Home » Kongkow » Tahukah Kamu » 10 Situs Ini Sangat Membantu Selesaikan Skripsi

10 Situs Ini Sangat Membantu Selesaikan Skripsi

- Jumat, 21 September 2018 | 14:21 WIB
10 Situs Ini Sangat Membantu Selesaikan Skripsi

Perkembangan teknologi online semakin meluas kian tahun, semua orang bisa menikmati dan menemukan banyak informasi dan pengetahuan melalui media online karena memang multi fungsi media online sangat mendukung dan diperlukan pada era modern ini.

Mari kembali ke topik awal tentang skripsi, skripsi adalah tugas akhir terberat yang harus dihadapi oleh mahasiswa demi mencapai gelar sarjana muda. Tentu saja mata kuliah satu ini sangat berbeda dari mata kuliah lainnya, karena sepandai apapun seorang mahasiswa belum tentu ia bisa menyelesaikan tugas skripsi dengan mudah, ada banyak faktor yang harus mendukungnya, terutama dari dirinya sendiri.

Bertolak dari sinilah mari kita membicarakan peran media online bagi kamu yang sedang menyelesaikan tugas skripsi, ada beberapa situs yang mungkin bisa membantu kamu menyelesaikan tugas skripsi :

1. Google Scholar (scholar.google.com)
Mbah Google memang sudah diakui kehebatannya oleh semua pengakses internet di dunia, ia semacam mesin pencari online yang berfungsi untuk menemukan banyaknya situs di internet. Tetapi, ada beberapa macam kategori pencarian di mbah Google yang salah satunya adalah Google Scholar. Google Scholar ini lebih khusus untuk mencari dan menemukan situs yang berkaitan dengan tema pendidikan, seperti makalah, materi pelajaran, artikel pendidikan, materi mata kuliah, dan lain-lain.

2. Microsoft Acedemic (academic.research.microsoft.com)
Nah, selain Google Scholar, Microsoft Academic juga memiliki fungsi yang hampir sama. Ia juga adalah mesin pencari yang berfungsi untuk mencari dan menemukan situs yang berkaitan dengan pendidikan sesuai dengan keyword tertentu.

3. Academia.Edu
Academia ini adalah situs spesialis untuk menampung buku dan ebooks yang berkaitan dengan pendidikan, yang kemudian disuguhkan ke dalam bentuk PDF yang bisa dibaca secara online dan didownload. Kamu mungkin sudah sangat mengenal situs ini karena Acedemia adalah situs yang banyak dimanfaatkan oleh para pelajar dan guru. Tetapi, jika kamu ingin download maka kamu harus sign up terlebh dahulu dan memiliki akun.

4. Library Genesis (gen.lib.rus.ec)
Library Genesis bisa dikatakan perpustakaan buku online yang menyediakan milyaran ebook dan buku yang bisa dinikmati oleh pengakses. Di sana, kamu bisa mencari buku atau ebook lengkap berdasarkan judul, tahun penerbitan, dan nama authornya. Namun sayangnya, situs ini lebih banyak menyediakan buku dan ebook berbahasa inggris karena orang Indonesia sendiri jarang yang upload buku atau ebook di sana.

5. RessearchGate.Net
Resseacrh Gate ini adalah situs yang didedikasikan untuk kebutuhan sains dan penelitian, di mana situs ini juga menyediakan sharing, juga menyediakan fasilitas forum bertanya dan menjawab. Resseacrh Gate juga akan sangat membantu kamu jika kamu ingin melanjutkan pendidikan S2 dan S3.

 

6. Indonesian Publication Index (portalgaruda.org)
Sebenarnya, Indonesian Publication Index ini cukup mirip dengan Google Scholar dan Microsoft Academic, yang membendakan cuma situs satu ini kebanyakan mengindeks jurnal dengan bahasa Indonesia, tentu cocok bagi kamu orang ndonesia. Tetapi, di sana juga banyak jurnal berbahasa Inggris yang bsia kamu temukan.

7. OpenLibrary.Org
Open Library adalah situs yang menyediakan ribuan buku di sana. Karena ini memang perpustakan online, maka kamu bisa membaca online di sana, atau juga ada banyak buku yang bisa kamu download juga.

8. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (pnri.go.id)
Perpustakaan Nasional Republik Indonesia ini sebenarnya bermula dari perpustakaan yang disuguhkan untuk masyarakat Indonesia. Tetapi, karena berkembangannya teknologi online, maka PNRI juga difasilitasi dengan versi online tanpa harus repot-repot datang ke kantornya langsung.

9. FeedBooks.Com
Feed Books adalah situs yang juga mengoleksi ribuan buku yang disediakan untuk umum secara online. Tentu saja di sana ada banyak buku dan ebook yang bisa kamu baca secara online dan beberapa dari mereka bisa juga di dwonload.

10. Literature.Org
Nah, bagi kamu yang suka membaca buu-buku sastra dunia, mungkin situs ini akan sangat cocok bagi kamu. Ya, Literature ini adalah situs yang juga menyediakan ribuan buku, khususnya sastra dunia. Di sana, kamu akan menemukan banyak buku sastra dunia berdasarkan nama author. Namun, situs ini hanya berisikan buku sastra dunia, tidak dikhususkan sastra Indonesia.

Cari Artikel Lainnya