999 +
0
266
0
5 Tips Remeh Ini Ampuh Cegah Badan Tumbang di Cuaca yang 'Sebentar Panas Sebentar Hujan'
4 months 'ago'

Memasuki akhir Agustus, sebagian wilayah di Indonesia masih mengalami musim peralihan. Kalau kita rasakan, saat ini cuaca menjadi tidak menentu. Sangat dingin di pagi hari, lalu terlampau terik ketika siang. Perubahan cuaca ekstrem tersebut bisa membuat daya tahan tubuh menjadi menurun dan drop.

Penyakit pun rentan menyerang seperti flu, batuk bahkan bisa menyerang gangguan pencernaan. Perubahan suhu udara banyak berpengaruh pada tubuh, karena tubuh kita secara otomatis akan berusaha keras menyesuaikan dengan temperatur sekitar. Saat itu pula imunitas yang baik sangat dibutuhkan oleh tubuh. Namun, jika imunitas kita berkurang, akan timbul banyak orang yang sakit pada musim pancaroba.

Temperatur yang berubah-ubah adalah salah satu kondisi di mana memicu virus dan bakteri untuk masuk dan berkembang biak di dalam tubuh. Penyakit-penyakit pada musim pancaroba tersebut akan terus berulang seiring dengan perubahan musim. Jadi tidak heran jika lebih banyak orang terserang penyakit di musim pancaroba dibandingkan musim yang temperaturnya relatif stabil.

Namun jangan khawatir, selama kita bisa mencegah dan dapat mengantisipasinya. Untuk tetap sehat dan fit di musim peralihan, jangan lupa siapkan hal berikut :

1. Mengkonsumsi multivitamin di musim peralihan

Minum Multivitamin

Konsumsi vitamin yang cukup. Meskipun semua vitamin sama pentingnya bagi tubuh, namun salah satu vitamin yang berfungsi menjaga sistem imun adalah vitamin C. Dengan mencukupi kebutuhan harian akan vitamin C, sistem daya tahan tubuh kamu dapat berfungsi secara maksimal untuk melawan berbagai penyakit.

Terkadang makanan tidak mencukupi nutrisi dalam tubuh. Nah, mengonsumsi vitamin dianjurkan untuk menyeimbangkan porsi nutrisi tersebut. Kamu juga bisa memakan buah-buahan dan sayur-sayuran yang segar untuk melengkapinya.

Anda bisa mengkonsumsi Enervon C, Redoxon, atau vitamin berguna meningkatkan daya tahan tubuh anda. Tapi perlu anda perhatikan dosisnya juga ya ketika minum vitamin.

2. Membiasakan untuk Menggunakan Jaket Ketika Berkendara

Berkendara dengan Jaket

Siapa yang beraktivitas sehari-hari dengan berkendara roda dua? Jangan lupa untuk selalu menggunakan Jaket ya! Menggunakan jaket memang bukan perlengkapan wajib seperti helm, namun menggunakan jaket sangatlah penting, karena dapat melindungi dari panas dan dapat melindungi juga dari dingin, dan dapat mencegah berbagai penyakit.

Hanya saja beberapa pengendara terkadang tidak mengindahkan saran menggunakan jaket atau malas, karena jaket pengendara motor dianggap kurang cocok dipakai saat berkendara, padahal saat ini ada banyak model dan motif jaket khusus pria, wanita ataupun untuk keperluan touring, yang bisa kita pakai tanpa mengurangi rasa nyaman saat berkendara.

3. Selalu Sedia Jas Hujan Dimana pun Berada

Sedia Jas Hujan Apapun Aktivitamu

Musim peralihan yang tidak menentu, sebaiknya selalu sedia jas hujan. Karena kehujanan bisa menurunkan imunitas. Umumnya penyebab orang menjadi sakit setelah kehujanan disebabkan oleh paparan suhu dingin yang tidak biasa atau mendadak sehingga menurunkan sistem kekebalan tubuh dan penyempitan pembuluh darah.

Ketika hujan atau cuaca dingin, virus akan menyebar lebih cepat dan menginfeksi satu sama lain yang membuat seseorang menjadi lebih mudah sakit karena sistem kekebalan tubuh yang menurun. Pilihlah jas hujan sesuai dengan kebutuhan anda. Model poncho, jaket celana, atau jaket rok bisa menjadi pilihannya.

4. Cukupi Kebutuhan Cairan di Musim Peralihan

Air Putih yang Cukup

Musim kemarau membuat tubuh menjadi lebih beresiko terkena dehidrasi. Pastinya air putih sangat bermanfaat untuk kesehatan terutama dalam menjaga keseimbangan tubuh, membantu mengeluarkan racun dan meningkatkan energi.

Asupan air yang cukup akan menjaga suhu tubuh tetap stabil. Air akan mencegah rasa lelah, letih dan malas.Tubuh manusia terdiri dari 60% cairan. Cairan ini akan menjaga kerja pencernaan dan ginjal tetap optimal. Karenanya konsumsi cukup cairan sangat dianjurkan agar organ tubuh berfungsi dengan baik. Jadi, jangan lupa siapkan air mineral saat beraktivitas ya.

5. Istirahat yang Cukup dan Berkualitas Akan Menjaga Daya Tahan Tubuh

Istirahat yang Cukup Ya!

Bagi kamu yang sering begadang, hindarilah kebiasaan ini. Lebih baik tidur dengan tepat waktu dan berisitirahat yang cukup agar keesokkan paginya badan menjadi sehat dan segar kembali. Selain itu, istirahat juga dapat mengontrol stress, hati, pikiran dan masalah sejenak.

Menjaga kualitas tidur adalah salah satu faktor penting untuk menjaga daya tahan tubuh. Bahkan, sejumlah penelitian melaporkan bahwa kurang tidur dapat meningkatkan risiko sejumlah masalah kesehatan serius, seperti penyakit jantung, diabetes, obesitas hingga kanker tertentu.

Dengan memperhatikan hal-hal di atas, kita bisa tetap fit beraktivitas. Jangan sampai musim peralihan mengganggu kesehatan!

Follow Us On :
Lencana
Kongkow