999 +
0
171
0
Mahasiswa Baru, Lakukan 8 Hal Ini Sebelum Masuk Kuliah
5 months 'ago'

Wah, tak terasa ya, sekarang sudah masuk masa-masa penerimaan mahasiswa baru. Waktu memang berlalu dengan cepat.

Selamat buat kalian yang berhasil masuk perguruan tinggi yang diimpikan. Buat kalian yang gagal, jangan putus asa karena masih ada kesempatan lain untuk mencoba. Tetap semangat dan pantang menyerah.

Setelah kalian lolos seleksi perguruan tinggi, biasanya ada beberapa hari libur sebelum masuk kuliah. Nah, pada tulisan kali ini, saya akan membagikan beberapa tips untuk memanfaatkan hari libur ini. Apa saja sih hal-hal produktif yang bisa kalian lakukan sebelum masuk kuliah?

Yuk, langsung saja simak di bawah ini.

Selesaikan Administrasi Pendaftaran

Hal yang pertama dan terpenting adalah melengkapi persyaratan administrasi dari kampus kalian. Misalnya, pendaftaran ulang, pengumpulan berkas, dan tes kesehatan.

Jika administrasi pendaftaran tidak lengkap, bisa jadi kalian tidak bisa kuliah tepat waktu lho. Selain itu, kalian bakalan repot jika harus bolak-balik berurusan dengan administrasi pendaftaran ketika sudah masuk kuliah.

So, jangan menunda-nunda dan jangan sampai ketinggalan ya.

Cari Tempat Tinggal Sekitar Kampus

Bagi kalian yang merantau untuk kuliah atau rumahnya sangat jauh, manfaatkanlah waktu libur kalian untuk mencari tempat tinggal di sekitar kampus.

Kalian bisa cari kos-kosan atau jika memungkinkan, kalian bisa tinggal di rumah saudara atau teman dekat. Usahakan untuk mencarinya sebelum masuk kuliah ya supaya kalian tidak kewalahan setelah masuk kuliah.

Mengikuti acara perkenalan kampus

Acara perkenalan kampus atau orientasi

Mahasiswa baru tentunya masih asing dengan yang namanya kuliah. Oleh karena itu, kalian perlu mengikuti acara perkenalan kampus atau biasanya disebut dengan orientasi.

Di acara tersebut, kalian akan mengenal lebih jauh tentang kampus kalian. Misalnya, topik-topik yang dipelajari di jurusan, peraturan kampus, lokasi tata usaha, lokasi tempat mengurus administrasi, dan lain-lain.

Berkenalan dengan teman seangkatan dan senior

Sebelum masuk kuliah, penting bagi kalian untuk menjalin komunikasi dengan teman seangkatan. Selain membangun jaringan pertemanan, kalian juga bisa saling bertukar informasi jika ada pengumuman dari pihak kampus atau senior. Itulah kenapa kalian harus ikut orientasi kampus supaya dapat berkenalan dengan teman seangkatan.

Bukan hanya teman seangkatan, kalian juga perlu berkenalan dengan senior. Senior, sebagai mahasiswa yang sudah lama di kampus, akan membantu kalian dalam menjalani perkuliahan dari awal. Jangan takut ya sama senior. Tanpa senior, kalian akan susah beradaptasi di kampus.

Eksplorasi Kampus

Ketika ada waktu luang sebelum masuk kuliah, cobalah untuk menelusuri setiap sisi dari kampus kalian.

Jangan hanya tahu fakultas/jurusan kalian saja. Kalian juga perlu tahu dimana fakultas A, fakultas B, perpustakaan, koperasi, kantin, biro rektor, tempat fotokopi terdekat, spot wifian (yang paling ditunggu-tunggu), dan fasilitas-fasilitas kampus lainnya.

Jadi, jangan malas untuk jalan-jalan di kampus kalian ya sekalian refreshing. Malu dong jika kalian tidak tahu tentang kampus kalian saat ditanya oleh orang lain.

Persiapkan Perlengkapan Kuliah

Nah, ini juga jangan lupa ya. Persiapkan seluruh perlengkapan yang diperlukan untuk kuliah. Misalnya, alat-alat tulis, tas, sepatu, laptop, dll. Perlengkapan kuliah bisa berbeda-beda tergantung jurusan yang kalian ambil.

Belajar

Mahasiswa baru belajar

Lho, untuk apa belajar? Kan belum masuk kuliah. Nah, hari libur bukan berarti kalian tidak perlu belajar.

Sebelum masuk kuliah, kalian harus tahu gambaran umum jurusan kalian, terutama apa-apa yang akan dipelajari nantinya. Untuk itu, kalian bisa meminta kurikulum jurusan dari pihak kampus atau senior. Alasannya adalah supaya kalian tidak bingung sama sekali saat memulai perkuliahan nanti.

Cari Info Tentang Dunia Perkuliahan

Terakhir, luangkanlah waktu kalian untuk mencari informasi seputar perkuliahan.

Alangkah baiknya jika kalian meluangkan waktu untuk membaca tips, fakta, inspirasi, dan motivasi tentang dunia perkuliahan. Kalian akan tahu lebih dalam bagaimana kehidupan saat menjadi seorang mahasiswa.

Itulah 6 poin yang harus kalian, sebagai mahasiswa baru, lakukan sebelum masuk kuliah.

Menjadi mahasiswa baru adalah suatu pengalaman baru. Meskipun terdapat beberapa hari libur sebelum masuk kuliah, kalian harus memanfaatkan waktu untuk mempersiapkan diri dan mencari tahu lebih jauh tentang kehidupan kampus. Dengan begitu, kuliah kalian akan berjalan dengan lancar.

Follow Us On :
Lencana
Kongkow