999 +
0
119
0
Lakukan Kebiasaan Ini Agar Tidak Gampang Lupa
2 months 'ago'

Anda mungkin pernah atau sering mengalami saat dimana Anda melupakan sesuatu hal, baik itu hal remeh maupun yang penting. Jika hal ini sering terjadi tentu saja sangat menjengkelkan bukan? tapi tenang, sebab menurut para peneliti situasi seperti ini dapat diatasi dengan melakukan beberapa kebiasaan yang melatih otak untuk bekerja agar otak Anda tetap sehat dan berfungsi dengan baik. Untuk mengatasinya, lakukan kebiasaan-kebiasaan baik berikut ini.

Jogging

Untuk meningkatkan mood dan ketajaman ingatan, Anda perlu mengelola detak jantung dengan baik sehingga jogging menjadi kebiasaan baik yang perlu dilakukan agar kesehatan selalu terjaga, kesehata otak pun tetap dalam keadaan prima.

Bersosialisasi

Bersosialisasi dengan teman ataupun keluarga juga merupakan bentuk latihan pada otak. Interaksi dengan orang lain melatih otak yang berfungsi dalam perencanaan, membuat keputusan, dan kontrol diri.

Latih gelombang alfa pada otak

Berdasarkan beberapa penelitian mengenai kerja otak, ditemukan bahwa kondisi ideal yang pas untuk belajar adalah ketika otak berada dalam kondisi alfa (santai), namun tetap bisa fokus dan sadar. Dalam kondisi gelombang alfa, otak berjalan 8 sampai 12 siklus per detiknya.

Makan ikan secara teratur

Ikan memiliki kandungan omega 3 dan omega 6 yang sangat baik untuk otak.Salah satu tipe dari omega 3, yaitu DHA banyak terkandung dalam ikan salmon, tuna, dan ikan cod. Mengonsumsi ikan laut seminggu sekali akan memperlambat penuaan kognitif 10% setiap tahunnya, atau sama dengan lebih muda 3-4 tahun.

Tidur siang

Tidur siang selama 6 menit saja sudah dapat meningkatkan kemampuan memori Anda. Selain itu tidurlah secara teratur agar otak dapat beristirahat cukup setiap harinya.

Itulah beberapa kebiasaan sederhana namun memiliki manfaat yang luar biasa untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan kinerja otak agar lebih tajam.

Follow Us On :
Lencana
Kongkow