999 +
0
213
0
Future Perfect Tense: Pengertian, Rumus, dan Contoh Soal
4 months 'ago'

Future perfect tense adalah aturan penulisan kalimat yang digunakan untuk menyatakan suatu peristiwa yang akan sudah selesai pada waktu tertentu di masa mendatang. Waktu tertentu tersebut dapat juga berupa sebelum perbuatan lain terjadi di masa mendatang. Karakteristik dari future perfect tense adalah bentuk kata kerja yang disusun oleh will, have, dan past participle (Verb 3).

Misalnya, seseorang sedang mengerjakan suatu proyek. Saat ini, dia belum selesai mengerjakan pekerjaannya. Namun, dia memastikan bahwa besok pekerjaannya sudah selesai. Singkatnya, pekerja tersebut akan mengatakan pekerjaan saya sudah akan selesai besok pagi.

Contoh kalimat future perfect tense

Bagaimana cara menyatakan kalimat ini dalam Bahasa Inggris? Kalimat tersebut dapat dinyatakan dengan susunan pola kalimat mengikuti rumus future perfect tense. Penggunaan pola tense ini, melihat kejadian yang akan diselesaikan pada beberapa waktu ke depan.

Melalui halaman ini, sobat idschool akan mempelajari lebih jauh tentang future perfect tense. Meliputi pengertian future perfect tense, rumus future perfect tense, dan contoh kalimat future perfect tense. Simak ulasannya pada uraian di bawah.

Pengertian Future Perfect Tense

Pada bagian awal telah disinggung sedikit tentang future perfect tense sebagai pengantar. Di sini, akan diuraikan lebih lanjut lagi.

Future perfect tense adalah aturan penyusunan kalimat dalam Bahasa Inggris yang digunakan untuk menyatakan peristiwa atau perbuatan yang akan telah terjadi atau akan telah selesai dilakukan di waktu tertentu di masa yang akan datang. Karaktarestik dari pola future perfect tense adalah kata kerja yang disusun oleh will have dan past participle (verb 3).

Semua subjek akan menggunakan will have tanpa terkecuali, baik singular atau plural. Sedangkan untuk past participle (verb 3) yang digunakan dapat berupa regular verb atau irregular verb.

Pengertian future perfect tense

Sobat idschool mugkin perlu hati-hati dalam menggunakan future perfect tense dan simple future tense. Karena bisa saja arti yang diberikan dari kedua pola tense tersebut memiliki arti yang sama. Perhatikan dua kalimat yang memiliki arti sama berikut ini.

Simple future tense dan future perfect tense

Bagaimana cara membedakan penggunaan kedua pola tersebut? Perbedaan penggunaan antara kedua pola ini dapat dilihat melalui adanya informasi tenggat waktu atau tidak.

Jika tidak disebutkan informasi tenggat waktu maka pola yang digunakan adalah simple future tense. Sedangkan untuk kondisi yang terdapat informasi tenggat waktu maka pola yang digunakan adalah future perfect tense.

Cara menyusun kalimat dengan pola future perfect akan disampaikan melalui rumus future perfect tense berikut ini.

Rumus Future Perfect Tense

Biasanya, subjek menentukan bentuk kata kerja berikutnya dalam sebuah susunan kalimat. Namun, dalam pola future perfect tense tidak ada perbedaan penggunaan subjek dengan kata kerja will have. Semua subjek menggunakan kata kerja tersebut yang diikut past participle (verb 3), dapat berupa regular verb atau irregular verb.

Bagaimana cara menyusun kalimat dengan pola future perfect? Sobat idschool dapat menggunakan rumus future perfect tense seperti yang diberikan di bawah.

Rumus future perfect tense

Informasi tenggat waktu sangat diperlukan untuk membedakan penggunaan pola simple future tense atau future perfect tense. Berikut ini adalah beberapa keterangan waktu yang biasa digunakan untuk menyusun kalimat dengan pola future perfect.

Keterangan waktu future perfect tense:

  1. before … (sebelum …)
  2. next month (bulan depan)
  3. for (selama)
  4. by tomorrow (pada besok pagi)
  5. by next day (pada hari besok)
  6. by next week (pada minggu besok)
  7. by next month (pada bulan besok)
  8. by the next year (pada tahun depan)
  9. by the end of this month (pada akhir bulan ini)
  10. by the end of this day (pada akhir hari ini)
  11. by the end of this year (pada akhir tahun ini)
  12. by the time (ketika)
  13. dan lain sebagainya

Selanjutnya akan diberikan contoh kalimat future perfect tense untuk menambah pemahaman sobat idschool dalam menggunakan pola kalimat ini.

Contoh Future Perfect Tense

Berikut ini adalah contoh kalimat future perfect tense untuk beberapa tujuan penggunaan.

  1. Menunjukkan bahwa suatu aksi akan telah selesai pada suatu waktu di masa depan.

    Contoh kalimat:

    • At this time next week, I will have finished my english course. (Pada waktu ini di minggu depan, saya akan telah menyelesaikan kursus Bahasa Inggris.)
    • Randy will have finished her work at 5 p.m. (Randi akan sudah menyelesaikan pekerjaannya pada pukul 5 sore.)
    • The programmer will have repaired the bug tonight. (Programmer akan telah memperbaiki kesalahan malan ini.)
    • She will have left Jakarta by next week. (Dia akan sudah meninggalkan Jakarta pada minggu depan.)
       
  2. Menunjukkan bahwa suatu peristiwa akan telah selesai sebelum peristiwa lain terjadi.

    Contoh kalimat:

    • I will have eaten by the time you arrive. (Saya akan sudah makan ketika kamu datang.)
    • I will have gotten SIM by the time I finish this driver license test. (Saya akan telah mendapatkan SIM ketika saya sudah menyelesaikan tes mengemudi ini.)
    • Before he comes, the party will have been prepared. (Sebelum dia datang, pesta akan telah dipersiapkan.)

Demikianlah ulasan tentang future perfect tense. Meliputi pengertian, rumus, dan contoh soal future perfect tense. Terimakasih semoga bermanfaat.

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow