0
122
0
Selamat Hari Anak Nasional! Inilah 5 Fakta Menarik Tentang Hari Anak
3 months 'ago'

Setiap anak merupakan generasi penerus bangsa, negara, dan dunia. Tumbuh dan berkembangnya seorang anak pasti akan mempengaruhi keadaan di sekitarnya dengan cara yang berbeda-beda. Maka dari itu setiap negara di dunia memperingati Hari Anak Nasionalnya masing-masing. Di Indonesia, tanggal 23 Juli setiap tahunnya menjadi hari peringatan Hari Anak Nasional. Berikut ini fakta tentang Hari Anak Nasional yang mungkin kamu belum tahu!

1. Tanggal perayaan hari anak berbeda di tiap negara

Meskipun memiliki tanggal perayaan yang berbeda-beda, setiap negara direkomendasikan untuk memiliki hari perayaannya masing-masing. Hal ini dicetuskan dari hasil resolusi Majelis Umum PBB pada tanggal 14 Desember 1954. PBB juga menentukan beberapa tanggal sebagai hari peringatan untuk anak, yaitu Hari Anak Internasional untuk Perlindungan Anak pada tanggal 1 Juni, dan Hari Anak Internasional yang jatuh pada tanggal 20 November.

2. Turki adalah negara pertama yang menetapkan Hari Anak sebagai hari libur

Republik Turki menetapkan Hari Anak negaranya pada tanggal 23 April. Pada tanggal tersebut pemerintah Turki juga resmi menyatakan tanggal 23 April sebagai hari libur nasional sejak tahun 1929.

3. Hari Anak Nasional Indonesia jatuh pada tanggal 23 Juli

Secara resmi, Hari Anak Nasional Indonesia jatuh pada tanggal 23 Juli, yang dicetuskan oleh mantan Presiden ke-2 Indonesia, Soeharto. Hal ini ditetapkan melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 1984. Presiden Soeharto memiliki kepercayaan bahwa anak-anak merupakan generasi penerus perjuangan bangsa yang perlu memiliki keimanan, kecerdasa, kepribadian, serta semangat kebangsaan.

4. Indonesia merupakan 1 dari 150 negara yang merayakan Hari Anak Nasional

Sejak dicanangkannya pada tahun 1954, penyelenggaraan Hari Anak di dunia sudah meningkat menjadi 150 negara yang berpartisipasi. Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki perayaan Hari Anaknya sendiri.

5. Makna Hari Anak

Hari Anak sendiri memiliki makna untuk meningkatkan kepedulian masyarakat pada generasi selanjutnya. Pemerintah bersama masyarakatnya diharapkan mampu meningkatkan kepedulia dan menghargai hak-hak anak tanpa adanya diskriminasi.

Ayo kita lebih peduli lagi terhadap anak-anak yang akan menjadi generasi penerus selanjutnya, Famous People. Selamat Hari Anak Nasional! 

Follow Us On :
Lencana
KRYSNA
Good Badges
Kongkow