999 +
0
518
0
Belajar Rumus Segitiga Plus Contoh Soalnya
3 months 'ago'

Halo teman-teman semua? Bagaimana keadaan kalian. Kali ini kita akan mencoba untuk mempelajari cara menghitung bangun datang dengan menggunakan rumus matematika. Dalam pembelajaran kali ini, kita akan mencoba menghitung luas dari salah satu bangun datar yang disebut segitiga.

Apakah kalian sudah mengetahui bagaimana bentuk segitiga? Atau kalian juga sudah mengetahui rumus segitiga yang digunakan untuk menghitung luas bangun datar tersebut?

Bagi kamu yang belum tahu, Segitiga adalah sebuah bangun datar yang memiliki tiga buah sisi. Setiap sisi itu kemudian bertemu dan membentuk sebuah bangun datar yang disebut segitiga. Ini dia gambar bangun datar segitiga.

Menurut euclid, apabila dijumlahkan, keseluruhan sudut segitiga itu akan menghasilkan nilai sebesar 1800. Denagn demikian, kita bisa menghitung salah satu sudut segitiga jika sudut-sudut yang lain sudah diketahui.

Tulisan ini juga akan membahas secara lengkap mengenai rumus-rumus segitiga. Selain itu, tulisan ini juga akan memberikan beberapa contoh soal agar kamu bisa memahami bagaimana cara menghitung luas dan keliling segitiga.

Jenis-jenis Segitiga

Umumnya segitiga terdiri dari beberapa jenis. Jenis-jenis segitiga ini diketahui berdasarkan panjang setiap sisinya yang membentuk segitiga tersebut. segitiga dibagi menjadi tiga jenis, ketiga jenis tersebut antara lain adalah:

Segitiga sama sisi

Segitiga ini merupakan segitiga yang memiliki panjang setiap sisinya sama dan masing-masing sudut yang ada pada segitiga sudut tersebut sama besar yaitu 600. Segitiga jenis ini umumnya biasanya akan terlihat seimbang dan kokoh.

Segitiga sama kaki

Segitiga ini adalah segita yang memiliki dua sisi yang sama panjang. Dengan demikian, secara otomatis segitiga ini juga memiliki 2 suduh dengan besar yang sama persis.

Segitiga sembarang

Segitiga ini sangat berbeda dengan segitiga sama sisi maupun segitiga sama kaki. Segitiga sembarang adalah segitiga yang dibentuk dari 3 sisi yang memiliki panjang yang sisi yang berbeda-beda. Oleh karena itu, besar sudut setiap sudut yang ada pada segitiga jenis ini juga berbeda-beda.

Agar kamu dapat lebih mudah memahami dan membedakan ketiga jenis segitiga tersebut, coba lihat gambar dibawah ini.

Jenis Segitiga

Jenis Segitiga

Apabila segitiga dibedakan berdasarkan besar sudut, segitiga dapat dibedakan menjadi:

Segitiga siku-siku

Segitiga ini adalah segitiga dimana salah satu sudutnya memiliki besar sudut 900. Sisi yang berada tepat didepan sudut siku-siku tersebut dinamakan sebagai hipotenusa.

Segitiga Lancip

Segitiga ini adalah segitiga yang besar dari salah satu sudut yang ditandai kurang dari 900

Segitiga Tumpul

Segitiga ini adalah segitiga dimana salah satu sudutnya memiliki besar sudut lebih dari 900.

Rumus Segitiga

Berikut ini 2 rumus segitiga yang bisa anda pelajari:

Rumus Segitiga untuk Menghitung Luas

Rumus Segitiga

Rumus Segitiga

Rumus Luas Segitiga dapat dicari dengan menggunakan rumus berikut ini

L = ½.alas.tinggi

Rumus Segitiga untuk Menghitung Keliling

Sementara, untuk mencari keliling segitiga, rumus yang digunakan adalah sebagai berikut.

K = sisi1 + sisi2 + sisi3

Contoh Soal untuk Rumus Luas Segitiga

Contoh Soal 1

Jika diketahui luas dari sebuah segitiga yang panjang alasnya 12 cm adalah 180 cm2. Hitunglah tinggi dari segitiga tersebut.

Jawab:

Luas Segitiga = ½ x alas x tinggi

180 cm2= ½ x 12 cm x  tinggi

180 cm2= 6 cm x  tinggi

tinggi = 180 cm2/6 cm

tinggi = 30 cm

Contoh Soal 2

Hitunglah Luas dari segitiga yang memiliki panjang alas 12 cm dan tinggi 8 cm

Jawab:

L  = ½ x alas x tinggi

L  = ½ x 12 cm x 8 cm

L  = 48 cm22

Demikian penjelasan seputar jenis dan rumus segitiga, adik-adik dapat memperbanyak latihan dengan soal-soal yang lain yang bisa kamu dapatkan dari mana saja. Semoga bermanfaat.

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow