999 +
0
87
0
Pecinta Bulu Tangkis Wajib Tahu 5 Pukulan Dasar Dalam Olahraga Ini!
2 months 'ago'

Bulu tangkis? Siapa yang tidak kenal dengan olahraga yang satu ini? Olahraga yang menggunakan raket dan shuttlecock sebagai peralatan utamanya ini memang banyak digemari oleh masyarakat karena bisa dilakukan siapa saja mulai dari usia muda sampai tua. Tidak hanya masyarakat Indonesia saja, namun negara-negara seperti China, Denmark, Jepang pun menjadikan olahraga ini untuk menghasilkan bibit-bibit unggul atlet bulu tangkis yang siap terjun ke kompetisi internasional, bersaing dengan Indonesia.

Tidak jarang pula, dalam pertandingan pertandingan bulu tangkis, banyak variasi pukulan yang digunakan untuk mematikan lawan. Buat kalian yang mengaku pecinta bulu tangkis, ada baiknya kalian mengetahui 5 pukulan dasarnya berikut ini.

1. Service

Pecinta Bulu Tangkis Wajib Tahu 5 Pukulan Dasar Dalam Olahraga Ini!

Service merupakan langkah awal bagi para pemain bulu tangkis untuk mendulang poin ataupun juga kehilangan poin. Dipukul secara diagonal untuk menjatuhkan shuttlecock ke daerah lawan dan bertujuan untuk memulai permainan. Service dalam permainan bulu tangkis intinya terbagi dalam dua metode yaitu high serve dan low serve serta dapat dilakukan dengan cara forehand maupun backhand. Dan jika merujuk ke aturan baru BWF (Badminton World Federation), aturan melakukan service adalah berjarak 115 cm dari permukaan lapangan yang telah diperkenalkan pada turnamen tertua bulu tangkis yaitu All England 2018.

2. Lob

Pecinta Bulu Tangkis Wajib Tahu 5 Pukulan Dasar Dalam Olahraga Ini!

Pukulan ini bertujuan untuk menjatuhkan shuttlecock sejauh mungkin ke belakang garis lapangan area permainan lawan. Shuttlecock akan melambung tinggi kemudian menukik sehingga membuat lintasan imajinasi berbentuk seperti parabola.

Pukulan lob ini dapat dilakukan dengan dua cara yaitu: overhead lob, yaitu memukul shuttlecockdari atas kepala, dan juga underhead lob, yaitu memukul shuttlecock pada saat shuttlecock berada di bawah badan. Pukulan ini sangat efektif untuk mengatur kembali pola permainan karena dengan melakukan pukulan lob ini, maka tempo permainan otomatis akan ikut melambat.

3. Drive

Pecinta Bulu Tangkis Wajib Tahu 5 Pukulan Dasar Dalam Olahraga Ini!

Jika kalian hobi bermain bulu tangkis ataupun sering melihat pertandingannya, khususnya nomor ganda, maka kalian akan sangat sering melihat pukulan ini. Pukulan drive ini adalah pukulan mendatar yang bertujuan untuk membuat lawan kesulitan mengembalikan shuttlecock. Biasanya diarahkan ke samping kiri atau kanan badan pemain secara mendatar dan cepat, dan dapat dilakukan dengan forehand maupun backhand. Caranya adalah ketika drive dengan forehand, pastikan posisi raket berada di samping kanan (jika kidal maka sebaliknya) dan sikap awal dengan posisi berdiri kangkang selebar bahu, lalu pukulkan bola secara datar. Sedangkan ketika drive dengan backhand, langkah-langkahnya hampir sama dengan forehand drive, hanya saja disini badan akan dimiringkan ke kiri karena shuttlecock akan berada di sebelah kiri pemain (untuk pemain kidal maka sebaliknya), lalu pukulkan shuttlecock secara datar.

4. Dropshot

Pecinta Bulu Tangkis Wajib Tahu 5 Pukulan Dasar Dalam Olahraga Ini!

Pukulan ini bertujuan untuk menempatkan shuttlecock ke area lawan sedekat mungkin dengan net. Teknik untuk melakukan pukulan ini hampir sama dengan teknik pukulan lob, yaitu dapat dilakukan dengan overhead maupun underhead. Yang membedakan adalah pada saat shuttlecock menyentuh raket, raket agak dimiringkan dan membutuhkan "feeling" yang tepat agar shuttlecock dapat meluncur tipis melewati net dan membuat lawan sulit menjangkaunya. Biasanya pukulan dropshot merupakan pukulan tipuan yang digunakan oleh para pemain bulu tangkis pada umumnya.

5. Smash

Pecinta Bulu Tangkis Wajib Tahu 5 Pukulan Dasar Dalam Olahraga Ini!

Pukulan ini merupakan pola penyerangan utama dari olahraga bulu tangkis. Smash merupakan pukulan overhead yang dipukul secara keras sehingga shuttlecock akan menghujam area permainan lawan secara tajam dan menukik. Yang perlu diperhatikan dalam melakukan pukulan ini adalah memastikan bahwa shuttlecock sudah tepat berada di atas kepala dan jangkauan untuk melakukan smash sehingga shuttlecock yang dipukul tidak akan meleset ataupun meluncur datar yang berpotensi besar membuat shuttlecock keluar dari daerah permainan.

Bagaimana? Tertarik untuk bermain bulu tangkis?

Follow Us On :
Lencana
Kongkow