0
432
0
Guru Hebat Itu Seperti Apa? Lihat 5 Indikator Berikut
4 months 'ago'

Kali ini penulis akan membagikan artikel mengenai indikator guru hebat. Anda 5 Indikator diantaranya kulitas diri, integritas moral, kedalaman ilmu, keterampilan, dan komitmen.

Guru mengajar di kelas

Guru merupakan seseorang dengan kualifikasi khusus yang berkerja untuk mentransfer ilmu kepada peserta didik agar nantinya menjadi dewasa. Ketika melihat Kriteria hebat atau tidak seorang guru, dapat dilihat dari beberapa indikator-indikator tertentu. Berdasarkan pendapat Agustina Soebachman (2014: 79), indikator guru yang hebat yaitu:

Kualitas diri

Kualitas diri

Seorang guru yang hebat tentu wajib untuk memiliki kualitas diri yang baik pula. Kualitas diri yang dimaksud antara lain tertanam sikap disiplin yang tinggi, Selanjutnya memiliki etos kerja yang baik, memiliki jiwa kepemimpinan yang baik, serta bersikap bijaksana. Apabila beberapa hal tersebut terpenuhi maka dapat dikatakan bahwa seseorang guru memiliki kualitas diri.

Integritas moral

Integritas moral

Integritas moral wajib dimiliki oleh seorang guru, bagaimana ia bertingkah laku, tentunya harus menjadi sebuah panutan. Namun apabila kita bersama melihat di tayangan berita saat ini, tidak sedikit pula kasus yang tidak bermoral yang dilakukan oleh guru kepada peserta didik seperti pencabulan dan kasus lainnya. Hal tersebut tentunya menjadi sebuah refleksi bagi seorang guru agar selalu menjunjung tinggi integritas moralnya.

Kedalaman ilmu

Kedalaman ilmu

Nampak akan lucu apabila terdapat seorang guru yang mengajar di suatu sekolah namun tidak memiliki ilmu. Apabila terdapat kasus tersebut, maka apa yang mau ditransfer kepada peserta didik. Padahal tugas guru adalah menyampaikan pengetahuan kepada peserta didik agar menjadi seseorang yang berilmu dan dewasa. Maka sudah barang wajib bahwa seseorang guru perlu memiliki kedalaman ilmu sesuai bidang ilmu yang didalami.

Keterampilan

Keterampilan

Keterampilan merupakan hal yang sangat luas. Keterampilan merupakan kemampuan seseorang dalam menguasai hal tertentu. Maka dapat dikatakan seseorang terampil apabila telah menguasai hal tertentu. Dalam arti yang sempit keterampilan tidak hanya tentang menghasilkan suatu barang seperti contoh keterampilan menjahit, keterampilan batako, dan keterampilan membuat barang lainnya. Namun dalam arti yang luas, berhitung, menulis, juga merupakan suatu keterampilan. Bagi seorang guru cara menyampaikan materi, cara berkomunikasi, merupakan keterampilan. Guru yang hebat tentunya memiliki keterampilan tersebut agar peserta didik dapat memahami pengetahuan atau ilmu yang disampaikan.

Komitmen

Komitmen

Modal awal dalam profesi guru merupakan adanya sebuah komitmen. Guru hendaknya selalu memegang prinsi bahwa menjadi seorang guru merupakan panggilan jiwa untuk mengabdikan seluruh hidupnya untuk kemajuan suatu bangsa. Karena nasib suatu bangsa dapat dilihat dari kualitas anak mudanya.

Demikian artikel mengenai 5 indikator guru hebat. Tidaklah mudah untuk menjadi guru hebat, tentu perlu perjuangan untuk mencapainya.

Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan bagi anda. Terima Kasih.

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow