0
183
0
5 Pekerjaan yang Bisa Dilakukan Para Mahasiswa, Daripada Nganggur!
1 month 'ago'

Kehidupan seorang mahasiswa pasti sangat diidamkan semua pelajar. Bagaimana tidak, pada jenjang pendidikan ini kamu mendalami ilmu pengetahuan yang kamu pilih dan disenangi. Selain itu kegiatan mahasiswa sangat beragam. Ditambah lagi dengan jiwa muda mahasiswa yang sangat membakar. Tapi sangat disayangkan jika kamu sebagai mahasiswa hanya kuliah dan pulang tanpa ada kegiatan lainnya. Padahal kamu masih punya banyak waktu luang baik di rumah atau di kos.

Daripada nganggur, mungkin kamu bisa mencoba pekerjaan di bawah ini. Lumayan banget untuk mengisi pundi-pundi tabungan.

1. Menulis

Bagi kamu gemar dengan dunia tulis menulis, kamu bisa mengirim karyamu ke berbagai website yang memberi bayaran bagi penulisnya. Selain itu kamu bisa mencoba dengan mengirimkan tulisan ilmiah dan karya sastra di koran. Bukan tanpa tantangan, disini kamu juga harus sabar jika tulisanmu ditolak. Tapi, setidaknya waktumu yang habis untuk revisi tulisan lebih bermanfaat dibanding menganggur.

2. Berjualan

Bukan mahasiswa namanya jika tidak berani mencoba hal baru. Salah satunya adalah berjualan.Tidak harus di kalangan teman-teman, kamu bisa membuka tempat kecil sendiri sebagai lokasi jualan. Selain itu, kamu juga akan dituntut melakukan relasi dengan orang di luar lingkunganmu sehingga pergaulanmu akan makin luas.

3. Translator

Ini tidak hanya bagi mahasiswa sastra bahasa asing, kamu yang mempunyai bakat linguistik alami bisa mencoba untuk menerjemahkan karya-karya ilmiah atau cerita. Banyak website yang membuka peluang bagi kamu untuk melakukan pekerjaan menerjemahkan ini. Selain itu kamu juga bisa mendapat tambahan uang jajan.

4. Mengajar

Ilmu sebagai mahasiswa tidak akan terasa bermanfaat jika kamu belum pernah menyalurkan kepada orang lain. Tidak harus yang berhubungan dengan jurusanmu, kamu juga bisa mengajarkan baca tulis ataupun ilmu dasar-dasar untuk anak-anak. Sosokmu akan lebih dihargai di masyarakat atas pengabdianmu.

5. Menjadi quiz hunter

Banyak sekali event perlombaan berhadiah yang bisa kamu kejar. Entah itu di bidang karya ilmiah, fotografi, hingga kuis yang menyediakan hadiah menggiurkan. Hal ini juga akan melatih dirimu untuk bersaing dan menambah pengalaman.

Ketika menjadi mahasiswa, waktu luang yang kamu miliki cenderung banyak. Oleh karena itu isilah dengan kegiatan yang bermanfaat. Bekerja sebagai contohnya. Namun ingat, jangan sampai pekerjaanmu mengganggu waktu belajarmu.

Follow Us On :
Lencana
Kongkow