0
345
0
Kamu Merasa Lambat dalam Berpikir? Lakukan 10 Hal ini dan Rasakan Perbedaannya!
3 months 'ago'

Otak kita menerima ribuan tugas setiap hari. Dan bisa jadi makin selow seiring berjalannya waktu. Ngerasa nggak sih kalo kerja otak kita makin lambat?

Ternyata melambatnya otak nggak lepas dari kebutuhannya untuk mengisiulang tenaga. Otak kita juga perlu istirahat, asupan, latihan, bahkan kadang dimanjain dari waktu ke waktu.

Toh nggak perlu jadi Bill Gates untuk menyegarkan otak kembali. Yang perlu kita lakuin cuma menyisihkan waktu kok untuknya.

Apa aja yang bisa kita lakuin? Simak nih daftarnya!

1. Olahraga Rutin!

Ternyata, otak itu mirip otot. Sains sudah membuktikan kalo olahraga membantu meningkatkan kapasitas otak dan pertumbuhan sel otak. Artinya, setiap kali kita berolahraga, akan menciptakan sel otak baru. Jadi buat apa mager? Ayo bergerak!

2. Meditasi

Ada ungkapan begini. "To a mind that is still, the whole universe surrenders." Kurang lebih terjemahan bebasnya adalah “Ketika pikiran tenang, seluruh alam raya tunduk.”

Ternyata ini bukan ungkapan kosong kok. Sains sudah membuktikannya. Ketika kita menenangkan pikiran lewat meditasi selama 10-15 menit, dapat memperlancar proses berpikir, dan mengurangi tingkat stress. Buat yang muslim, bisa juga menenangkan pikiran dalam shalat tuh!

3. Kekuatan Musik

Para ilmuwan telah meyakini kalo mempelajari alat musik dan memainkannya dapat memperbesar ukuran di beberapa bagian otak seperti otak kecil (cerebellum) dan motor cortex di otak besar. Dan, kalopun hanya bisa dengerin musik, itu aja udah bisa mengaktifkan beberapa jaringan di otak. So, let's turn ON the music now.

4. Puzzle dan Video Games

Hasil riset dari University of Rochester menyebutkan video game bisa membantu anak-anak disleksia membaca lebih baik, sementara pasien stroke bisa pulih lebih cepat. Permainan puzzle juga bisa memperkuat ingatan. Tapi, jangan sampe seharian main game, yee!

5. Makan Sehat

Otak kita menyerap 20% dari seluruh nutrisi dan oksigen yang kita konsumsi. Jadi jangan lupa makan makanan yang bagus untuk otak. Asupan kayak buah-buahan segar, ikan segar, dan sayuran, minyak omega 3, kacang-kacangan, gandum, alpukat dan bluberi.

6. Baca Buku

Membaca mengurangi stres karena itu salah satu bentuk menghayal. Para ahli kejiwaan sudah membuktikan bahwa imajinasi sangat menyehatkan otak karena kita memaksa pikiran untuk menggambarkan apa yang ada di dalam kepala kita. Dan membaca adalah hal sederhana yang bisa memicu imajinasi kita.

7. Cukup Tidur

Tidur udah kayak detos untuk otak, karena di waktu tidur di waktu malam, tubuh meregenerasi sel tubuh dan membuang semua racun yang berkembang pada siang hari. Dan anggapan “rada skip nih, kalo kurang tidur” emang terbukti secara sains.

8. Buang kalkulator

Kadang ketergantungan kita sama teknologi bikin kita jarang melatih otak kita untuk mikir. Malah, saking udah nyaman ngitung di smartphone, kita sampai lupa hitungan-hitungan standard yang sebenarnya bisa kita lakuin dengan otak. Ayolah, kadang perlu tuh adu itungan matematika dasar sama adik kita yang duduk di kelas 3 SD.

9. Mengejar Matahari

Sinar matahari mengandung vitamin D yang penting buat kesehatan kita dan membuat otak berfungsi lebih baik. Sinar matahari bukan hanya memperlancar peredaran darah, tapi juga menghambat penuaan otak.

10. Minum Kopi

Kalo kamu peminum kopi, selamat. Kamu udah selangkah lebih maju. Kopi membantu kita berkonsentrasi ketika mengerjakan tugas yang melelahkan atau monoton, menjadi pemicu kecerdasan, termasuk kemampuan berdebat.

Follow Us On :
Lencana
KRYSNA
Good Badges
Kongkow