999 +
0
300
0
Tips Meningkatkan Motivasi dari Diri Sendiri
5 months 'ago'

Percaya diri adalah seberapa besar Anda yakin akan kemampuan diri sendiri, yakin dengan kelebihan yang dimiliki, dan tidak mempermasalahkan kekurangan yang melekat pada diri. Persepsi Anda mengenai diri sendiri memiliki dampak yang sangat besar terhadap cara orang lain memandang Anda. Semakin besar tingkat kepercayaan diri Anda, maka peluang Anda untuk sukses pun semakin besar.Memang, banyak sekali faktor yang mempengaruhi rasa percaya diri, termasuk hal-hal di luar diri Anda.

Adakalanya Anda sangat ingin meningkatkan prestasi dan pencapaian yang Anda peroleh, namun Anda tidak memiliki motivasi yang cukup. Motivasi adalah modal besar dalam sebuah upaya mencapai suatu tujuan. Motivasi dapat berasal dari mana saja dan dari siapa saja. Motivasi juga bisa berasal dari diri Anda sendiri. Jika ingin meningkatkan motivasi diri, beberapa saran berikut mungkin dapat menginspirasi Anda.

1. Miliki Alasan yang Kuat
Kumpulkan jawaban atas pertanyaan mengapa anda ingin meningkatkan prestasi? Apa yang akan terjadi jika harapan itu tidak tercapai? Motivasi adalah jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut.

2. Rencanakan dengan Tahapan
Perjalanan mengelilingi dunia di mulai dengan satu langkah pertama. Pekerjaan besar akan terasa ringan jika anda membaginya menjadi pekerjaan-pekerjaan kecil. Buat tahapan-tahapan kegiatan yang membantu anda mengevaluasi setiap kemajuan yang anda capai.

3. Cari Inspirasi
Usahakan untuk menambah wawasan dan pengetahuan dari buku, tabloid, internet, seminar, forum diskusi, dan lain sebagainya. Ada banyak kisah yang tersedia yang dapat menginspirasi anda untuk berbuat lebih.

4. Yakini bahwa Setiap Orang Memiliki Kesempatan untuk Sukses
Sukses adalah buah dari ketekunan dan kerja keras. Jika anda merasa tidak bisa berbuat lebih, anda tidak akan pernah mencoba untuk berbuat lebih. Beberapa orang bisa sukses jadi pengusaha dari modal dengkul.

5. Fokus pada Tujuan
Ciptakan kondisi yang mendukung anda untuk fokus pada tujuan. Sekali anda mencoba menghindar dari masalah, anda cenderung mencari cara untuk menghindar. Keberhasilan membutuhkan kerja keras dan konsistensi.

6. Jadikan Pengalaman sebagai Guru Terbaik
Ada banyak teori di luar sana yang dapat anda coba. Pada akhirnya anda akan mendapatkan banyak pelajaran berharga dari pengalaman menghadapi tantangan. Intinya, sehebat apapun guru anda, tidak akan memberikan manfaat jika anda tidak praktek.

7. Yakini bahwa Hanya Anda yang Bisa Mengubah hidup Anda
Jangan mengandalkan orang lain untuk mencapai keinginan anda. Pahami bahwa hasil luar biasa dapat diperoleh dengan usaha luar biasa pula.

Pentingnya motivasi diri bisa dipahami dengan sangat sederhana. Bukankah untuk sukses kita harus bertindak? Ya tentu saja. Tindakan akan ada jika kita memiliki alasan, pendorong, atau penarik yang cukup. Inilah yang disebut motivasi. Intinya, dengan motivasi diri yang cukup, Anda akan bertindak.

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow