999 +
0
607
0
Future Perfect Continuous Tense: Pengertian, Rumus, dan Contoh Kalimat
4 months 'ago'

Ada kalanya, sobat idschool ingin mengungkapkan kejadian yang akan berlangsung pada waktu tertentu di masa depan. Solusinya adalah menggunakan aturan penulisan pada simple future tense. Bagaimana jika pernyataan yang akan diungkapkan bukan hanya kejadian di masa depan. Katakanlah kejadian yang akan sedang telah terjadi di masa mendatang. Solusinya adalah menggunakan pola future perfect continuous tense.

Dapat dianalogikan bahwa penggunaan future perfect continuous tense merupakan gabungan dari pola continuous tense dan pola future perfect tense. Di mana bentuk polanya digunakan untuk menyatakan peristiwa yang akan telah terjadi di masa mendatang. Pada bentuk future perfect continuous tense, peristiwa tersebut berupa kejadian yang masih berlangsung tapi belum terselesaikan di waktu mendatang.

Contoh kalimat future perfect continuous tense

Future Perfect Continuous Tense dikenal juga dengan sebutan Present Future Perfect Continuous atau juga Future Perfect Progressive. Karakteristik kata kerja bentuk future perfect continuous tense disusun atas will have been dan kata kerja utama present participle, Ving.

Demikianlah sedikit pengantar tentang pola future perfect continuous tense. Melalui halaman ini, idschool akan mengulas pengertian future continuous tense, rumus future continuous tense, dan contoh kalimat future continuous tense. Simak ulasannya pada uraian-uraian di bawah.

Pengertian Future Perfect Continuous Tense

Future perfect continuous tense adalah suatu bentuk susunan kalimat dengan kata kerja yang digunakan untuk mengungkapkan kejadian yang akan sudah berlangsung selama sekian lama pada titik waktu tertentu di masa depan. Krakteristiknya berupa kata kerja yang disusun dari empat komponen, yaitu will, have, been, dan present participle (v-ing).

Dapat dikatakan pula bahwa future perfect continuous tense merupakan pola kalimat dengan kata kerja yang mendeskripsikan kejadian yang akan berlanjut sampai masa mendatang.

Pengertian future perfect continuous tense

Rentang waktu pada future perfect continuous tense berawal dari satu waktu yang akan terus berlangsung sampai waktu yang akan datang. Dengan kata lain, tense ini menekankan durasi dari kegiatan yang sudah dilakukan, tetapi masih terjadi di masa mendatang.

Untuk apapun subjeknya, future perfect continuous tense memiliki kata kerja yang disusun dengan auxiliary verb will, have, dan been kemudian diikuti present participle (v-ing).

Bagaimana cara merangkai kalimat dengan pola future perfect continuous tense? Caranya dapat disimak melalui ulasan materi rumus future perfect continous tense berikut ini.

Rumus Future Perfect Continuous Tense

Ada sedikit persamaan antara present continuous tense dan present perfect continuous tense. Persamaan tersebut adalah sama-sama menyatakan kejadian yang sedang berlangsung. Sehingga, untuk menyatakannya melibatkan present participle (v-ing) dalam susunan kalimatnya. Past participletersebut sebelumnya didahului oleh will have been.

Meskipun sama-sama menyatakan kejadian yang sedang berlangsung. Ada perbedaan dalam penggunaanya. Perbedaannya dapat dilihat pada keterangan waktu yang diberikan. Pada pola present continuous tense, kalimat digunakan untuk menyatakan kejadian yang saat itu juga sedang terjadi. Sedangkan pada future perfect continuous tense kejadiannya terjadi di masa depan.

Berikut ini adalah rumus future perfect continuous tense yang dapat digunakan sebagai pedoman dalam merangkai kalimat. Meliputi pola untuk kalimat positif, negatif, dan tanya.

Rumus future perfect continuous tense

Future perfect continuous tense memiliki beberapa ungkapan waktu atau adverb of time yang umum digunakan. Keterangan waktu future perfect continuous tense meliputi:

  1. By tomorrow (pada esok hari)
  2. By 8 o’clock (pada pukul 8 tepat)
  3. This year (tahun ini)
  4. This month (bulan ini)
  5. This week (minggu ini)
  6. Next year (tahun depan)
  7. Next month (bulan depan)
  8. Next week (minggu depan)
  9. By the end of … (pada akhir …)
  10. For … next … (selama … depan …)
  11. By … for … (pada … selama …)
  12. At this time tomorrow (pada saat ini besok)

Selalnjutnya adalah contoh kalimat future perfect continuous tense.

Contoh Kalimat Future Perfect Continuous Tense

Berikut ini adalah contoh kalimat future perfect tense dengan berbagai tujuan penggunaan kalimat.

  1. Menyatakan kejadian yang akan telah sedang terjadi di masa mendatang.

    Contoh Kalimat:

    • My brother will have been living in Japan by the end of next month. (Kakak saya akan telah sedang tinggal di Jepang pada akhir bulan depan.)
    • My uncle will have been visiting my family tomorrow morning (Paman saya akan telah sedang mengunjungi keluarga saya besok pagi.)
  2. Menyatakan durasi aksi yang panjang (signal waktu: for + duration (a month, a year, a week))

    Contoh kalimat:

    • By the next year, my sister will have been working as a dentist for 10 years. (Pada tahun depan, kakak saya akan sudah bekerja sebagai dokter gigi selama 10 tahun.)
    • Chandra will have been waiting for thirty minutes when the plane is ready to board. (Chandra akan telah sedang menunggu selama tiga puluh menit ketika pesawat siap terbang.)
    • In September, I will have been working at this company for two years. (Pada bulan September, saya sudah akan sedang bekerja di perusahaan ini selama dua tahun.)
  3. Menyatakan kejadian di masa depan yang terjadi ketika kejadian future perfect continuous tense telah terjadi beberapa lama (signal waktu: by the end of … (next month, next week, next year), when + clause (you arrive), before + clause/noun (midnight, he comes).

    Contoh kalimat:

    • When I turn twenty, I will have been playing guitar for five years. (Ketika saya berumur dua puluh, saya akan telah sedang bermain gitar selama lima tahun.)
    • Sony will have been preparing the presentation before the client comes. (Sony akan telah sedang mempersiapkan presentasi sebelum klien datang.

 

Sebagai tambahan karena cukup penting untuk diingat, pada bentuk future perfect continuous tense, juga bentuk continuous lainnya terdapat beberapa pengecualian. Pertimbangkan, kata kerja yang digunakan, apakah memiliki bentuk continous yaitu dynamic verb. Ataukah memiliki bentuk stative verb.

Ingat bahwa stative verb tidak memiliki bentuk continuous. Contoh kata kerja yang termasuk stative verb adalah to seem, to know , dan lain sebagainya.

Lalu bagaimana susunan kalimat untuk kata kerja stative verb pada pola future perfect continuous tense? Kata kerja yang digunakan adalah future perfect tense. Di mana kata kerjanya berupa will haveyang diikuti past participle (verb 3).

Contoh salah: On the next week, I will have been knowing you for a month.

Contoh benar: On the next week, I will have known you for a month.

Maksud dari kalimat di atas adalah: Pada minggu depan, aku akan telah mengenalmu selama satu bulan. Demikianlah ulasan tentang future perfect continuous tense. Meliputi pengertian, rumus, dan contoh soal future perfect tense. Terimakasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat.

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow