Home » Kongkow » Tips & Trik » 5 Tips Supaya Masa Kuliahmu Tidak Berlalu Sia-sia

5 Tips Supaya Masa Kuliahmu Tidak Berlalu Sia-sia

- Senin, 23 Juli 2018 | 10:42 WIB
5 Tips Supaya Masa Kuliahmu Tidak Berlalu Sia-sia

Masa-masa SMA akan segera selesai dan kamu pun harus segera membuka lembaran baru yaitu antara dua pilihan bekerja atau kuliah. Buat kamu yang memilih untuk melajutkan kuliah, pasti kamu sudah gak sabar bukan untuk duduk dan belajar dibangku kuliah?

Masa-masa kuliah sendiri memanglah sangat berbeda sekali dengan SMA. Mulai dari sistem belajar sampai pola pikir yang harus kamu terapkan saat kamu sudah duduk di bangku kuliah.

Agar masa-masa kuliahmu lebih berkesan dan tidak terbuang secara sia-sia, ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan dan harus kamu ketahui dari sekarang. Apa saja tips supaya masa kuliah kamu tidak terbuang secara sia-sia?

1. Mendapatkan IPK yang bagus di awal semester

5 Tips Supaya Masa Kuliahmu Tidak Berlalu Sia-sia

Masa-masa awal kuliah biasanya semangat untuk belajar dan untuk menjadi mahasiswa terbaik sedang tinggi-tinggginya. Maka dari itu kamu jangan pernah membuang kesempatan itu dengan sia-sia.

Cobalah untuk menggunakan semangatmu itu untuk mendapatkan IPK yang tinggi di awal semester. Hal ini dilakukan karena biasanya jika dipertengahan semester mata kuliah akan semakin rumit dan tugas juga akan semakin banyak.

Jadi di saat kamu sudah ada di semester akhir atau di tengah semester kamu tidak akan kelabakan lagi untuk mengejar IPK.

2. Masih berteman dilingkungan yang itu-itu saja? Sekarang waktunya kamu mengubahnya

5 Tips Supaya Masa Kuliahmu Tidak Berlalu Sia-sia

Biasanya saat awal masuk kuliah kamu pasti akan selalu kemana-mana bersama teman-teman kamu yang kamu kenal dan itu-itu saja. Mulai dari sekarang kamu jangan terperangkap oleh hal seperti itu ya.

Cobalah untuk mencari kenalan baru dengan memperluas lingkaran pertemanan kamu. Karena mempunyai teman yang banyak itu sangat bermanfaat. Misalnya kamu bisa mendapatkan bantuan saat dapat tugas atau bahkan di saat kamu akan mencari kerja juga pasti ada teman-teman kamu yang akan membantunya.

3. Nilai bukanlah segalanya, tetapi pehaman justru lebih penting

5 Tips Supaya Masa Kuliahmu Tidak Berlalu Sia-sia

Mulailah untuk merubah prinsip dari sekarang, bahwa buat apa nilai bagus kalau pemahan kamu kurang baik. Banyak sekali mahasiswa yang mati-matian mengejar nilai yang bagus sampai-sampai mereka mencontek hanya untuk mendapatkan nilai yang bagus. Selain itu ada juga yang ingin segera menyelesaikan skripsi mereka tetapi bukan hasil diri sendiri.

Hal seperti itu tidak ada manfaatnya guys. Hanya akan memberikan kebahagiaan yang sesaat saja alias tidak akan bertahan lama. Lebih baik kamu berusaha jujur dan kerja keras saja dari sekarng sebelum semuanya terlambat.

4. Jangan lupa untuk selalu berorganisasi

5 Tips Supaya Masa Kuliahmu Tidak Berlalu Sia-sia

Jangan kamu kira menjadi anak kuliahan itu hanya untuk belajr, belajar dan belajar. Ada saatnya kamu harus belajar dan ada juga saatnya kamu harus berorganisasi.

Di sana kamu bisa menemukan orang-orang yang baru, pengetahuan yang baru serta kamu juga bisa mendapatkan kepuasan sendiri yang bisa membuat semangat kuliah kamu semakin besar lagi.

5. Gak usah minder dengan tempat kuliah kamu saat ini

5 Tips Supaya Masa Kuliahmu Tidak Berlalu Sia-sia

Kamu minder dengan tempat kuliah kamu saat ini? Buang jauh-jauh rasa minder tersebut dari sekarang guys. Pasalnya universitas itu tidak bisa menjadi jaminan kamu sukses atau tidak. Tetapi kesuksesan itu dihasilkan dari bagaimana pehamanmu tentang pengetahuan dan bagaimana kerja kerasmu untuk menjadi orang yang sukses.

Itu dia 5 tips yang harus kamu ketahui dari sekarang sebagai mahasiswa baru. Ingat, jangan pernah membuang-buang waktu jika kamu tidak ingin menyesal di kemudian hari.

Cari Artikel Lainnya