0
74
0
Sebelum Masuk Kuliah, Pastikan Kamu Persiapkan Hal Ini!
3 months 'ago'

Tak terasa sekarang sudah masuk dunia kuliah saja, ya! Well, memasuki dunia kuliah memang menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh kebanyakan orang.

Meski terdengar menyenangkan, namun persiapan kuliah bisa menjadi satu hal yang cukup memusingkan.

Bayangkan saja, selain menyisihkan anggaran untuk keperluan BP3 dan SKS,  ternyata ada banyak hal penting lainnya yang juga perlu dipersiapkan dari jauh – jauh hari, lho.

Mulai dari cari kosan, hingga beli keperluan kampus seperti buku dan tas. Ini tentu menjadi tantangan tersendiri bagi para calon mahasiswa.

Nah, biar nggak pusing, berikut ini kami rangkum 5 hal yang perlu kamu siapkan sebelum masuk kuliah. Simak sama-sama, ya!

1. Beli Keperluan Kampus

Yuk, mulai persiapkan segala sesuatu dengan matang untuk hari pertama di kampus. Kamu bisa mulai dari membeli seragam wajib, student ID, dompet untuk membeli keperluan mendadak, sampai buku notes di mana semua catatan-catatan penting seputar pelajar bisa kamu ingat.

Tentunya tidak mau kan hari pertama kuliah berjalan berantakan hanya gara-gara hal sepele yang bisa dipersiapkan sehari atau malam sebelumnya.

Selain itu, jika memungkinkan kamu bisa membeli laptop untuk keperluan tugas.

Sebagai rekomendasi kamu bisa membeli laptop Toshiba terbaru seri Satellite NB10-A104 seharga IDR 5 jutaan saja.

Nggak hanya murah, laptop keluaran Toshiba ini juga sudah ditanamkan prosesor Intel® Celeron®N2810 dengan kecepatan 2 GHZ 1 MB.

Tergolong cukup canggih bukan untuk kelas laptop seharga IDR 5 jutaan? Agar semakin menunjang, kamu juga bisa menyambungkan laptop dengan speaker bluetooth JBL. Ngerjain tugas jadi semakin semangat, deh!

2. Cari Kosan

persiapan sebelum masuk kuliah

Jika rumah kamu jauh dari kampus, sebaiknya coba pertimbangan untuk cari kosan saja. Tentu saja tempat kosan yang kamu cari sebaiknya dekat kampus dan nyaman untuk ditinggali.

Pastikan juga lokasi kost-kostan yang kamu pilih aman, khususnya di malam hari, karena bisa saja kamu harus pulang malam karena tumpukan tugas atau keperluan kelas malam.

Tidak hanya itu saja, usahakan kosan yang kamu pilih sesuai dengan budget, ya! Sebagai gambaran, kosan di Jakarta sekitar kampus biasanya mulai dari IDR 1 juta sampai IDR 1,5 jutaan.

3. Cari Tahu Kegiatan UKM

Ketika memasuki dunia kuliah kamu akan menemukan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Dalam kegiatan ini setiap mahasiswa akan dilatih untuk mengatur waktu, bertemu, menghadapi orang lain dalam organisasi.

Selain itu, dengan bergabung UKM kamu memiliki kesempatan untuk bertemu dan berinteraksi dengan orang lain di luar jurusan.

Pastinya dari sini, jaringan pertemanan dan koneksi semakin meluas, guys. Kebanyakan kampus biasanya memiliki banyak UKM seperti kegiatan paduan suara, belajar bahasa, kelas drama, menari, olahraga, dan masih banyak lagi.  Yuk, cari kegiatan UKM yang sesuai dengan minatmu!

4. Cari Tahu Transportasi Terdekat

persiapan sebelum kuliah

Nah, jika memilih untuk tidak ngekos sebaiknya cari tahu transportasi yang akan digunakan. Kalau kamu memutuskan untuk membawa kendaraan pribadi, perhatikan apakah lahan parkir kampus memungkinkan. Perhatikan juga jalur yang akan kita tempuh.

Tidak ada salahnya, sebelum kuliah dimulai, kamu mencoba rute ini, sehingga bisa memperkirakan harus berangkat jam berapa agar tidak telat.

Sementara buat kamu yang naik kendaraan umum, cari tahu apakah ada Transjakarta atau angkutan di sekitar kampus kamu.

5. Mempersiapkan Mental

Perlu kamu ketahui bahwa dunia perkuliahan yang akan dijalani beda banget dengan waktu SMA dulu. Jadi, mental kamu juga sebaiknya harus dirubah.

Kalau sebelumnya terbiasa dipersiapkan keperluan belajar dari pihak sekolah, sekarang kamu harus aktif untuk mencari tahu sendiri semua informasi yang ada di kampus. Itu sebabnya, jangan pernah malu untuk bertanya ya, guys!

Ternyata ada cukup banyak hal yang perlu disiapkan oleh sebelum memasuki dunia kampus. Terlepas dari persiapan di atas yang paling penting adalah kamu harus bisa menikmatinya.

Selamat menikmati masa-masa kuliah yang berkesan, ya!

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow