999 +
0
279
0
7 Tips Membuat Catatan yang Efisien Saat Sedang Kuliah
2 weeks 'ago'

Rasanya sia-sia saja jika kita duduk dan mendengarkan dosen menyampaikan materi tetapi tangan kita tidak bergerak untuk mencatat. Kita tidak bisa memasukkan semua materi kuliah ke dalam otak sekaligus. Jika kita memaksanya, suatu saat kita akan mengalami penyakit yang namanya LUPA. Oleh karena itu, salah satu cara supaya kita tidak lupa materi yang diberikan oleh dosen adalah dengan menulis catatan.

Pada tulisan kali ini, saya akan memberikan beberapa tips membuat catatan saat sedang mendengarkan dosen menjelaskan. Tips-tips ini akan mempermudah kita dalam membuat catatan yang rapi dan mudah dipahami.

Catat hal-hal penting saja

Proses pembelajaran di kuliah dengan di sekolah sangat berbeda. Di sekolah, biasanya kita mencatat apa yang dituliskan oleh guru di papan tulis. Berbeda dengan kuliah, kita sebaiknya mencatat poin-poin penting saja dari materi yang disampaikan oleh dosen.

Tidak semua kata-kata yang terdapat dalam slide materi perlu dicatat. Kita bisa menuliskannya dengan kata-kata sendiri. Hal ini tentunya akan membuat kita menghemat waktu dan tidak ketinggalan dengan materi selanjutnya.

Selain itu, jangan hanya fokus pada slide, perhatikan juga kata-kata yang diucapkan oleh dosen dan yang dituliskannya di papan tulis. Bisa saja apa yang dikatakan/dituliskan dosen itu penting meskipun tidak ada dalam slide.

Membuat Catatan dengan Mind Mapping

Pernah ga sih kalian mendengar istilah mind map atau peta konsep? Mind map adalah diagram yang digunakan untuk menjabarkan sebuah topik menjadi poin-poin yang lebih spesifik (bercabang-cabang). Metodenya disebut dengan mind mapping.

Contohnya bisa dilihat pada gambar di atas. Tentunya cara ini akan membuat kita lebih mengerti terhadap materi yang diberikan saat perkuliahan.

Menulis dengan gaya visual

Menulis Catatan dengan Gaya Visual

Membuat catatan tidak harus melulu dengan menulis paragraf. Kita bisa mencatat dengan objek-objek visual seperti memakai bentuk persegi, lingkaran, segitiga, membuat tulisan tebal/miring, membuat judul dengan gambar pita, membuat illustrasi seperti komik, dan lain-lain.

Mungkin kalian berpikir catatan seperti itu kebanyakan dilakukan oleh perempuan atau orang yang memiliki jiwa seni yang tinggi. Akan tetapi, tidak ada salahnya untuk mencoba karena catatan kita akan lebih estetis dan menarik.

Hindari tulisan yang rapat

Kalimat-kalimat yang rapat pasti akan membuat kita susah untuk membacanya. Usahakan untuk meluangkan space/ruang yang cukup antar paragraf, kolom (jika 1 halaman terdapat beberapa kolom), atau objek (jika mencatat dengan gaya visual). Dengan begitu, catatan kita pun lebih enak dipandang sewaktu me-review-nya.

Hiasi catatanmu dengan warna

Catatan yang dihiasi oleh berbagai macam warna dapat membuat kita segar saat membacanya. Catatan dengan satu warna terkesan sangat monoton dan membosankan.

Supaya catatan kita lebih menarik, hiasilah dengan minimal 3 warna yaitu hitam, biru, dan merah. Misalnya, warna hitam dan biru digunakan untuk menulis kalimat secara bergantian sedangkan warna merah digunakan untuk garis bawah atau ikon poin (bullet).

Mencatat dengan gadget

Gadget sudah menjadi alternatif dalam membuat catatan. Kita dapat menyimpan catatan di smartphone/laptop tanpa harus berurusan dengan banyak kertas. Hal ini tentunya sah-sah saja jika dosen kita memperbolehkan kita menggunakan gadget saat sedang kuliah.

Gunakan Cornell Note System

Sudah pada tau belum apa itu Cornell Note System? Cornell Note System adalah sebuah metode pencatatan yang praktis dengan membagi kertas menjadi 3 bagian. Tiga bagian tersebut meliputi kolom pertanyaan/kata kunci di bagian kiri, kolom catatan di bagian kanan, dan kolom ringkasan di bagian bawah 2 kolom tersebut.

Untuk mengetahui lebih dalam, saya sudah pernah menulis artikel tentang Cornell Note Method.

Nah, itulah tips-tips yang bisa saya bagikan kepada kalian mahasiswa tentang bagaimana membuat catatan yang efisien. Cobalah untuk mengimplementasikan ketujuh tips di atas dan jangan lupa untuk membagikannya kepada orang lain ya.

Follow Us On :
Lencana
Kongkow