999 +
0
233
0
7 Tips Mengawali Semester Pertama dengan Sukses
1 month 'ago'

Halo…halo… Hi, adik – adik. Kali ini kakak – kakak akan berbagi beberapa tips agar kamu sukses dalam memulai perkuliahanmu di semester 1.

Nah, apa saja yang perlu kamu perhatikan dan perlu kamu lakukan, yuk simak berikut ini:

1. Displin

tips sukses di semester pertama

Mengawali perkuliahan di semester pertama, kamu harus punya karakter displin. Displin yang dimaksud adalah displin dalam segala hal, baik itu manjemen waktu, manajemen kegiatan, manajemen keuangan dan lain sebagainya.

Usahakan kamu orang yang menerapkan waktu displin itu adalah hal penting dalam keseharianmu. Misalnya bangun tepat waktu, hadir di ruang kuliah minimal 5 menit sebelum awal perkuliahan, tidur tepat waktu, mengeluarkan uang untuk keperluan saja.

2. Manfaatkan waktu sebaik – baiknya.

Sering kita dengar “Waktu adalah uang”, “Waktu tidak akan kembali terulang” dll. Memang benar, maka dari hal ini, manfaatkan waktu kamu sebaik – baiknya. Jangan pernah terlena.

Jika punya waktu luang, usahakan menggunakannya untuk hal – hal yang bermanfaat. Misalnya: membaca buku, belajar bahasa inggris, mengembangkan hobbi, mengikuti organisasi,  pengabdian atau kegiatan mahasiswa lainnya, mulai ikut kompetisi atau menjajaki beasiswa

3. Fokus

Ingat bahwa tujuan utama kamu adalah kuliah, berarti harus fokus kuliah.  Jangan sampai di semester pertama absen kamu bolong – bolong. Kemudian memprioritaskan proses perkuliahan dibandingkan kegiatan apa pun itu.

Hadir di kelas adalah paling utama dibandingkan ikut organisasi, kegiatan atau pengembangan minat lainnya.

Ingat! Orangtuamu tahu bahwa kamu kuliah, bukan untuk yang lain. Jadi kegiatan lainnya hanya untuk pendukung saja.

4. Menargetkan IP

Sebagai mahasiswa baru, tolak ukur keberhasilan kamu di perkuliahan adalah IP (Indeks Prestasi) kamu. Jadi usahakan IP di semester pertama kamu bagus, misalnya cumlaude yaitu: 3.5.

Pastinya jika kamu mendapat IP cumlaude maka semester berikutnya kamu akan termotivasi lagi untuk mendapatkan yang lebih baik lagi.

5. Rajin Ikut Diskusi

tips sukses memulai kuliah

Diskusi membuat kita akan banyak bertukar pendapat dan pengetahuan. Ingat, kita tidak bisa pintar sendiri, harus ada orang – orang yang mampu kita ajak sharing dan bekerjasama.

Maka dari itu, jika ada diskusi sangat disarankan untuk selalu diikuti, karena ini sangat membantu kamu dalam tugas – tugas kuliah, juga mempererat pertemanan dan melatih mental kamu untuk menyampaikan pendapat di muka umum.

6. Rajin ikut seminar

Di awal semester, kamu perlu mengenal dunia kampus lebih luas dan perlu menambah banyak wawasanmu. Maka jika ada seminar yang diadakan di kampus, sangat baik untuk kamu ikuti. Karena itu sangat berguna sekali untuk masa perkuliahanmu ke depannya.

7. Menjalin relasi yang luas

Sangat baik jika kamu bisa menjalin relasi yang luas, karena relasi itu akan membantu kamu mendapatkan kesempatan – kesempatan yang baik di kampus.

Itulah beberapa tips yang bermanfaat agar semester pertama kamu berjalan sukses.

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow