0
130
0
8 Program Guru Pelosok yang Wajib Diikuti Anak Muda
4 weeks 'ago'

Hardiknas atau Hari Pendidikan Nasional kita peringati hari ini. Meski demikian, mutu pendidikan di Indonesia masih perlu banyak pembenahan di sana sini. Mulai dari mutu tenaga pengajar, harga pendidikan yang tak terjangkau, kacaunya Ujian Nasional, hingga kurikulum yang terus saja berganti tanpa kita tahu kapan berhentinya.

Meski demikian ada hal yang bisa kita lakukan sebagai kaum muda yang ingin ikut memajukan negara. Ya, menjadi guru di pedalaman adalah salah satu sumbangsih kita untuk mencerdaskan bangsa ini. Menjadi ujung tombak yang langsung terjun dan mengedukasi adik-adik kita di daerah pedalaman bisa jadi cara efektif. Kira-kira apa saja sih program guru pendalaman yang bisa kita ikuti?

1. Guru Garis Depan (GGD)

Guru Garis Depan adalah salah satu program pemerintah yang menerjunkan sejumlah guru ke daerah pelosok pedalaman. Nantinya, para kandidat guru ini akan diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil yang gajinya bisa mencapai 8 juta tiap bulannya. Untuk mengetahui syarat dan cara mendaftarnya kamu bisa membuka websitenya di www.gurugarisdepan.org.

2. Indonesia Mengajar

Gerakan Indonesia Mengajar mengajak semua lapisan masyarakat untuk ikut terjun dan ambil bagian dalam perbaikan sistem pendidikan di Indonesia. Selain menjadi pengajar, kamu juga bisa bergabung menjadi relawan atau bahkan ikut gabung iuran. Kamu bisa mencari info lebih lanjut di Indonesiamengajar.org.

3. 1000 guru

Sesuai dengan tagline-nya: traveling & teaching , seribuguru.org mengajak anak muda berusia 17-35 tahun untuk ikut terjun dan mengajar langsung adik-adik kita dari Sabang-Merauke. Hingga November 2016, 1000 guru telah membantu kebutuhan 5000 anak sekolah pedalaman di 18 propinsi di Indonesia. Kamu juga ingin bergabung bersama mereka?

4. Komunitas Jendela

Komunitasjendela.org yang terbentuk di Yogyakarta pada 12 Maret 2011 ini berfokus pada pengadaan perpustakaan bagi adik-adik di daerah pedalaman. Tak hanya membangun perpustakaan, mereka juga ikut mengedukasi anak-anak di pelosok. Sekarang ini, komunitas Jendela sudah memiliki cabang di beberapa daerah seperti Bandung, Jakarta, Lampung, Bengkalis, Malang, Sumut, Jember, Bangka.

5. Indonesia Menyala

Indonesia Menyala merupakan program dari Indonesia Mengajar yang berfokus pada pengadaan perpustakaan untuk anak-anak yang berada di pelosok. Sekarang, perpustakaan Indonesia menyala sudah berambah ke 140 Sekolah Dasar di pedalaman. Selain berfokus pada pengadaan perpustakaan tetap dan perpustakaan berputar, di komunitas ini kamu juga mendonasikan dana, ide, hingga tenaga demi mencerdaskan anak Indonesia.

6. Skholatanpabatas (STB)

Komunitas skholatanpabatas memberikan pengajaran tanpa batas kepada sesama. Tanpa memandang suku, strata sosial, agama, gender, hingga tempat tinggal. Program yang dimiliki oleh STB juga beragam, mulai dari English Weekend / English Day, Seminar, Jejaring Anak Indonesia, Skhola berbagi di panti asuhan.

7. Sure Indonesia

PT Sure Indonesia juga kerap membuka lowongan untuk guru mengajar di daerah pedalaman, salah satunya adalah Papua. Mereka mengadakan sekolah percontohan di sana dan merekrut tenaga pengajar dengan minimal pendidikan S1 di semua bidang ilmu.

8. Akademi Berbagi

Meski merupakan gerakan non profit, namun Akademi Berbagi berbagai layak dimasukkan kelist untukmu yang ingin mendedisakan diri ke pendidikan anak di pedalaman. Di sini kamu bisa membagikan ilmu serta wawasan sesuai dengan keahlian dan keterampilan yang kamu punya. Uniknya lagi kelas yang diadakan akan berpindah-pindah sesuai kelas yang sudah disediakan oleh donatur ruangan.

Pengalaman mengajar di pedalaman tidak hanya akan memberikan dampak positif bagi kemajuan pendidikan negara. Namun, kamu juga bakal mendapatkan pengalaman tak ternilai harganya. Jadi, sudah siap memajukan pendidikan Indonesia?

Apakah kamu punya organisasi yang menyalurkan guru pedalaman selain ini?

Follow Us On :
Lencana
KRYSNA
Good Badges
Kongkow