0
1486
0
Inilah 4 Kebiasaan Guru Yang Bikin Murid Betah Belajar Di Sekolah
2 months 'ago'

Di sekolah, ada kalanya kita ngerasa bosen banget di sekolah. Berjam-jam konsentrasi ngeliat papan tulis, nyimak pelajaran dari guru, kepala pasti ngebul deh. Belum lagi kalau gurunya nggak asik atau ngebosenin. Mungkin kita bakal melambaikan tangan ke kamera dan bilang "nggak kuat mas, nggak kuat"...

Tapi rasa bosen itu mungkin nggak akan datang kalau nggak ada guru-guruyang menyenangkan dan bisa menghidupkan suasana kelas jadi lebih seru. Tapi bukan yang garing juga sih. Siapa sih yang nggak pernah ngalamin diajarin sama sosok guru menyenangkan di kelas?

Pasti banyak lah yang ngalamin guru-guru menyenangkan ini. Belum lagi kalau gurunya kadang masih muda, bisa diajak becandanya suka lebih nyambung.Berdasarkan survey kecil-kecilan di SMAK Santo Paulus Jember, Jawa Timur, guru yang seru dan menyenangkan itu dikumpulkan dalam 4 hal. Kayak apa tuh? Simak aja deh, siapa tau cerita kita samaan kan...

1. SUKA NGAJAK BELAJAR DI LUAR KELAS

Emang sih setiap guru punya "jurus" masing-masing buat kasih ilmunya ke kita di kelas. Tapi ternyata metode penyampaiannya itu jadi penting banget di mata murid. Kalau cara ngajarnya nggak asik, murid-murid pasti bakal boring dan ngerasa dirugiin. Tapi kalau cara ngajarnya beda dari kebanyakan guru lain, pasti seru tuh!

Nah, salah satu guru yang menyenangkan nih kalau kata Sandra Christina, warga kelas 10 sekolah yang bermarkas di jalan Trunojoyo Jember ini bilang, guru yang asik itu adalah guru yang suka ngajak belajar di luar kelas.

"Guru menyenangkan itu menurutku yang mengerti kondisi murid. Saat bosan di kelas, ngantuk, apalagi pas siang-siang saat ada guru yang ngajak belajar di luar kelas itu bisa langsung bikin pikiran segar," ungkap Sandra.

Misalnya aja waktu belajar puisi. Lebih menyenangkan ada di luar kelas. "Baca puisi di halaman sekolah yang asri itu lebih asik. Nggak bikin ngantuk. Ya...sekalian melatih percaya diri," timpal Bernadeta Verrel Vania, temen main Sandra.

2. DOYAN NGELAWAK!

Yup! Dari hasil survey di SMAK Santo Paulus, dan mungkin bagi sebagian besar warga sekolah lainnya, guru-guru yang doyan ngelawak sebagai "obat" pengusir boring dan ngantuk waktu di kelas adalah idola semua murid!

"Guru yang humoris plus doyan ngelawak tuh seru dan bisa bikin suasana kelas jadi nggak ngebosenin dan monoton," ujar Cindi Friskila, penghuni kelas 10 IPA.

Guru kayak gini nih yang emang diperlukan kita, seenggaknya seminggu dua kali lah biar selama seminggu di sekolah tuh nggak boring. Bener nggak guys?

3. SUKA MUTERIN VIDEO MENARIK SAAT BELAJAR

Bukan... Bukan muterin video aneh-aneh kok. Tapi guru yang suka muterin video edukatif yang sesuai materi belajar dengan kemasan yang menarik dan nggak ngebosenin. Emang kayak gimana tuh videonya?

Nih, Misalnya kita lagi belajar materi Sosiologi, guru nayangin video tentang peristiwa 1998 yang terjadi di Jakarta. Begitu guys...

"Selain belajar sosiologi kita juga belajar banyak hal tentang sejarah bangsa. Tambah pengetahuan deh pokoknya," ujar Richardo Saputra, warga kelas 10 IPS.

Pernah juga waktu lagi belajar Sosiologi, anak-anak SMAK Santo Paulus diajakin nonton film. Salah satu yang pernah diputer itu Freedom Writers.

"Setelah nonton film Freedom Writers banyak pesan yang bisa diambil. Saya jadi termotivasi untuk belajar banyak hal yang bukan hanya tentang Sosiologi," ungkap Michelle Gracia Manoppo, murid kelas X IPS.

Guru-guru yang kayak gini nih yang dikangenin kebanyakan murid. Meski terkadang materi pembelajaran sedikit terhambat, tapi nggak ada salahnya kita dapet refreshing sekaligus mengambil pesan dari film itu sendiri.

4. DOYAN CERITA SANA-SINI

Meski yang satu ini bukan tipe guru yang bisa ngajar serius, tapi beneran deh.. Guru satu ini jadi salah satu guru paling berpengaruh buat kita selama tiga tahun di SMA. Ceritanya emang suka ngalor ngidul, kadang seru, kadang biasa, kadang humor. Kadang maunya ngajar cerita aja, ada juga... "Kalau guru suka cerita itu bikin kelas jadi nggak kaku dan nggak bikin ngantuk.
Kadang-kadang emang garing sih ceritanya, hehehe... Tapi justru itu yang bikin lucu dan bikin sekelas ketawa," beber ujar Michelle Febrinadari kelas 12 IPS.

Waaaa... Enak ya punya guru-guru yang kayak gitu, nggak bikin bosen di sekolah. Kalo di sekolah lo kayak gimana nih guru-guru yang asik dan menyenangkannya? Sama? Atau beda? Bagi-bagi ceritanya dong...

Follow Us On :
Lencana
Kongkow