999 +
0
145
0
Cara Meningkatkan Konsentrasi, Ampuh!
4 months 'ago'

Konsentrasi adalah salah satu hal utama yang harus kita pegang atau kita pertahankan setiap kita menjalani suatu aktifitas. Kehilangan konsentrasi akan menimbulkan masalah yang mungkin juga bisa membahayakan diri kita sendiri dan juga orang lain. Konsentrasi merupakan suatu bentuk pemusatan pikiran, jiwa dan fisik sesorang terhadap obyek yang sedang diamati. Banyak orang yang mencari cara untuk meningkatkan konsentrasi mereka untuk menghadapi era globalisasi yang semakin banyak muncul permasalahan yang harus diselesaikan.

Konsentrasi biasanya sangat dibutuhkan oleh para pelajar serta para pekerja kantoran, karena kedua kegiatan inilah yang membutuhkan konsentrasi paling tinggi. Konsentrasi sangat erat hubungannya dengan kondisi otak manusia, dimana semakin sehat dan cerdas otak tersebut, maka Anda akan memiliki daya konsentrasi yang lebih baik lagi. Otak manusia sendiri memiliki fungsi dan peran yang terpenting, dan jika Anda ingin meningkatkan konsentrasi dan bisa fokus dalam berfikir, maka Anda perlu untuk melakukan latihan-latihan khusus pada otak Anda. Latihan otak yang benar akan meningkatkan cara kerja otak dengan baik dan pastinya akan memperkuat otak Anda untuk bisa fokus dan berkonsentrasi lebih baik lagi.

Banyak orang yang cemas, karena saat mereka sudah berumur diatas 40 tahun konsentrasi dan daya ingat mereka mulai melemah. Padahal tuntutan zaman yang semakin banyak mengharuskan Anda untuk memiliki kemampuan konsentrasi dan daya ingat yang lebih. Banyak latihan untuk meningkatkan konsentrasi dan daya ingat otak Anda, jika Anda melakukan latihan ini, maka Anda akan mendapatkan banyak manfaat.

Berikut cara untuk meningkatkan konsentrasi otak Anda:
1. Mengkonsumsi makan makanan yang mengandung omega-3.

Makanan yang mengandung omega-3seperti ikan trout, salmon, dan tuna, yang merupakan ikan berminyak. Beberapa kacang mengandung lemak ini juga dan makanan sehat bagi otak.

2. Mengerjakan teka-teki silang.
Usahakan sisihkan waktu Anda 15 menit untuk mengerjakan teka teki silang, karena dapat membantu meningkatkan konsentrasi Anda dengan cara mengandalkan memori jangka panjang Anda dan mencoba untuk memecahkan pertanyaan sulit yang membantu merangsang otak.

3. Menghindari segala bentuk gangguan perasaan negatif.
Perasaan negatif seperti rasa cemas, depresi maupun stres, karena akan membuat otak Anda semakin tertekan.

4. Mengubah rutinitas harian Anda untuk sekedar memacu adrenalin Anda.
Konsumsilah makanan yang membantu otak Anda. Karena otak Anda akan tetap sehat dan fungsi yang terbaik jika dipelihara dengan makanan bergizi, seperti: protein, karbohidrat, lemak sehat, dan lain-lain.

5. Memulai hobi baru.
Mencoba hobi baru adalah cara lain untuk memperluas minat dan menggunakan otak Anda untuk belajar sesuatu yang baru.

6. Istirahat yang teratur serta olahraga yang rutin.
Karena dengan Anda tidur, otak Anda bagaikan konputer yang di refresh atau otak Anda akan kembali segar. Sedangkan olahraga yang Anda lakukan akan bermanfaat melancarkan peredaran darah yang menuju ke otak.

Selamat mencoba!

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow