999 +
0
109
0
Future Continuous Tense: Pengertian, Rumus, dan Contoh Kalimat
3 months 'ago'

Kalimat dengan pola continuous menunjukkan bahwa kejadian tersebut sedang dilakukan. Dalam Bahasa Inggris, dikenal juga pola untuk menyatakan peristiwa atau kejadian yang akan sedang dilakukan di masa yang akan datang. Pola untuk menyusun kalimat tersebut adalah future continuous tense.

Penggunaan future continuous tense hampir sama dengan present continuous tense. Sama-sama pola kalimat untuk menyatakan kejadian yang sedang terjadi. Perbedaannya terletak pada waktu kejadian tersebut terjadi. Waktu kejadian pada present continuous tense adalah saat itu juga. Sedangkan pada future continuous tense, kejadian yang sedang berlangsung tersebut bukan di waktu sekarang, melainkan besok, nanti, atau waktu di masa akan datang lainnya.

Continuous Tense

Future continuous tense

Misalnya, seseorang ingin menyatakan bahwa jam 5 sore, dia sedang memancing. Jika waktu menyatakan kalimat adalah saat melakukan kegiatan maka pola yang digunakan adalah present continuous tense, yaitu I am fishing. Namun, jika kalimat tersebut dinyatakan sebelum waktunya, maka pola yang digunakan adalah future continuous tense, yaitu I will be fishing at 5 pm.

Melalui halaman ini, kita akan mempelajari materi tentang pengertian future continuous tense, rumus continuous tense, dan contoh kalimat future continuous tense. Pembahasan pertama yang akan disampaikan adalah pengertian future continuous tense. Simak ulasannya pada pembahasan di bawah.

Pengertian future continuous Tense

Pengertian future continuous tense pada umumnya adalah pola kalimat yang digunakan untuk menandakan bahwa waktu kejadian belum terjadi dan untuk menyatakan kejadian yang akan sedang terjadi di masa depan. Future continuous tense juga dikenal sebagai present future continuous atau future progressive tense.

Karakteristik kalimat yang disusun dengan future continuous tense adalah kata kerja yang tersusun atas modal will dan be yang diikuti V-ing.

Pengertian Future Continuous Tense

Future continuous tense adalah bentuk kata kerja yang digunakan untuk menyatakan aksi yang akan sedang terjadi pada waktu tertentu di masa depan. Dengan kata lain, future continuous tense juga dapat diartikan sebgai aturan penulisan yang digunakan untuk menunjukkan pekerjaan yang sedang terjadi pada masa yang akan datang.

Ketika kita menggunakan future continuous tense, pendengar atau lawan bicara kita biasanya mengetahui atau paham dengan waktu yang sedang kita bicarakan.

Terdapat beberapa keterangan waktu yang biasa digunakan dalam future continuous tense. Keterangan waktu tersebut adalah keterangan waktu yang menyatakan waktu yang akan datang dengan lebih spesifik. Beberapa keterangan waktu future continuous tense adalah sebagai berikut.

  1. Tomorrow (Besok)
  2. Tomorrow night (Besok malam)
  3. Next year (Tahun depan)
  4. Tonight (Nanti malam)
  5. At this time tomorrow (Pada waktu ini besok)
  6. At this time next year (Pada saat ini tahun depan)

Selanjutnya ulasan yang akan diberikan adalah cara merangkai kalimat dengan pola future continuous. Ulasannya akan diberikan pada rumus future continuous tense berikut ini.

Rumus Future Continuous Tense

Future continuous tense dibentuk dengan auxiliary verb will dan be yang diikuti oleh kata kerja present participle, V-ing. Berikut ini adalah rumus future continuous tense yang dapat digunakan sebagai pedoman untuk merangkai kalimat future continuous.

Rumus Future Continuous Tense

Seperti halnya bentuk continuous lainnya, pola future continuous tense juga hanya terjadi pada aksi berupa dynamic verb, karena umumnya hanya dynamic verb yang memiliki bentuk continuous. Sedangkan untuk bentuk stative verb tidak memiliki bentuk continuous.

Selain sebagai tujuan utama dari future continuous tense yaitu untuk menyatakan kejadian yang sedang dalam proses di waktu yang akan datang, future continuous juga dapat digunakan untuk berbagai tujuan dalam menyatakan kalimat. Berikut ini adalah beberapa tujuan penegguanaan future continuous tense.

Tujuan penggunaan future continuous tense:

  1. Memprediksikan kejadian yang akan sedang terjadi di masa akan datang
  2. Menebak persitiwa yang akan terjadi di masa yang akan datang
  3. Bentuk interogatif dari future continuous tense dapat digunakan untuk meminta informasi dengan sopan terkait kejadian yang akan sedang terjadi di masa akan datang.
  4. Merujuk pada kejadian berkelanjutan yang kita harapkan akan terjadi di masa depan
  5. Ketika dikombinasi dengan kata still, dapat merujuk pada kegiatan yang sedang terjadi sekarang dan diharapkan akan berlanjut sampai suatu waktu di masa depan.

Selanjutnya adalah contoh kalimat future continuous tense yang diberikan dalam berbagai tujuan penggunaan.

Contoh Kalimat Future Continuous Tense

Contoh kalimat dengan grammar future continuous tense diberikan melalui contoh kalimat-kalimat berikut.

  1. Memprediksikan kejadian yang akan sedang terjadi di masa akan datang

    Contoh kalimat:

    • I together with my family will be walking on the Beach this evening. (Saya bersama dengan keluarga saya akan berjalan-jalan di Pantai sore ini.)
    • Raisa will be singing in this stage after that band. (Raisa akan sedang menyanyi di panggung ini setelah band itu.)
    • He will be eating lunch at 1 p.m. (Dia akan sedang makan jam 1 siang.)
       
  2. Menebak persitiwa yang akan terjadi di masa yang akan datang

    Contoh kalimat:

    • I expect He will be coming to this meeting. (Saya harap dia akan datang ke pertemuan ini.)
    • I guess She will be feeling happy after doing her job well. (Saya kira dia akan bahagia setelah menyelesaikan pekerjaannya dengan baik.)
       
  3. Bentuk interogatif dari future continuous tense dapat digunakan untuk meminta informasi dengan sopan terkait kejadian yang akan sedang terjadi di masa akan datang.

    Contoh kalimat:

    • Will I be living in this home? (Apakah saya akan tinggal di rumah ini?)
    • Will you be coming with me? (Apakah Anda akan ikut dengan saya?)
    • Will she be going to the market tomorrow morning? (Apakah dia akan pergi ke pasar besok pagi?)
       
  4. Merujuk pada kejadian berkelanjutan yang kita harapkan akan terjadi di masa depan

    Contoh kalimat:

    • He will be living with his best friend when he is in Australia. (Dia akan tinggal dengan teman baikknya ketika dia berada di Australia.)
    • She will be eating with Anne this evening. (Dia akan makan dengan Anne sore ini.)
       
  5. Ketika dikombinasi dengan kata still, dapat merujuk pada kegiatan yang sedang terjadi sekarang dan diharapkan akan berlanjut sampai suatu waktu di masa depan.

    Contoh kalimat:

    • He will still be suffering from his headache tomorrow. (Dia akan masih merasakan sakit kepalanya sampai besok.)
    • Unfortunately, the price will still be rising in 2 years. (Sayangnya, harganya akan tetap naik dalam dua tahun.)
    • Will not the stock prices still be falling in the evening? (Bukankah harga salam masih akan turun di malam hari?)

Demikianlah ulasan materi tentang future continuous tense. Meliputi pengertian future continuous tense, rumus future continuous tense, dan contoh kalimat future continuous tense. Terimakasih, semoga bermanfaat.

Follow Us On :
Lencana
Kongkow