0
174
0
7 Istilah yang Wajib Kamu Ketahui Saat Pertama Kuliah
4 months 'ago'

Berbeda tingkatan di dunia pendidikan tentunya berbeda pula istilah yang dipakai. Kampus terkenal dengan banyaknya istilah yang kadang membuat kita bingung ketika pertama kali mengetahuinya. Nah, agar kamu tidak dibilang kudet oleh kakak/abang senior, artikel ini sangat cocok bagi kalian sebagai mahasiswa baru.

Para mahasiswa baru yang mungkin sama sekali belum mengenal beberapa istilah yang digunakan di perkuliahan. Let check these out, now!

SKS

SKS (Satuan Kredit Semester) adalah ukuran beban studi yang harus ditanggung oleh mahasiswa. Setiap mata kuliah memiliki jumlah SKS yang berbeda-beda.

Maksimal beban SKS yang bisa kalian ambil dalam 1 semester adalah 23. Untuk lulus, total SKS yang perlu kalian ambil adalah 144-160 SKS. Jumlah SKS tersebut tentunya bisa berbeda-beda tergantung jurusan kalian.

Jika IPK kalian tinggi, maka kalian bisa mengambil beban SKS maksimal.

KTM

Istilah yang satu ini mungkin tidak terlalu asing lagi, serupa dengan kartu pelajar yang kalian miliki sewaktu SMA. Kegunaan KTM (Kartu Tanda Mahasiswa) sangatlah penting. Selain sebagai tanda pengenal diri, KTM juga berfungsi ketika kalian ingin menggunakan fasilitas kampus.

IPS & IPK

IPS (Indeks Prestasi Semester) adalah nilai yang akan kalian peroleh di tiap akhir semester. Sedangkan IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) adalah nilai yang secara teknis dihitung berdasarkan hasil keseluruhan dari IPS tadi. Jadi, IPK dapat dikatakan sebagai predikat kelulusan seorang mahasiswa.

KRS & KHS

KRS (Kartu Rencana Studi) berisi daftar mata kuliah yang kalian ambil dalam 1 semester. KRS ini bisa menjadi syarat jika kalian ingin masuk ke kelas untuk kuliah. Biasanya, KRS harus mendapat persetujuan dari dosen PA kalian. Sedangkan KHS (Kartu Hasil Studi) adalah lembaran yang memuat hasil studi mahasiswa atau nilai-nilai mata kuliah setiap semester.

Dosen PA

Dosen PA (Pembimbing Akademik) adalah orangtua kita selama di perkuliahan. Dosen PA bertugas untuk mendampingi dan memberikan konsultasi akademis kepada mahasiswanya. Hal ini termasuk menyusun rencana studi dan memberikan pertimbangan dalam memilih mata kuliah dan jumlah SKS yang akan diambil, sesuai perkembangan studi mahasiswa.

MKU dan MKDK

MKU (Mata Kuliah Umum) adalah kelompok mata kuliah dalam kurikulum program sarjana yang diharapkan bisa membentuk kepribadian dan sikap mahasiswa untuk memasuki kehidupan bermasyarakat.

MKDK (Mata Kuliah Dasar Keahlian) adalah kelompok mata kuliah yang ditujukan untuk memberikan landasan pembentukan keahlian, baik untuk kepentingan profesi maupun bahan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

UKM

Bagi kalian yang memiliki kreatifitas atau talenta tertentu, jangan takut tidak bisa dikembangkan di kampus. Kampus menyediakan banyak UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) untuk menyalurkan bakat mahasiswa, seperti menari, menyanyi, debat, menulis, dan masih banyak lagi.

Itulah beberapa istilah yang digunakan di kampus yang wajib kamu ketahui. Jangan sampai kalian bingung lagi ya ketika ditanya sesama MaBa tentang istilah tersebut.

Selamat berjuang para maba di kampus impian kalian. Cita-cita ada ditangan kalian, jangan menyerah duluan sebelum perang yang sesungguhnya menantangmu, cayoooo!!!

Semoga artikel ini dapat membantu dan menjawab pertanyaan yang mungkin belum kalian ketahui.

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow