0
151
0
Stop 5 Kebiasaan Buruk Mengolah Makanan Ini Biar Kamu Lebih Sehat
4 months 'ago'

Memasak makanan adalah salah satu kegiatan yang tidak terpisahkan dalam aktivitas keseharian semua orang. Namun, tidak semua orang tahu dan mengerti bahwa ternyata dalam mengolah makanan tertentu, ada banyak hal yang harus diperhatikan agar kandungan gizi selalu terjaga dan kita dapat mendapatkan manfaat sempurna dari bahan makanan tersebut. Karena ternyata, beberapa kebiasaan buruk dan kesalahan dalam mengolah makanan justru dapat mendatangkan potensi penyakit lho buat kita. Nah, apa saja sih itu? Berikut simak ulasannya.

1. Memasak daging pada suhu tinggi

Stop 5 Kebiasaan Buruk Mengolah Makanan Ini Biar Kamu Lebih Sehat

Daging dan makanan tinggi protein lainnya memang membutuhkan perhatian khusus dalam proses pemasakannya. Penggunaan suhu yang terlalu tinggi serta proses pemanasan dalam waktu yang lama dan berulang-ulang adalah hal yang harus dihindari dalam memasak daging. Hal ini karena protein dalam daging bila dimasak dengan tidak tepat, tidak hanya berpotensi menimbulkan kanker di kemudian hari, juga dapat menyebabkan penyakit diabetes.

Menurut Jill Weisenberger, seorang ahli nutrisi Amerika Serikat yang menulis buku Prediabetes: A Complete Guide, konsumsi daging yang tidak tepat pengolahanya dalam jumlah besar dan jangka panjang akan meningkatkan potensi resistensi insulin yang menyebabkan penyakit diabetes tipe 2. Wah, berbahaya juga ya.

2. Mencairkan daging beku dan frozen food sembarangan

Stop 5 Kebiasaan Buruk Mengolah Makanan Ini Biar Kamu Lebih Sehat

Salah satu kebiasaan buruk yang tidak kita sadari ialah sering mencairkan makanan yang dibekukan dalam freezer dengan membiarkannya mencair dengan sendirinya ataupun langsung merendamnya di bak cuci ataupun air dingin.

Ternyata, menurut Mandy Enright, seorah ahli gizi dari New Jersey, membiarkan daging, ikan dan makanan beku lain mencair dalam ruangan akan menyebabkan bahan-bahan makanan tersebut mudah sekali terkontaminasi bakteri yang berbahaya bagi tubuh manusia. Hal ini dikarenakan, bahan makanan terutama yang kandungan proteinnya tinggi adalah "rumah" yang sangat nyaman untuk tumbuhnya mikroorganisme pembawa penyakit.

Mandy menyarankan, jika akan memasak bahan makanan yang telah disimpan di freezer, sebaiknya sebelum memasak, pindahkan bahan makanan tersebut ke dalam bagian kulkas lain yang lebih rendah suhunya (chiller) sampai sifat bekunya hilang dan siap dimasak. Hal ini lebih baik untuk menjaga nutrisinya serta mencegah kontaminasi yang berbahaya.

3.Menyimpan minyak goreng dekat kompor
Stop 5 Kebiasaan Buruk Mengolah Makanan Ini Biar Kamu Lebih Sehat

Banyak yang tidak mengetahui bahwa ternyata dalam menyimpan minyak goreng untuk memasak itu ada aturannya lho. Kesalahan paling umum yang banyak dilakukan orang-orang ialah menyimpan minyak goreng di dekat kompor untuk memasak. Memang sih, hal ini lebih memudahkan jangkauan dan cukup membantu terlebih bila space dapur yang tidak terlalu luas. Namun, masih menurut Mandy Enright, kebiasaan menyimpan minyak goreng di dekat kompor yang bersuhu tinggi ini berbahaya karena akan menyebabkan kerusakan pada nutrisi dalam minyak.

Minyak yang merupakan salah satu bentuk lemak akan mudah rusak bila terkena suhu tinggi dan sinar matahari secara langsung. Hal ini akan mendorong terjadinya reaksi kimia yang menyebabkan minyak cepat tengik dan mengalami perubahan struktrur menjadi radikal bebas yang berbahaya bagi kesehatan. Oleh karena itu, Mandy menyarankan untuk menyimpan minyak goreng dalam tempat tertutup yang jauh dari panas dan cahaya matahari langsung agar tidak menimbulkan efek yang merugikan kesehatan.

4. Mengupas buah-buahan dan memotong sayuran

Stop 5 Kebiasaan Buruk Mengolah Makanan Ini Biar Kamu Lebih Sehat

Walau terlihat sepele, ternyata kesalahan mengupas buah dan sayur itu membawa efek yang buruk lho. Seperti yang kita tahu, buah dan sayur adalah sumber vitamin dan mineral utama buat tubuh yang mana kedua jenis nutrisi mikro tersebut sifatnya tidak stabil dan cepat rusak bila tidak ditangani dengan baik. Kulit buah dan sayur mengandung banyak nutrisi seperti kalsium, kalium, vitamin B dan serat yang sangat dibutuhkan tubuh. Mengupasnya terlalu dalam dan berlebihan akan membuat kita kehilangan kebaikan dari semua nutrisi tersebut.

Satu hal lagi nih guys yang perlu diperhatikan saat mengupas buah. Jangan biarkan buah berada terlalu lama di ruangan dalam kondisi telah terkupas. Kenapa? Menurut Emily Burston, seorang ahli nutrisi dari School Of Nutrition Plus California, buah-buahan terutama yang banyak mengandung anti oksidan dan vitamin C akan cepat rusak karena sifatnya yang tidak stabil danvolatile sehingga akan manfaat baiknya akan mudah hilang karena telah bereaksi dengan udara serta cahaya sekitar,

5. Merebus sayuran terlalu lama

Stop 5 Kebiasaan Buruk Mengolah Makanan Ini Biar Kamu Lebih Sehat

Satu kesalahan umum lainnya yang paling banyak dilakukan semua orang ialah kesalahan memasak sayuran yang mengakibatkan banyak sekali nutrisi yang terkandung dalam sayuran hilang. Memasak sayuran baik merebus maupun mengukus dalam waktu lama dan suhu yang terlalu tinggi akan membuat vitamin dan mineral cepat hilang sehingga kita tidak mendapat manfaat yang diinginkan dari makanan tersebut. Sayang kan guys?

Nah, itu adalah beberapa kebiasaan buruk mengolah makanan yang harus segera kita tinggalkan. Karena sayang banget kan kalau kita tidak mendapatkan nutrisi maksimal dari makanan yang konsumsi, betul kan?

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow