999 +
0
334
0
Kurang Pede? Ini 9 Cara Instan Untuk Meningkatkan Kepercayaan Dirimu
1 month 'ago'

Tidak ada satupun orang sukses di dunia yang tidak memiliki rasa percaya diri. Menurut psikologi klinis asal Inggris, Ros Taylor, tanpa adanya rasa percaya diri, bakat-bakat akan dibiarkan terpendam, kesempatan-kesempatan diabaikan, karena tidak memiliki rasa percaya diri untuk maju. Untuk itu, kita memerlukan lebih banyak rasa percaya diri di dalam hidup kita.

Tidak menutup kenyataan bahwa masih banyak orang-orang yang belum memiliki rasa percaya diri yang baik, sehingga menghambat pengembangan diri dan potensi mereka. Berikut cara instan untuk dapat meningkatkan kepercayaan diri.

Namun perlu diingat, meskipun cara-cara ini terbilang instan, kamu harus tetap melakukannya secara bertahap dan konsisten agar dampaknya positif dan berkelanjutkan pada hidupmu.

1. Berdirilah dengan tegak

Kurang Pede? Ini 9 Cara Instan Untuk Meningkatkan Kepercayaan Dirimu

Rasa percaya diri akan terlihat dalam banyak cara, salah satunya melalui postur tubuh. Postur tubuh merupakan salah satu cara bagaimana tubuh menyuarakan diri. Ini adalah dasar untuk memberikan kesan pertama yang akan mempengaruhi cara pandang seseorang terhadap kamu.

Ketika berdiri dengan tegap, maka kamu telah menujukkan sebuah kepercayaan diri.

2. Berjalan lebih cepat

Kurang Pede? Ini 9 Cara Instan Untuk Meningkatkan Kepercayaan Dirimu

Cara berjalan seseorang juga dapat mempengaruhi pandangan seseorang terhadap dirimu. Secara tidak langsung cara berjalan dapat menunjukkan kemampuan seseorang dalam menghadapi banyak situasi.

Sebuah survei menunjukkan bahwa orang yang berjalan lebih cepat terlihat sebagai orang penting. Berjalan cepat juga menunjukkan bahwa orang tersebut sibuk dan terlibat dalam banyak hal penting. Hal itu dapat menimbulkan image baik terhadap dirimu. Saat berjalan dengan cepat, cobalah bangun kepercayaan diri dengan melihat sekitar dan tersenyum.

3. Berjabat tangan dengan hangat

Kurang Pede? Ini 9 Cara Instan Untuk Meningkatkan Kepercayaan Dirimu

Meski terdengar sederhana, berjabat tangan merupakan bagian penting dalam body languange. Orang yang berjabat tangan dengan grogi, menunjukkan ketidakpercayaan diri dan berpotensi kehilangan banyak kesempatan dalam hidupnya.

Dalam berjabat tangan yang baik, kamu harus memperhatikan hal-hal berikut. Pertama, dekati orang yang akan kamu ajak berjabat tangan. Lakukan kontak mata dan berikan senyuman hangan. Kedua, ulurkan tangan kananmu dengan posisi yang nyaman. Jika orang lain mengulurkan tangan terlebih dahulu, sambutlah dengan hangat dan gerakkan beberapa kali. Ketiga, ucapkan salam atau tanyakan kabar. Keempat, lepaskan jabat tanganmu setelah sekitar 3-4 detik.

4. Lakukan kontak mata

Kurang Pede? Ini 9 Cara Instan Untuk Meningkatkan Kepercayaan Dirimu

Pepatah mengatakan, “mata adalah jendela dunia.” Seseorang dengan kepercayaan diri yang rendah, biasanya akan menghindari kontak mata dan memilih untuk melihat ke bawah seolah-olah sedang mencari barang yang hilang.

Misalnya di saat kamu sedang menghadiri wawancara kerja yang berlangsung selama 1 jam. Namun sebenarnya, kesan pertama lebih banyak dinilai pada menit-menit awal kamu masuk ke ruangan wawancara. Membuat kontak mata yang baik akan membuatmu terlihat serius untuk mendapatkan pekerjaan.

Ketika kamu harus berhadapan dengan banyak orang pada sebuah presentasi, kontak mata akan membantumu menghilangkan ketakutan dan membuatmu merasa lebih dekat dengan audiens.

5. Ubah cara bicaramu pada diri sendiri

Kurang Pede? Ini 9 Cara Instan Untuk Meningkatkan Kepercayaan Dirimu

Ada beberapa pandangan mengenai berbicara kepada diri sendiri. Beberapa orang mengatakan bahwa berbicara dengan diri sendiri akan mengurangi kepercayaan diri. Ini bisa saja terjadi pada seseorang yang selalu berbicara dengan nada pesimis, hingga ia terjebak dalam lingkaran pesimisme yang akan menghancurkan kepercayaan dirinya.

Namun banyak orang yang percaya bahwa berbicara kepada diri sendiri adalah hal penting untuk meningkatkan kepercayaan diri. Suara dirimu bisa menjadi mentor, guru, atau kritikus yang membangun dan bisa menjadi teman yang baik. Bahkan metode ini kerap dilakukan oleh orang-orang sukses untuk dapat memotivasi diri mereka sendiri.

6. Aku bisa!

Kurang Pede? Ini 9 Cara Instan Untuk Meningkatkan Kepercayaan Dirimu

Ketika kamu meneriakkan kata “Aku bisa!” kepada dirimu sendiri, maka sebenarnya kamu sedang melakukan sebuah afirmasi positif bagi dirimu. 2 kata sederhana itu mengandung arti bahwa semua yang kamu alami saat ini adalah sebuah perjalanan. Nikmati saja prosesnya. 2 kata itu juga menunjukkan bahwa kamu akan selalu bersyukur pada apa yang menimpamu, baik keberhasilan dan kegagalan, serta berjanji untuk terus belajar dari pengalamanmu.

7. Tentukan tujuan

Kurang Pede? Ini 9 Cara Instan Untuk Meningkatkan Kepercayaan Dirimu

Biasanya para eksekutif akan menggunakan metode SMART (Specific, Measurable, Attainable, Realistic, Time) untuk menetapkan tujuan yang diinginkan dengan tetap realistis. Kamu juga bisa menerapkan metode tersebut untuk mencapai target yang kamu inginkan.

Kamu bisa luangkan sedikit waktu untuk merancang tujuanmu kedalam konsep metode SMART. Ingatlah, semakin cepat impianmu tercapai, semakin banyak pula waktu yang kamu miliki untuk dapat menikmatinya.

8. Tersenyum di saat memikirkan hal-hal buruk

Kurang Pede? Ini 9 Cara Instan Untuk Meningkatkan Kepercayaan Dirimu

Para sales telah mempraktekkan bahwa tersenyum akan membuat mereka merasa lebih baik, dan bukan tidak mungkin hal tersebut akan membaut orang lebih tertarik untuk membeli barang mereka. Tersenyumlah meskipun kamu tidak memiliki alasan untuk tersenyum. Senyum akan meningkatkan energi positif dan mengurangi pikiran negatif.

9. Berpikir positif

Kurang Pede? Ini 9 Cara Instan Untuk Meningkatkan Kepercayaan Dirimu

Semakin positif apa yang kamu pikirkan, semakin kuat pula efek yang dihasilkan. Ucapkan kalimat-kalimat positif pada dirimu sendiri setiap hari ketika bangun tidur, sebelum mulai kerja, saat terjebak macet, hingga sebelum tidur.

Itulah beberapa cara mudah yang bisa kamu terapkan untuk lebih percaya diri. Selamat mencoba!

Follow Us On :
Lencana
Kongkow