Home » Kongkow » Tips & Trik » Mau Jadi Mahasiswa SUKSES? Lakukan 8 Hal Ini Biar Bisa Cari Duit Nantinya

Mau Jadi Mahasiswa SUKSES? Lakukan 8 Hal Ini Biar Bisa Cari Duit Nantinya

- Rabu, 14 November 2018 | 09:50 WIB
Mau Jadi Mahasiswa SUKSES? Lakukan 8 Hal Ini Biar Bisa Cari Duit Nantinya

Sebagai salah satu orang beruntung yang berkesempatan untuk menempuh studi di jenjang strata 1, sebetulnya kamu sudah bisa loncat selangkah lebih jauh. Sukses memang bukan hanya tentang berhasil meraup uang yang sebanyak-banyaknya. Tapi tidak bisa dipungkiri bahwa setiap manusia yang hidup pasti ingin cari duit yang banyak.

Apalagi kalau kamu adalah seorang pria, kamu wajib cari duit untuk menafkahi keluarga.

Ini 8 Tips Sederhana Supaya Jago Cari Duit dan Mengelolanya!

Sebagai mahasiswa, kamu pasti ingin sukses setelah lulus dari bangku perkuliahan. Lakukan persiapannya dari sekarang, jangan tunggu sampai lulus dulu.

Apa aja sih tips untuk jago cari duit dan mengelolanya? Berikut ini adalah tips-tipsnya:

1 Pintar Membuat Perencanaan Keuangan Sederhana

Uang bisa menjadi jahat jika ia menjadi tuan kita. Jadilah tuan atas uang yang kita miliki dengan mampu mengendalikan diri dalam menggunakan uangmu.

Membuat perencanaan keuangan bulanan bisa jadi salah satu cara untuk menjadi manajer atas keuanganmu sendiri.

Usahakan untuk disiplin dengan rencana keuangan yang sudah kamu buat. Hal berikut ini dapat menolong kamu untuk fokus menjalankan rencana keuangan.

  1. Tidak menggunakan debit card atau credit card tanpa perencanaan sebelumnya.
  2. Sebelum membeli barang, ingatlah pertanyaan ini: Apakah saya memerlukannya? Apakah saya mampu membelinya? Apakah saya bisa menemukan yang lebih murah di tempat lain?

Untuk memudahkanmu merencanakan keuangan, kamu bisa menggunakan aplikasi Finansialku. Dengan aplikasi ini, kamu bisa mencatat seluruh anggaran, pengeluaran, dan pemasukan di smartphone-mu.

2 Kenali Potensi Dirimu

Potensi atau talenta adalah modal awal yang Tuhan berikan untuk setiap manusia. Setiap orang pasti dilahirkan dengan minimal 1 potensi. Jika kamu merasa tidak punya potensi di bidang apapun, mungkin kamu perlu waktu untuk mengenali diri sendiri dan menggali lagi potensimu. Kamu juga perlu mengetahui kelemahan-kelemahan kamu, supaya bisa berubah dari sekarang. Banyak cara lain untuk mengenali potensi, salah satunya dengan mengikuti tes potensi diri.

Mungkin kamu pun sudah pernah mencoba tes semacam ini di jenjang SMA, untuk membantu kamu yang bingung mau kuliah apa.

3 Punya Tujuan yang Jelas

Tujuan merupakan penggerak dan penyemangat hidup kamu.

Contohnya saat kamu berlibur, bayangkan jika kamu tidak punya tujuan. Kamu akan kebingungan dalam menghabiskan waktu berliburmu.

Kamu juga akan membawa segala macam barang karena tidak tahu apa yang akan kamu perlukan.

Rencanakan tujuanmu dengan detail, agar kamu tahu cara mencapai tujuanmu dan apa yang harus kamu bawa.

Misalnya, kamu ingin berlibur ke Bali dari Bandung.

Untuk mempersiapkan liburan ke pantai, kamu tentu perlu membawa baju ganti lebih banyak, karena cuaca di pantai cukup panas dan membuatmu cepat berkeringat. Kamu juga akan bermain olahraga air, sehingga bajumu akan basah.

14 Bisnis Sampingan Mahasiswa yang Bisa Menghasilkan Pemasukan Puluhan Juta Rupiah 01 - Finansialku

Dengan tujuan tersebut, kamu juga akan tahu, barang apa saja yang perlu dan tidak perlu dibawa.

Kamu tidak akan membawa jaket tebal berlapis, ‘kan? Alih-alih membawa jaket dan syal, kamu akan menyediakan ruang untuk membawa kacamata renang, baju renang, pelampung, topi, dan peralatan lainnya.

Lalu, apa kendaraan untuk pergi ke Bali dari Bandung? Ada banyak kendaraan yang bisa kamu gunakan, misalnya pesawat, bus, kapal, bahkan mobil pribadi. Pilih kendaraan yang sesuai dengan kemampuanmu. Nah, apakah tujuan hidup kamu? Jadi dokter hewan? Menjadi pekerja sosial? Jadi pengusaha restoran? Atau menjadi pembawa acara wisata kuliner?

Tujuan ini adalah sebuah langkah awal kehidupanmu ya. Apapun tujuanmu, tidak ada yang salah selama itu positif.

4 Berani Mencoba dan Melakukan Hal yang Baru

Dalam rangka mengenali potensi diri, apakah kamu masih bingung bagaimana caranya? Kamu bisa juga menemukan potensi yang sebelumnya tidak kamu ketahui dengan mencoba hal-hal baru. Mencoba hal baru itu artinya juga kamu harus keluar dari zona nyaman, nih!

Zona nyaman memang sulit untuk ditinggalkan, karena semua orang justru mencari kenyamanan dan mencari segala yang mudah. Padahal seperti kita ketahui, zona nyaman adalah zona berbahaya.

Berani mencoba melakukan hal-hal yang baru memang menimbulkan risiko kegagalan. Tapi jangan pernah takut gagal ya, karena kegagalan adalah pengalaman yang berharga. Kegagalan akan mengasah kegigihan, ketekunan, dan daya tahan kita. Kita juga bisa belajar dari kegagalan, dengan tidak melakukan kesalahan yang sama untuk kedua kalinya. Entah nantinya kamu memilih bekerja atau mempunyai usaha sendiri, orang-orang yang pernah gagal, akan lebih mampu menghadapi ketidakpastian di masa depan.

5 Kurangi Membuang Waktu untuk Hal yang Tidak Perlu

Media sosial merupakan sarana komunikasi yang efisien, tapi di media sosial kamu juga bisa KEPO dengan kehidupan orang lain. Nah, kamu lebih banyak menggunakan media sosial untuk yang mana? Kids zaman now tentunya sangat dekat dengan kemajuan teknologi. Bahkan dari lahir sudah mengerti penggunaan gadget.

Termasuk generasi ’90-an ini, kamu dapat dibilang cukup mahir menggunakan teknologi yang ada sekarang. Menggunakan media sosial boleh saja, tapi ingat ya, kalau keterusan tau-tau kamu sudah lupa waktu, dan membuang berjam-jam hanya untuk melihat foto-foto Instagram orang lain. Pakailah teknologi untuk mengembangkan diri dan potensimu!

6 Jangan Berhenti Belajar

Belajar adalah perubahan yang relatif permanen dalam perilaku atau potensi perilaku sebagai hasil dari pengalaman atau latihan yang diperkuat. Seseorang telah dianggap belajar sesuatu jika ia dapat menunjukkan perubahan perilaku.

Dari belajar, seseorang seharusnya mampu menunjukkan peningkatan kualitas dirinya, seperti peningkatan kecakapan, pengetahuan, sikap, kebiasaan, keterampilan, daya pikir dan lainnya. Orang yang mau belajar akan membuka banyak peluang bagi pekerjaan atau usaha setelah lulus kuliah. Kemauan belajar juga dapat menunjukkan kemampuan untuk beradaptasi dengan lingkungan yang baru. Pasti kamu akan dilirik perusahaan-perusahaan ternama, nih!

7 Jaga Kebugaran Tubuh

Lho, apa ya hubungannya kesehatan dengan kesuksesan? Jangan lupa bahwa kesehatan penting banget untuk diperhatikan. Tidak ada gunanya jika kamu sukses tapi tidak bisa menikmati hasil kerja kerasnya karena sakit.

Mulai sekarang jaga kesehatanmu, dengan:

  1. Rajin bangun pagi.
  2. Berolahraga secara teratur, tidak perlu melakukan olahraga yang terlalu berat tetapi hanya sesekali saja.
  3. Mengonsumsi makanan sehat, bukan makanan yang enak dilidah saja. Makanan sehat adalah makanan yang mengandung gizi yang diperlukan tubuh kita.
  4. Mempunyai waktu tidur yang cukup.

Hidup sehat itu perlu, supaya kamu bisa bekerja dengan baik. Dan jika Tuhan mengijinkan, kamu bisa juga menikmati kesuksesanmu lebih panjang.

8 Belajar Cari Duit Sejak Kuliah, Kenapa Tidak?

Apakah cari duit harus dilakukan selepas wisuda saja? Di film-film Barat dan Asia, seperti Jepang dan Korea, biasanya ada tokoh-tokoh yang bekerja sambil kuliah. Pekerjaan sambilan yang dilakukan biasanya pekerjaan yang sederhana, seperti menjadi pramuniaga toko, mencuci piring, mengepel lantai.

Pekerjaan tersebut nampaknya dianggap rendahan bagi sebagian orang di Indonesia. Padahal orang yang mau mulai bekerja dari hal yang sederhana, dan giat melakukannya, akan diberikan tanggung jawab yang lebih besar juga.

Tapi sekarang di mana semua serba online, kamu bisa belajar mencari uang dari internet. Contohnya dengan membuka toko online, menawarkan jasa design, menulis artikel, dan banyak lagi pekerjaan yang bisa dilakukan dari rumah, dengan modal internet.

Jangan malu untuk memulai dari bawah, walaupun kamu seorang mahasiswa. Saat belajar cari duit, yang kamu perlukan adalah pengalamannya, bukan uangnya. Bangun Kepercayaan Diri untuk Sukses Cari Duit di Masa Depan Jalanmu menuju kesuksesan mungkin akan berliku-liku.

Tapi untuk bisa menaklukan segala rintangan, kamu harus percaya diri dan menghilangkan rasa takut di dalam diri. Jangan ragu untuk mulai melakukan tips-tips di atas dari sekarang.

Selamat mencoba!

Cari Artikel Lainnya