Home » Kongkow » Tahukah Kamu » Ini 3 Kegiatan yang Biasa Dilakukan Menjelang Hari Kemerdekaan 17 Agustus!

Ini 3 Kegiatan yang Biasa Dilakukan Menjelang Hari Kemerdekaan 17 Agustus!

- Selasa, 17 Agustus 2021 | 06:00 WIB
Ini 3 Kegiatan yang Biasa Dilakukan Menjelang Hari Kemerdekaan 17 Agustus!

Pada tahun 2021 ini, Indonesia kita yang tercinta sudah memasuki HUT RI ke-76 tahun nih. Tentunya kita harus merayakan hari kemerdekaan ini dengan penuh suka cita ya.

Menjelang tanggal 17 Agustus, biasanya masyarakat Indonesia akan mulai disibukkan dengan membuat acara-acara lomba. Tak hanya di lingkungan tempat tinggal, biasanya lomba-lomba juga dilakukan di sekolah maupun tempat kerja lho.

Selain menyiapkan lomba, ternyata ada beberapa hal lain yang setiap tahunnya dilakukan oleh masyarakat Indonesia menjelang hari kemerdekaan lho.

Ingin tahu apa saja? Simak daftarnya di bawah ini ya.

1. Mengibarkan bendera di depan rumah

Masuk bulan Agustus biasanya jalan-jalan akan dipenuhi beragam ornamen berwarna merah putih, mulai dari bendera, hingga hiasan lainnya. Di depan rumah-rumah biasanya juga akan dikibarkan bendera merah putih. Momen ini bisa dikatakan sangat berharga karena hanya dilakukan setahun sekali yaitu pada saat bulan Agustus saja nih.

Jadi, untuk ikut merayakan kemerdekaan kalian bisa mulai dengan ikut mengibarkan bendera di halaman rumah. Kita harus bangga dengan bendera kita karena kemerdekaan ini didapatkan dengan susah payah. Jadi lakukanlah hal sederhana itu untuk menunjukkan bahwa kalian cinta dengan Indonesia.

2. Kerja bakti dan menghias lingkungan

Hal lain yang biasanya dilakukan saat akan mempersiapkan hari kemerdekaan ialah warga akan bekerja sama untuk melakukan kerja bakti nih. Mereka akan membersihkan lingkungan hingga menghiasnya agar terlihat lebih indah.

Biasanya hiasan yang dipilih ialah lampu-lampu hias berwarna-warni ataupun hiasan lain hasil kreasi sendiri. Momen ini tentunya juga digunakan para warga untuk bisa mendekatkan diri nih .

3. Mengecat rumah dan pagar

Selain membersihkan lingkungan dengan kerja bakti, biasanya masyarakat juga akan berlomba-lomba untuk mengecat rumah masing-masing. Tentu saja tak hanya rumah saja yang dicat, pagar pun tak lupa untuk dipercantik lagi. Dengan lingkugan yang bersih dan indah tentunya para warga akan lebih bersemangat untuk merayakan hari kemerdekaan kita nih.

Usaha warga untuk bersih-bersih dan menghias lingkungan merupakan bentuk penghargaan mereka terhadap kemerdekaan yang telah kita dapatkan. Meski terlihat sepele tapi hal-hal yang dilakukan warga itu bisa menjadi contoh bagi kita agar bisa selalu semangat untuk merayakan hari kemerdekaan Indonesia.

Nah, kira-kira kamu punya kebiasaan apa nih yang biasa dilakukan menjelang peringatan Hari Kemerdekaan 17 Agustus?

Cari Artikel Lainnya