Home » Kongkow » Tahukah Kamu » Fakta Unik Otak Manusia Yang Bikin Kamu Kaget

Fakta Unik Otak Manusia Yang Bikin Kamu Kaget

- Kamis, 22 Agustus 2019 | 12:00 WIB
Fakta Unik Otak Manusia Yang Bikin Kamu Kaget

Otak bisa dikatakan sebagai pusat kehidupan manusia. Walaupun bentuknya kecil dan tersembunyi di dalam tengkorak, kita tak akan bisa hidup tanpa ada otak. Otak merupakan suatu organ dalam tubuh yang menjadi pusat perintah atas segala gerakan yang dibuat oleh tubuh. Ibarat komputer, otak manusia bagaikan chip kecil yang tersimpan dalam CPU namun memiliki fungsi yang penting. Yuk simak fakta unik otak manusia yang bisa bikin kamu kaget dan terpukau.

1. Hampir semua energi dihabiskan oleh otak

Fakta Unik Otak Manusia Yang Bikin Kamu Kaget - Hampir semua energi dihabiskan oleh otak

Walaupun bentuknya kecil dan beratnya hanya sekitar 2% dari berat tubuh manusia, namun energi yang dikonsumsi oleh otak lebih banyak dibandingkan dengan organ tubuh lainnya. Energi tersebut tidak hanya diperlukan saat otak bekerja saja. Namun di saat kita tidur, ternyata otak masih membutuhkan oksigen lho. Perlakuan spesial pada otak juga terlihat pada tengkorak kepala yang membungkusnya. Cuma otak saja yang memiliki tempat tinggal “mewah”dibanding dengan organ lainnya.

2. Otak memiliki memori tak terbatas

Fakta Unik Otak Manusia Yang Bikin Kamu Kaget - Otak memiliki memori tak terbatas

Coba sekarang kamu ingat peristiwa penting di saat masa kecilmu. Kemudian lanjutkan dengan mengingat kegiatan apa saja yang kamu lakukan satu minggu ini. Otak mampu mengingat setiap kejadian di masa lalu secara acak dan cepat. Otak tidak seperti komputer yang memiliki batasan untuk menyimpan data. Setiap kali kamu mengalami suatu peristiwa, di saat itulah tercipta sebuah koneksi baru dalam otak. Tak hanya memori, namun aroma dan pengecapan rasa juga tersimpan dalam otak.

3. Mimpi saat tidur

Fakta Unik Otak Manusia Yang Bikin Kamu Kaget - Mimppi saat tidur

Mimpi yang dialami ketika tidur merupakan suatu fakta unik otak manusia yang masih banyak kontroversi. Jika dilihat dari segi ilmiah, mimpi merupakan sebuah bentuk gelombang otak yang aktif bahkan ketika kita tidur. Banyak orang yang menganggap bahwa apa yang terjadi di dalam mimpi merupakan suatu bentuk citra visual yang pernah dialami orang tersebut. Jika benar demikian, namun bagaimanakah dengan orang buta? Beberapa penelitian mengatakan bahwa orang buta juga bermimpi dan terdapat gambaran visual di dalamnya.

4. Latihan otak

Fakta Unik Otak Manusia Yang Bikin Kamu Kaget - Latihan otak

PR dan belajar adalah kegiatan yang biasanya sangat dibenci. Namun fakta membuktikan bahwa jika seseorang ingin pintar, maka otak harus dilatih. Otak yang dilatih secara terus menerus akan menciptakan memori. Itulah alasan mengapa guru selalu memberikan kita PR. Hal ini juga dapat dilihat pada seorang bayi. Agar bayi dapat berjalan dan berbicara, ia harus dilatih secara terus menerus.

5. Regenerasi otak

Fakta Unik Otak Manusia Yang Bikin Kamu Kaget - Regenerasi otak

Pertumbuhan otak memang telah sempurna di saat kita menginjak usia 7 tahun. Namun semasa hidup, otak mengalami regenerasi atau pembaharuan sel-sel otak. Fakta unik otak manusia ini menjadikan alasan mengapa kita harus mengonsumsi makanan yang sehat.

Cari Artikel Lainnya