999 +
0
689
0
Tips Mendidik Mental Siswa yang Malas. Guru Wajib Coba
3 months 'ago'

Menjadi seorang guru bukan hanya menjadi seorang pengajar untuk study akademik, namun juga menjadi seorang teman dan juga mentor untuk perkembangan mental dan sikap dari siswa. Dewasa ini banyak guru yang mendidik siswa hanya dalam bidang study akademik umum saja, namun mereka melupakan intisari dari pendidikan tersebut. Mereka melupakan pendidikan moral dan juga mental dari siswa yang merupakan dasar dari pendidikan yang sangat dibutuhkan oleh setiap siswa.

Ketika siswa tidak diberikan asupan pendidikan moral dan mental yang cukup, mereka akan kesulitan untuk bersosialisasi dalam kehidupan bermasyarakat. baik itu dalam hal ekonomi, politik dan kehidupan bermasyarakat lainnya. Banyak beberapa bukti dari kurangnya pendidikan moral dan mental yang diterapkan pada siswa adalah dengan adanya, tawuran, curanmor oleh siswa sekolahan, seks bebas dan juga penggunaan narkotika. Pengangguran juga merupakan salah satu contoh kurangnya asupan pendidikan moral, mereka tidak memiliki mental yang kuat untuk membuat kehidapannya lebih baik dan malah menyerah dengan keadaannya.

Oleh karena itu, pendidikan moral dan mental merupakan dasar pendidikan yang wajib diterima oleh setiap siswa baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan sekolah. Dan Berikut adalah beberapa Tips pentin untuk menerapkan pendidikan mental dan moral agar mudah diterima oleh siswa.

· Memberikan Story Telling Yang Menggugah Minat

Sebagai pengajar tentu saja kita harus memiliki kemampuan story telling yang baik dan juga imajinasi yang kuat untuk bisa memberikan contoh pendidikan moral dan mental melalui cerita dan kisah yang menjadi materi dalam memenuhi asupan pendidikan mental bagi siswa.

· Memberikan Contoh Kongkrit Sebagai Pembanding Dalam Pembelajaran

Kita harus mampu memberikan contoh yang mudah dicerna oleh setiap siswa dalam mendidik dan mengembangkan mental siswa, sehingga siswa tidak hanya berfikir bahwa apa yang kita utaran dalam pembelajaran tersebut adalah hanya kebohongan atau analogi yang kita ada-ada.

· Jadilah Contoh Dan Panutan Sebagai Pelengkap Pembelajaran

Tentu saja siswa akan mencari contoh untuk membuktikan apakah yang kita ajarkan pada siswa tersebut benar atau tidak, oleh karena itu agar penerapan pendidikan tersebut lebih mudah diserap oleh murid, kita bisa menjadikan diri kita sebagai contoh yang terdekat untuk menjadi bukti dari materibyang kita ajarkan.

Itulah beberapa tips yang bisa anda jadikan sebagai referensi Anda untuk memberikan pendidikan Mental terhadap putra putri siswa Anda di kelas.

Follow Us On :
Lencana
Kongkow