999 +
0
241
0
Ingin Sukses di Usia Muda? Yuk, Mulai Ikuti 7 Kebiasaan ini!
3 months 'ago'

Sukses di usia muda pasti menjadi keinginan semua orang. Tidak perlu tunggu usia senja, tapi di usia 20 atau 30 tahun sudah sukses, mencapai cita-cita, memiliki keuangan yang baik, serta tergolong mapan. Sukses di usia muda itu selain membanggakan orang tua, juga dapat menjadi inspirasi bagi banyak orang nih, membuat lebih banyak lagi yang mau bermimpi dan menata masa depannya. Masalahnya, kesuksesan itu tidak datang begitu saja tanpa kita berusaha.

Kita seringkali hanya melihat saat seseorang sudah menjadi sukses di usia muda, tanpa melihat bagaimana kebiasaan dan apa saja yang sudah dikerjakannya sebelumnya. Untuk sukses di usia muda, ada lho kebiasaan-kebiasaan yang harus mulai kamu bangun sedini mungkin, apa saja itu?

Susun jadwal mingguanmu

sukses di usia muda

Salah satu kunci untuk sukses di usia muda adalah menyusun jadwal prioritas dan to do list kamu sepanjang minggu. Buat perencanaan selama seminggu, misalnya saja dengan membuat list apa saja yang harus dilakukan dalam satu hari, ketika kamu baru sampai di kantor. Atur waktu dan tugasmu sebaik mungkin, agar kamu bisa menjalani hari dengan maksimal, tanpa ada waktu yang terbuang sia-sia.

Selain itu, manfaatkan waktu akhir pekanmu dengan sebaik mungkin untuk beristirahat, dan menyegarkan pikiranmu agar kembali segar. Misalnya saja dengan kumpul bersama keluarga dan teman-teman, atau berolahraga dan bersantai, bahkan traveling dan naik gunung. Cobalah untuk rileks dan menyerap ide, tanpa memaksa dirimu sendiri. Dengan begini, sukses di usia muda bukan cuma angan-angan.

Buat perencanaan masa depan

sukses di usia muda

Kebiasaan kedua yang bisa kamu ikuti untuk sukses di usia muda adalah dengan merefleksi dirimu sendiri. Tanyakan pertanyaan seperti, “Jika saya terus melakukan apa yang saya kerjakan ini, masa depan seperti apa yang akan saya dapatkan?” Jika ternyata jawabanmu tidak memuaskan bagi dirimu sendiri, sudah saatnya berbenah dan menata kembali yang kamu lakukan sehari-hari.

Sukses di usia muda bisa dicapai jika kamu tahu tujuan dan rencana hidupmu ke depan, serta berkomitmen dan mengabaikan hal-hal yang tidak berkaitan. Misalnya saja, buat tiga tujuan spesifik setiap minggu dan setiap bulannya, dan terus jalani hari-harimu dengan mengacu pada ketiganya.

Sukses di usia muda? Teruslah bertanya!

Sukses di usia muda

Banyak dijumpai, orang-orang yang sukses di usia muda “senang bertanya”, dan tidak cepat puas dengan jawaban yang diperolehnya. Mereka akan terus bertanya mengapa suatu hal terjadi, bagaimana kejadiannya, dan apa dampak kejadian tersebut.

Jawaban singkat atau sekadar basa-basi tidak akan membuat mereka yang sukses di usia muda puas. Jadi, jangan padamkan rasa penasaran dalam dirimu, terlebih terkait pekerjaan dan kariermu. Karena dengan begitu, kamu bisa belajar banyak, dan lebih tahu apa yang harus kamu kerjakan untuk mencapai sukses di usia muda.

Jadilah fleksibel

sukses di usia muda

Sukses di usia muda juga berarti kamu harus punya kebiasaan yang fleksibel, terbuka terhadap hal-hal baru, sekalipun itu agak bertentangan dengan cara kerja yang sudah kamu ketahui sebelumnya. Berani mengambil risiko, tidak berhenti belajar, dan mampu mengidentifikasi kesempatan pun juga ada dalam daftar kebiasaan orang yang sukses di usia muda. Terlalu strict dan “bermain aman” bisa jadi justru tidak akan membawamu ke mana pun. Tidak ada cara baru yang dilakukan, maka jangan harapkan ada hasil yang berbeda pula.

Kalau kamu mau sukses di usia muda, tentunya kebiasaan yang kamu lakukan juga harus berbeda dari kebanyakan orang seusiamu. Tapi jangan lupa juga untuk miliki prinsip, jadi fleksibelnya kamu tetap punya satu acuan tertentu dalam menyusun sukses di usia muda versimu.

Menginspirasi orang lain

sukses di usia muda

Menjadi inspirasi bagi orang lain memang terlalu general ya, karena tidak ada sesuatu yang pasti mengapa orang lain bisa terinspirasi dari kita. Tapi, ada beberapa kebiasaan yang bisa kita lakukan nih agar menginspirasi orang lain. Dengan konsisten, berkomitmen, dan bekerja sebaik mungkin, misalnya.

Kalau kamu mau sukses di usia muda, terus lakukan tugas dan tanggung jawabmu, atau apa pun yang sedang kamu bangun untuk masa depanmu, dengan konsisten dan penuh komitmen. Apa pun yang dilakukan setengah-setengah tentunya tidak akan menghasilkan apa pun. Selain itu, salah satu kebiasaan sukses di usia muda yang bisa menginspirasi orang lain, adalah ketika kamu bisa memotivasi dirimu sendiri untuk terus maju serta menjadi percaya diri tapi tanpa kesombongan. Itulah kebiasaan yang bisa dibangun untuk sukses di usia muda dengan menginspirasi orang lain.

Miliki kecerdasan emosional

sukses di usia muda

Kecerdasan emosional merupakan sesuatu yang sangat penting untuk dibentuk dan dibangun, untuk mencapai sukses di usia muda. Kecerdasan emosional ini ada banyak bentuk dan contoh nyatanya yang bisa kita bangun. Misalnya, kemampuan berkomunikasi, menyerap pembelajaran dengan cepat, optimis, bersemangat, dan tidak mudah stres.

Perlu diingat lho, kamu masih muda. Sudah seharusnya punya lebih banyak energi dan semangat positif yang bisa dibagikan kepada orang banyak, termasuk rekan-rekan di sekelilingmu. Dengan kecerdasan emosional yang baik dan terlatih, sukses di usia muda bukan sekadar impian belaka.

Bangun koneksi yang baik

sukses di usia muda

Membangun dan memiliki koneksi yang baik juga menjadi salah satu jalan menuju sukses di usia muda. Koneksi bisa dibangun dari cara apa pun, misalnya saja dengan mengikuti komunitas atau perkumpulan tertentu yang positif, dan sesuai dengan minat dan bakatmu. Atau, mulailah dari membangun koneksi yang baik dengan rekan-rekan satu tempat kerjamu.

Disadari atau pun tidak, koneksi ini yang akan membantumu meniti jalan menuju sukses di usia muda. Kamu akan lebih mudah untuk belajar, maupun meminta bantuan, dan mendelegasikan tugas-tugas tertentu. Kamu bisa mengenal setiap orang, dan tahu siapa yang bisa menjadi orang kepercayaanmu. Meskipun begitu, kamu harus tetap tahu kapan harus mendengarkan diri sendiri dan kapan mendengarkan orang lain.

Kamu bukan satu-satunya yang ingin sukses di usia muda, dan mengejar semua mimpi dan apa pun yang kamu inginkan. Karena itu, membangun “jalan” menuju sukses di usia muda itu harus dikerjakan sedini mungkin, agar hasilnya pun bisa kamu panen sedini mungkin pula ya. Pastikan kamu punya mimpi yang jelas, dan bangun perencanaan untuk mencapainya, yang kamu terapkan sehari-hari. Jangan pernah menyerah untuk mencoba, karena kegagalan-kegagalan yang ada bisa menjadi batu pijakanmu, menuju sukses di usia muda seperti yang kamu impikan ya!

Follow Us On :
Lencana
Kongkow