0
161
0
Suka Sakit Kepala Setelah Tidur Siang? Ini 4 Penyebab dan Solusinya
3 months 'ago'

Tidur siang seharusnya membantumu merasa lebih baik. Tidur siang lalu bangun dengan tubuh yang terasa disegarkan.Tapi sayangnya, terkadang hal itu tidak terjadi. Terkadang kamu bangun dari tidur siang dengan sakit kepala.

Mereka yang memiliki gangguan tidur mengalami sakit kepala dua hingga delapan kali lebih sering daripada populasi umum. Ada alasan yang mendasari sakit kepala ketika bangun dari tidur siang. Penting untuk mencari tahu apa yang menyebabkan sakit kepalamu, sehingga bisa diobati. Yuk kita cek!

1. Masalah pernafasan dan mendengkur

Suka Sakit Kepala Setelah Tidur Siang? Ini 4 Penyebab dan Solusinya

Kalau kamu mendengkur, ini bisa menjadi indikator masalah pernapasan. Kalau kamu tidak bernapas dengan baik, ini tidak hanya mengganggu tidurmu tetapi juga bisa meningkatkan risiko sakit kepala begitu kamu bangun.

Mendengkur juga bisa menjadi tanda sleep apnea. Sleep Apnea sendiri mencakup gejala-gejala ini: 

  • berhenti bernafas saat tidur
  • sering terbangun saat malam hari
  • keringat pada saat tidur malam
  • kantuk di siang hari (karena kamu tidak mendapatkan istirahat yang cukup di malam hari)

2. Bruxism

Bruxism adalah kondisi dimana kamu suka menggemeretakkan gigimu tanpa sadar saat kamu tidur. Bruxism bisa dianggap sebagai gangguan tidur dan orang-orang yang menggemeretakkan giginya saat tidur biasanya juga memiliki kelainan-kelainan tidur lainnya. Hubungan antara bruxism dengan sakit kepala saat bangun tidur adalah otot-otot mulutmu yang terus menegang selama tidur dan membuat kamu sakit kepala saat bangun.

3. Kehamilan

Suka Sakit Kepala Setelah Tidur Siang? Ini 4 Penyebab dan Solusinya

Banyak perempuan hamil yang menderita sakit kepala saat bangun tidur siang. Hal ini bisa dikarenakan oleh berbagai faktor, seperti: 

  • Dehidrasi
  • Gula darah yang terlalu rendah
  • Pengaruh hormon

Pastikan kamu minum cukup cairan (dan minimalkan kafein, yang bisa membuat dehidrasi) dan sering makan. Kalau sakit kepalamu tidak hilang, bicarakan dengan dokter kandunganmu tentang gejalamu.

4. Kebiasaan tidur

Suka Sakit Kepala Setelah Tidur Siang? Ini 4 Penyebab dan Solusinya

Kalau kamu menggunakan bantal yang salah saat tidur, kepala dan lehermu bisa berada dalam posisi yang tidak nyaman, yang mengarah ke ketegangan otot dan ketegangan akan mengakibatkan sakit kepala. National Sleep Foundation merekomendasikan menggunakan bantal yang menahan kepala dan lehermu dalam posisi lurus, yang artinya tidak ada sudut sama sekali.

Kalau kamu tidur siang sebentar karena kamu tidak cukup tidur di malam hari karena insomnia, maka bisa jadi sakit kepala tersebut bukan dikarenakan oleh tidur siang tapi karena kurangnya durasi tidur malammu. Tetapi, tidur terlalu banyak juga bisa menyebabkan sakit kepala, jadi jangan sampai berlebihan.

5. Mengurangi sakit kepala setelah tidur siang

Suka Sakit Kepala Setelah Tidur Siang? Ini 4 Penyebab dan Solusinya

Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar kamu tidak bangun tidur siang dengan sakit kepala lagi yaitu membangun kebiasaan tidur yang baik. Caranya antara lain ialah:

  • mengurangi konsumsi kafein,
  • berolahraga setiap hari,
  • membatasi durasi tidur siang,
  • berlatih teknik relaksasi sebelum tidur
  • mengembangkan rutinitas malam yang santai.

Hal-hal ini akan mempengaruhi kualitas tidurmu di malam hari yang tentunya akan berpengaruh pada aktivitas maupun tidur siangmu esok hari.

Kalau setelah mencoba cara-cara diatas namun kamu masih merasa sakit kepala setelah bangun tidur siang, tidak ada salahnya untuk melakukan check up ke dokter kok. Karena sakit kepala bisa berpengaruh dan dipengaruhi oleh banyak aspek dalam tubuh kita. Tetap sehat ya!

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow