperkenalkan budaya masing-masing negara. Syarat untuk ikut program ini, kamu harus WNI.

Selain itu, kamu juga harus berusia antara 20 hingga 30 tahun ketika bergabung.

Tentu saja, kamu juga diwajibkan sehat jasmani dan rohani dan menyanggupi untuk ikut semua program yang diselenggarakan hingga selesai. Lalu, kamu juga harus belum menikah.

3. Youth for Understanding (YFU)

Masih program dari pemerintah Jepang, pertukaran pelajar yang satu ini sebenarnya dikhususkan untuk pelajar SMA.

Kamu akan belajar di sini untuk program pertukaran pendidikan selama satu tahun. Semua yang dipelajari berfokus pada budaya setiap negara yang mengikutinya.

Sebagai syarat, kamu harus berusia antara 15 hingga 17 tahun untuk mengikuti program ini.

Kamu juga harus memiliki kepribadian yang baik dan mampu berbahasa Inggris dengan fasih. Tentunya, kamu juga harus sehat jasmani dan rohani dan memiliki nilai akademik di atas rata-rata.

4. YFU Summer Program

pertukaran pelajar - YFU summer program

Program pertukaan yang satu ini juga masih digagas oleh Jepang. Pertukaran pelajar ini dikhususkan untuk mereka yang berusia antara 15 hingga 18 tahun.

Program ini sebenarnya hampir mirip dengan Youth for Understanding. Bedanya, waktu pelaksanaan program satu ini relatif singkat.

Untuk bergabung, selain memenuhi syarat usia, kamu juga harus sehat jasmani dan rohani dan memiliki prestasi yang baik dan nilai di atas rata-rata.

Tentunya kamu juga harus berkepribadian baik dan mampu berbahasa Inggris dengan fasih.

5. Australia-Indonesia Muslim Exchange Program (MEP)

Program pertukaran yang satu ini dikhusukan untuk mahasiswa muslim Indonesia. Program yang ditawarkan sebenarnya adalah terkait pembelajaran budaya.

Untuk bergabung, kamu harus berusia antara 20 hingga 40 tahun dan aktif di organisasi Islam. Selain itu, kamu harus memiliki nilai TOEFL minimal 450 dan IELTS 5,0.

Nah, tertarik untuk ikut program pertukaran pelajar yang mana? Kamu tak perlu mengeluarkan biaya sedikitpun untuk mengikuti salah satu program di atas.

Dengan mengikutinya, dipastikan kamu akan dapat pengalaman baru yang berharga dan ilmu pengetahuan baru juga. Jadi, coba saja! Tak usah pikir panjang kali lebar

Follow Us On :
Lencana
Kongkow