999 +
0
164
0
Harddisk Anda Penuh? Ikuti Tips Ini untuk Menambah Kapasitasnya!
5 months 'ago'

Fungsi sebuah harddisk atau harddisk drive pada komputer memang sangat penting. Semua program dan dokumen yang dijalankan oleh komputer semuanya akan tersimpan dalam sebuah harddisk. Semakin besarnya ukuran file yang ada saat ini mau tidak mau membuat seseorang harus memiliki harddisk dengan kapasitas yang besar untuk menyimpan banyak file dan menjalankan program. Kapasitas yang besar ini biasanya berbanding lurus dengan harga yang ditawarkan. Untuk yang memiliki budget berlebih tentu tidak masalah mengganti harddisk dengan ukuran yang lebih besar. Bagaimana jika tidak memiliki budget namun terdesak akan kapasitas harddisk yang semakin sedikit?

Ini dia tips yang bisa dilakukan untuk menambah kapasitas harddisk Anda.

1. Lakukan disk cleanup
Buang file-file yang tidak dibutuhkan dalam harddisk Anda, yang dikenal dengan istilah disk cleanup. File sementara ini biasanya ada ketika kita sering berselancar di web, dan melakukan download. Untuk membersihkanharddisk dari file seperti ini bisa menggunakan program yang banyak tersedia. Namun bisa juga dengan cara manual melalui sistem Windows dibawah ini.

*. Klik Start > All Programs > Accessories > System Tools.
*. Pilih Disk Cleanup.
*. Pilih partisi mana yang ingin dibersihkan.
*. Komputer seketika akan menghitung besar ruang kosong yang akan Anda dapatkan ketika melakukan disk cleanup.
*. Klik tab Disk Cleanup , kemudian centang kotak untuk file yang ingin Anda hapus.
*. Klik OK dan hapus file untuk mengkonfirmasi.

2. Gunakan Disk Defragmenter
Pada dasarnyaproses Disk Defragmenter tidak menghapus file apapun dari harddisk. Namun proses ini mengkonsolidasikan file-file yang masuk kedalam hardisk sehingga tertata lebih baik lagi. Dengan begitu tercipta ruang kosong yang bisa menambah kapasitas penyimpanan harddisk itu sendiri.

Untuk menjalankan Disk Defragmenter dari komputer, bisa dilakukan dengan cara berikut:
*. Klik Start > All Programs > Accessories > System Tools.
*. Pilih Disk Defragmenter.
*. Klik partisi yang ingin Anda defrag.
*. Anda bisa memilih untuk menganalisis partisi tersebut terlebih dahulu atau langsung melakukan Disk Defragmenter.
*. Jika sudah yakin dengan pilihan partisi, klik Defragment Now.

3. Menghapus Window.old
Windows.old merupakan sistem lama yang di back-up secara otomatis kedalam harddisk ketika komputer melakukan install ulang. Folder Windows.old ini biasanya tersimpan secara hidden di partisi C dalam sebuah harddisk.

Anda bisa menghapus folder Windows.old untuk menambah free space dalam harddisk jika itu memang diperlukan. Namun perlu diingat, jika masih ada informasi penting yang tersimpan dalam folder Windows.old sebaiknya amankan dulu data tersebut sebelum menghapusnya.

Semoga bermanfaat bagi Anda.

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow