0
146
0
Apa Yang Harus Dilakukan Ketika Bosan Dengan Pelajaran?
3 days 'ago'

Nah, ini merupakan suatu hal yang menarik. Bosan umumnya benar adalah kondisi dimana kita mendambakan suatu perubahan atau posisi dimana pikiran, keinginan menginginkan sesuatu yang baru untuk dilakukan. Namun, Belajar merupakan suatu hal yang menjadi kegiatan yang melekat di kehidupan manusia tanpa terkecuali, karena setiap hari pastinya mahluk hidup selalu belajar dan belajar untuk menemukan hal baru didalam kehidupannya. Lantas hal apa yang harus dilakukan untuk mengatasi kebosanan yang dialami saat belajar?

Cara Belajar Tanpa Merasa Bosan :

Metode Pertama :

1. Studying By Yourself ( Belajar Sendiri )
Mungkin akan terasa sangat sungkan dilakukan. Namun, belajar sendiri ini dapat menjadi suatu keuntungan tersendiri untuk diri kita saat belajar. Dimana diri kita dapat menentukan bagaimana cara belajar yang diinginkan agar tidak merasa bosan dan dimana tempat yang membuat kita dapat menempatkan fokus kita dalam pelajaran misalnya, ditempat yang jauh dari keramaian atau pun tempat yang dekat dengan alam. Semua hal dapat kita eksplorasi dengan belajar sendiri.

2. Don’t get to comfortable ( Jangan terlalu nyaman )
Sesuatu yang berlebihan tentunya mengundang dampak yang kurang baik. Sama halnya dengan belajar, jika kamu merasa terlalu nyaman akan suatu hal pasti hasilnya pun tidak produktif atau tidak optimal. Sebagai contoh, jika kamu terlalu nyaman dengan kondisi belajar kamu, terkadang kamu akan mudah terpancing oleh gangguan yang ada disekitar. Jika kamu menggunakan kursi untuk belajar, jangan terlalu nyaman dengan kursi tersebut, karena kamu dapat mengatur tubuhmu untuk merasa nyaman dan menimbulkan efek yang membuat kamu merasa ngantuk ataupun bosan.

3. Plan your end goals ( Persiapkan capaian akhir)
Salah satu yang kita kejar didunia ini tentunya adalah tujuan akhir yang ingin digapai. Tentu untuk meraih sesuatu yang diinginkan membutuhkan usaha yang tidak mudah juga. Dan salah satu hal yang membuat diri kalian bosan adalah ketika kalian tidak mengetahui ataupun mempunyai tujuan akhir. Dengan tidak adanya tujuan dari kegiatan belajar, maka dapat dipastikan hal apapun yang dilakukan saat belajar akan terasa bosan. Maka, tetapkanlah tujuan dan apa saja yang ingin diraih dari kalian saat belajar. Ketika kamu bisa mengatur waktu sebaik mungkin, pastinya belajar tidaklah mengganggu aktivitas lain dan mungkin akan selalu membantu kehidupan kamu.

4. Mix up your topics ( Gabungkan berbagai topik )
Jika kamu terlalu lama melakukan sesuatu hal yang sama tentu rasa bosan akan lebih cepat timbul dibenak kita. Maka, mengabungkan berbagai topik saat melakukan kegiatan belajar dapat menjadi suatu hal mencegah kebosanan. Sebagai contoh, misalnya kalian belajar pemrograman 45 menit, dilanjutkan 45 menit dengan belajar matematika diskrit dan 45 menit selanjutnya dilanjutkan dengan belajar aljabar boolean. Pastikan kamu tidak menghabiskan waktu untuk satu mata pelajaran yang kamu akan pelajari. Aturlah urutan materi yang ingin dipelajari, seperti menempatkan posisi subjek pelajaran yang paling digemari diakhir waktu pembelajaran, ataupun dengan urutan yang membuat kalian merasa nyaman.

5. Pick your most active days ( Gunakan waktu produktif kamu )
Belajar ketika waktu dimana kamu merasa paling aktif dapat membuat kamu belajar lebih lama tanpa cepat merasa bosan. Kamu akan lebih sadar dan lebih mendalami dari apa yang kamu pelajari. Jika kamu belajar setiap hari di waktu yang sama, itu akan menjadi suatu kebiasaan di rutinitas keseharian kamu. Dengan belajar di waktu produktif akan membantu kamu tidak merasa bosan karena kamu telah terfokus pada pelajaran disaat produktif kamu dan tidak mudah terganggu oleh gangguan lainnya.

6. Take Breaks ( Ambil waktu jeda )
Duduk disatu posisi dalam jangka waktu yang lama, terutama saat kamu belajar untuk mempersiapkan ujian besar, tentu hal tersebut akan menimbulkan penderitaan dan kebosanan yang sangat memuncak. Coba untuk mengistirahatkan pikiran dan badan beberapa waktu. Banyak hal yang dapat dilakukan saat mengistirahatkan tubuh, bisa dengan memakan snack untuk mengisi kekosongan perut. Atau hargailah dirimu yang telah duduk terlalu lama dengan berlari-lari kecil didepan rumah ataupun bermain basket dalam jangka waktu yang pendek, karena hal tersebut akan menstimulus detak jantung dan membuat pikiran dapat fokus pada apa yang kamu lakukan. Dengan lain kata, selain meringankan dirimu tentunya kamu tidak akan merasa bosan.

7. Make it fun ( Buat menyenangkan )
Jika kamu menemukan subjek materi pelajaran yang menurut kamu itu membosankan, tentunya kamu dapat menjadikan hal tersebut dengan berbagai macam kreatifitas kamu sendiri yang dimana itu dapat membuat diri kamu tidak bosan dan memahami materi yang kamu pelajari. Dengan menjadikan suatu materi menjadi sebuah lagu, ataupun permainan, maka kamu akan lebih mudah memahami materi dengan konsep yang kamu bentuk walaupun materi yang kamu pelajari itu menurutmu membosankan. Dengan hal ini kamu mendapatkan informasi dari apa yang kamu pelajari dan tetap tertuju dengan apa yang kamu lakukan yaitu belajar, ditambah kamu tidak akan mudah merasa bosan dan memahi materi yang kamu pelajari.

8. Reward Yourself ( Hadiahi dirimu )
Salah satu jalan yang membuat kamu dapat bertahan dan melalui sesi belajar yang berat adalah apa yang akan kamu dapatkan diakhir ketika itu semua telah usai. Katakanlah kepada dirimu ketika menyelesaikan semua hal ini kamu akan mendapatkan sebuah porsi makan yang lezat ataupun kamu dapat menyaksikan film blockbuster yang telah kamu nanti-nantikan. Atau kamu dapat menghabiskan beberapa waktu bersama teman-teman setelah belajar. Tapi, ingatlah bahwa kamu hanya akan mendapatkan hadiah tersebut jika kamu dapat fokus pada materi yang kamu pelajari dan kamu memahami dari apa yang kamu pelajari.

9. Takes notes as you go ( Mencatat )
Jika kamu hanya membaca materi dengan posisi terdiam dan hanya tertuju disatu tempat, tentunya akan membuat kamu merasa bosan. Kamu dapat mencoba ketika membaca beberapa bagian, kamu mencatat bagian yang penting sehingga kamu dapat mengingatnya kembali poin-poin yang penting dari materi yang kamu pelajari. Tentunya ini suatu metode yang positif karena setelah kamu membaca informasi sekali, kamu akan mencatatnya dan itu akan terhitung sebagai membaca informasi kembali, dan ketika kamu mencatatnya maka otak kita akan mengingatnya terus menerus dari apa yang telah kita baca dan kita telah catat.

Ada cara untuk membuat kamu lebih baik dalam mencatat dan menghindari kebosanan :

  • Menulis dengan menggunakan warna yang menarik dan menulis serapih mungkin, itu akan menjadikan otakmu tertarik pada apa yang kamu tulis dan kamu baca sehingga kamu tidak merasa bosan.

10. Avoid Electronic ( Hindari perangkat elektronik )
JIka kamu memiliki handphone ataupun laptop bersama dengan kamu ketika kamu sedang belajar, maka kamu akan tertuju pada perangkat elektronik kamu dan kamu akan lebih mudah merasa bosan saat belajar. Tinggalkan perangkat elektronik kamu sesaat dan fokus pada kegiatan belajar, karena bukan perangkat elektronik tidak hanya membuatmu bosan, tapi bisa jadi membuat kamu tidak belajar dan lebih menggunakan perangkat elektronik kamu.

Quotes for Studying alone : “Sometimes our journey needs to be travelled alone, to learn, to grow and to find ourselves even better

Metode Kedua :

1. Studying with others or Find a Study Group ( Belajar bersama atau mencari kelompok belajar )
Jika kamu merasa bosan dan terlalu mudah terganggu oleh lingkungan sekitar dalam pembelajaran dengan metode belajar sendiri maka, cobalah untuk belajar dengan sebuah grup. Kalian semua dapat mempelajari materi secara bersama-sama dengan tujuan yang sama yaitu mencapai target ataupun tujuan yang kalian inginkan. Cobalah mencari kelompok ataupun teman-teman yang dapat memberikan keuntungan dalam belajar dan membuat suasana dirimu tidak bosan ketika belajar bersama mereka.

2. Ask each others question ( Menanyakan satu sama lain )
Salah satu keuntungan belajar secara kelompok adalah kamu dapat bertanya antar sesama temanmu mengenai hal-hal yang ingin kamu ketahui ataupun kamu ingin tanyakan.Jika kamu tidak mengerti dalam suatu hal, kamu dapat meminta temanmu untuk membantumu dalam suatu masalah yang tidak kamu ketahui ataupun tidak kamu pahami. Satu kelompok akan mendapatkan keuntungan dari sebuah pertanyaan yang dipertanyakan antar sesama teman. Jika kamu belajar sendirian dan mengalami kesulitan ataupun kendala dalam memahami suatu materi, maka kamu akan merasa bosan dan tidak memiliki keinginan untuk melanjutkan pembelajaran. Dengan menanyakan pertanyaan kepada teman dalam belajar secara kelompok akan memudahkan kamu dalam memahami informasi dan tentunya membuat kamu lebih aktif sehingga tidak merasa bosan dalam proses pembelajaran.

3. Take turns leading discussion ( Mendapat kesempatan memimpin jalannya diskusi )
Cara termudah memahami suatu materi yang sulit dipahami adalah dengan mempelajari dan mengajarkan kepada teman-temanmu akan sebuah materi tersebut. Ketika kamu belajar secara kelompok maka, kamu akan dipacu untuk memahami sebuah materi sehingga kamu dapat memberika informasi yang bermanfaat untuk teman-temanmu. Dengan keinginan yang kuat untuk mengajarkan teman-temanmu, rasa bosan akan tertutup dengan sebuah tekad yang kamu inginkan. Ditambah ketika kamu memimpin jalannya diskusi adalah sarana kamu untuk berani menjadi seseorang yang tampil didepan dan mengasah softskill kamu dalam berbicara.

4. Quiz each others ( Kuis/Soal antar sesama teman )
Ketika kamu telah belajar selama beberapa waktu, ada saatnya dimana kamu mencoba untuk mengasah materi yang telah kamu pelajari dengan teman-temanmu. Kamu dapat melakukan berbagai cara untuk mengasah apa yang telah kalian pelajari bersama, sebagai contoh dengan saling membuat pertanyaan dari materi yang sudah dipelajari bersama. Jika kamu dapat menjawab maka kamu akan diberikan poin ataupun reward dari hasil belajar kamu. Kamu dapat mengejar poin sebesar-besarnya hingga pertanyaan dari teman-teman satu kelompokmu terjawab semua, sehingga ketika salah satu diantara kalian mendapatkan poin terbanyak maka, akan diberikan hadiah akhir dikarenakan telah memahami materi yang telah dipelajari bersama. Kelihatannya cukup menarik bukan? Selain itu, kamu akan merasa kebosanan dalam belajar hanyalah sebuah omong kosong belaka dikarenakan kamu menemukan cara terbaik untuk belajar, bersaing secara sehat dan menemukan kesenangan bersama teman-temanmu.

Rasa malas belajar bukanlah satu masalah baru bagi para pelajar. Meski orangtua telah mencari solusi untuk mengatasi rasa malas belajar tetapi solusi yang diterapkan tidak pernah memberikan manfaat untuk kehidupan kita. Rasa malas itu sudah berurat akar di dalam darah kita. Akhirnya kita hanya menikmati prestasi kecil saat-saat masa sekolah. Bukan rahasia umum lagi, kalau ingin menjadi orang sukses haruslah memiliki sikap disiplin yang tinggi. Di mana tidak ada sedikit pun sifat malas dalam diri kita.

Agar sukses dalam hidup kita perlu belajar. Kita perlu memahami apa yang kita lakukan. Bahkan jika kita ingin menjadi pengemudi mobil atau ingin terbang ke Mars, belajar adalah keharusan. Bila kita terus-menerus melakukan berbagai hal, kita akan mendapatkan keahlian di bidang itu. Tetapi terkadang kita merasa bosan dalam belajar, nah berikut ini akan saya jelaskan cara – cara agar kita terhindar dari kebosanan dalam belajar :

1. Batasi waktu belajar Anda

Kita perlu membatasi waktu belajar kita karena, jika kita terlalu lama belajar itu akan menyebabkan kita menjadi bosan dan akan membuat kita menjadi frustasi sehingga semua ilmu yang kita pelajari tidak semuanya bisa terserap masuk ke otak kita. Semua cara lainnya tidak akan berhasil jika kita tidak membatasi waktu sesi belajar kita. Batasi waktu sesi belajar kita sampai 30 menit per sesi dan diikuti dengan istirahat sejenak. Dan juga jika kita terlalu lama belajar juga tidak baik untuk kesehatan tubuh kita. Tubuh kita juga membutuhkan istirahat yang cukup.

2. Jangan Fokus pada Hasil

Jika kita membuat kesalahan dalam suatu hal, kita jangan terlalu menyesali itu semua. Kita harus tetap bangkit dan belajar. Jangan mencoba terlalu keras. Jangan stres soal hasilnya . Hasil datang perlahan dan membutuhkan waktu. Untuk itu, yang perlu kita lakukan hanyalah fokus belajar dan terus menambah wawasan dalam kehidupan kita.

3. Momen untuk Diri Sendiri

Hendaknya sebelum setiap sesi terlewati, kita perlu meluangkan waktu sebentar untuk diri kita sendiri. Kita tutup mata kita dan kita ingatkan diri kita untuk apa kita belajar, kita renungkan juga tujuan hidup kita. Ingatlah betapa susah payah orang tua menyekolahkan kita setinggi mungkin, supaya apa? Supaya kita bisa menjadi orang yang sukses. Itu semua akan menimbulkan motivasi motivasi untuk terus belajar. Sesi ini akan memastikan agar kita memulai setiap sesi dengan pola pikir yang benar.

4. Ubah tempat belajar

Ini adalah salah satu teknik termudah dan menyenangkan, cukup dengan hanya mengubah tempat belajar kita. Dengan kata lain, pilih lokasi studi yang berbeda. Jangan terus belajar di tempat yang sama. Karena dengan tempat baru, kita juga akan mendapatkan semangat baru untuk belajar. Seperti, kita bisa nongkrong di cafe tetapi tetap sambil membaca baca buku, tetapi ingat cari suasana cafe yang tidak menggangu konsentrasi belajar kita.

5. Berdiri Berjalan-jalan

Bila kita sedang frustrasi ketika belajar. Kita perlu mengatasinya. Gunakan di MP3 player, lalu bangun dan berjalan-jalan. Ini adalah trik yang efektif untuk mengurangi emosi yang mengganggu kita. Dan kegiatan itu bisa mengembalikan semangat belajar kita.

Itulah beberapa tips untuk mengatasi kebosanan dalam belajar. Sebenarnya semangat belajar itu muncul dari dalam diri kita masing - masing. Jadi, percuma kita melakukan tips – tips diatas jika kemauan belajar kita tidak terlalu besar. Nah, intinya semua akan berjalan dengan lancar asal kita mempunyai kemauan dan niat yang besar

Follow Us On :
Lencana
Kongkow