0
102
0
Tanpa Bunyi Alarm, Sebenarnya Kita Juga Bisa Bangun Pagi Lho!
5 months 'ago'

Apakah kamu termasuk orang yang suka mengatur waktu alarm di smartphone lebih dari sekali dan hampir setiap hari? Atau pernah dari kalian bangun sebelum alarm berbunyi? Menurut penelitian Salk Institute California menyebutkan, sebenarnya tubuh kita dapat bangun dengan sendirinya tanpa harus mendengar berisik bunyi alarm lho.

Kenapa bisa begitu? Berikut alasan yang mesti kamu tahu. Agar kamu tidak tergantung dengan bunyi alarm yang menyiksa pendengaran.

1. Tubuh kita terdapat gen jam biologis, gen baru yang bertanggung jawab untuk memulai jam dari keadaan tenang setiap pagi

Tanpa Bunyi Alarm, Sebenarnya Kita Juga Bisa Bangun Pagi Lho!

Gen jam biologis meningkatkan metabolisme kita setiap hari. Memiliki fungsi fisiologis penting yang dapat memberitahu tubuh kita bahwa sudah waktunya untuk bangkit. Mekanisme gen ini selain dapat membantu kita untuk bangun otomatis, dapat membantu dalam menjelaskan dasar-dasar genetik tentang ketidakmampuan tidur, penuaan dan penyakit kronis, seperti kanker dan diabetes, dilansir dari Sciencedaily.com.

2. Gen KDM5A mengkodekan protein JARID1a, protein yang berfungsi sebagai saklar aktivasi di sirkuit biokimia yang mempertahankan ritme sirkadian

Tanpa Bunyi Alarm, Sebenarnya Kita Juga Bisa Bangun Pagi Lho!

Ritme sirkadian adalah proses biologis yang menunjukan osilasi endogen dan berulang setiap sekitar 24 jam. Pemain sentral jam biologis kita adalah protein yang disebut PERIOD (PER). Jumlah protein PER di setiap sel kita meningkat dan turun setiap 24 jam.

Sel kita menggunakan tingkat protein PER sebagai indikator waktu dan memberitahu tubuh kita kapan harus tidur, dan kapan harus bangun.

3. Pada dasarnya tubuh adalah kumpulan jam yang memberi tahu rutinitas berdasarkan waktu dan akan bekerja dengan sendirinya

Tanpa Bunyi Alarm, Sebenarnya Kita Juga Bisa Bangun Pagi Lho!

Semisal kita rutin bangun pagi setiap pukul 06.00, secara otomatis dihari berikutnya pun kita akan bangun di jam yang sama karena pengaruh gen jam biologis yang kita lakukan karena sering.

Itulah alasan kenapa tanpa alarm, kita dapat bangun dengan sendirinya. Selain fakta sains di atas, ternyata bangun dengan sendirinya tanpa alarm membuat kita jauh lebih semangat dan bahagia ketimbang dengan alarm.

Karena ketika bangun dengan bantuan alarm, secara sengaja kita bangun secara terpaksa, yang membuat kita tidak nyaman dan berpengaruh dengan suasana hati. Umumnya orang yang bangun dengan alarm, cenderung merasakan tidak bersemangat ketika memulai aktivitas.

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow