0
143
0
Ternyata Belajar Sejarah Itu Penting dan Membuat Orang Bijaksana
2 months 'ago'

Mengapa sejarah itu penting – Belajar sejarah  adalah awal mula dari kebijaksanaan di masa depan.

Pelajari masa lalu jika anda ingin membangun hari esok yang lebih baik

Ketika manusia bekerja secara cerdas bersama, kita menambah satu hal yang paling menakjubkan dan menjadikan manusia menjadi superpower dibandingkan mahluk hidup lain di planet bumi, yaitu – untuk tidak membuat kesalahan serius yang manusia lain buat pada masa lalu, karena kita cenderung untuk sama dengan manusia lain – melihat kesalahan di masa lalu lalu kita hindari di masa depan.

Keuntungan belajar sejarah

Beberapa manfaat belajar sejarah antara lain:

  1. Membantu mengerti cerita dan asal muasal dari sesuatu
  2. Membantu melihat perjalanan sebuah ide atau pergerakan
  3. Dapat kita petik intisari dari cerita sukses, kegagalan, dan perjuangan
  4. Membantu kita berfikir lebih kritis tentang pola dan penyelesaian masalah.

Belajar sejarah tidak hanya mengajarkan kita untuk tidak mengulang kesalahan di masa lalu, tetapi juga untuk mengulang sukses di masa depan.

Sejarah membantu kita memprediksi masa depan

Belajar sejarah dapat membantu seseorang untuk mengerti kehidupan manusia dan masyarakat pada jaman sebelumnya. Sejarah termasuk segala hal yang pernah terjadi, dapat menyediakan informasi tentang konsekuensi atau keuntungan yang timbul dari tindakan tertentu. Mengerti konsekuensi dan keuntungan dapat mebantu manusia untuk mengerti tentang budaya dan masyarakat, dan juga untuk mengerti suatu motivasi yang melatarbelakangi suatu tindakan.

Bias: Sejarah ditulis oleh mereka yang sedang berkuasa

Ketika belajar sejarah itu baik, ada satu hal yang perlu disadari tentang suatu masalah tentang sejarah, yaitu bias. Apapun sumber anda, di situ akan ada bias, khususnya karena sejarah adalah ditulis oleh pemenang/penguasa. Ini menjadi masalah untuk pembelajaran sejarah sehingga sedikit kurang efektif. Ini dapat mengarahkan ke pertanyaan apa untung nya belajar sesuatu jika ternyata tidak akurat.

Walaupun bias tidak terelakan, belajar sejarah tetap memberikan manfaat pengetahuan dan akan perlu tetap sadar akan bias.

Kesimpulan pentingnya belajar sejarah

Secara umum, penting untuk belajar sejarah karena dapat membangun pemahaman yang lebih dalam tentang manusia dan masyarakat. Walaupun bias akan timbul, tetapi belajar sejarah dapat memberikan manfaat bagi mereka yang ingin mengubah masa depan menjadi lebih baik.

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow