0
194
0
1,4 Miliar Orang Dewasa di Dunia Ternyata Kurang Aktivitas Fisik
1 month 'ago'

Hasil riset yang dipublikasikan di The Lancet Global Health pada 4 September 2018 menunjukkan bahwa 1,4 miliar orang dewasa di seluruh dunia ternyata kurang melakukan aktivitas fisik. Akibatnya, berbagai penyakit seperti penyakit kardiovaskular, diabetes tipe 2, kepikunan, dan kanker mengancam mereka.

Studi yang dilakukan oleh lembaga kesehatan dunia, WHO, pada tahun 2001 hingga 2016 menunjukkan bahwa 1 dari 3 perempuan dan 1 dari 4 laki-laki di dunia ternyata kurang aktivitas fisik.

Jumlah orang dewasa yang kurang aktivitas fisik di negara-negara berpenghasilan tinggi diketahui dua kali lipat lebih banyak daripada di negara-negara berpenghasilan rendah. Hal ini dikarenakan di negara-negara berpenghasilan tinggi, warganya lebih banyak melakukan pekerjaan yang tidak membutuhkan kekuatan fisik.

Selain itu, di negara-negara berpenghasilan tinggi pun kendaraan bermotor pun lebih banyak digunakan sehingga banyak warga tidak perlu lagi berjalan untuk menuju tempat-tempat tujuan.

Ilustrasi mobil dan motor

Yang menjadi kekhawatiran WHO adalah jumlah orang dewasa di dunia yang kurang beraktivitas fisik tidak pernah berkurang sejak studi dilakukan pada 2001.

"Tidak seperti risiko kesehatan global lainnya, jumlah orang yang kurang aktivitas fisik tidak turun di seluruh dunia, secara rata-rata,” kata Dr Regina Guthold dari WHO, penulis utama studi tersebut, dilansir EurekaAlert.

“Dan lebih dari seperempat dari semua orang dewasa tidak mencapai tingkat aktivitas fisik yang disarankan untuk kesehatan yang baik," imbuhnya lagi. Sebab, orang dewasa sebenarnya disarankan untuk melakukan aktivitas fisik selama 150 menit setiap minggunya.

Negara yang paling rendah beraktivitas fisik

Studi ini menemukan ada empat negara yang yang setengah dari penduduk dewasanya kurang melakukan aktivitas fisik, yaitu Kuwait (67 persen), Samoa Amerika (53 persen), Arab Saudi (53 persen), dan Irak (52 persen).

Sementara negara yang paling baik tingkat aktivitas fisiknya adalah Uganda dan Mozambik. Hanya enam persen warga di kedua negara ini yang dianggap kurang beraktivitas fisik.

Ilustrasi berjalan

Untuk mengatasi masalah kurangnya aktivitas fisik yang melanda orang-orang di seluruh dunia, WHO mengeluarkan program yang diberi nama ‘Global action plan on physical activity 2018–2030’.

Program ini akan menjadi acuan bagi negara-negara di dunia untuk mengembangkan program yang mendorong warga mereka untuk lebih aktif secara fisik sehingga dapat menghindarkan diri dari berbagai penyakit berbahaya.

Follow Us On :
Lencana
Kongkow