999 +
0
181
0
Hal yang Dilakukan Orang Cerdas di Akhir Pekan, Tidak Ada Satu pun yang Terkait Pekerjaan
5 months 'ago'

Prinsip bekerja keras memang perlu, namun akan lebih baik lagi jika disertai dengan bekerja cerdas. Coba lihat, begitu banyak orang yang memaksa dirinya untuk bekerja siang-malam, bahkan mengabaikan libur.

Namun ada orang bekerja lebih lebih singkat dari waktu itu, namun menghasilkan hasil yang sama, bahkan lebih banyak. Mengapa bisa begitu?

Penelitian terbaru dari Stanford University, AS membandingkan pekerja yang bekerja 50 jam/minggu dengan mereka yang bekerja 70 jam bahkan lebih setiap minggunya. Hasilnya, mereka memiliki kinerja alias produktivitas yang sama.

Belakangan diketahui bahwa kinerja orang yang bekerja 50 jam/minggu itu juga dipengaruhi dari caranya menggunakan waktu luang di hari libur akhir minggu. Ternyata dengan melakukan 10 hal ini saat weekend, mereka dapat bekerja lebih maksimal di hari senin dan seterusnya!

1. Putus hubungan dengan pekerjaan di akhir pekan

Strategi membatasi diri dari segala hal yang berhubungan dengan pekerjaan di akhir pekan adalah cara yang baik. Dengan melakukan ini, kita akan membiarkan tubuh dan pikiran kita rehat sejenak.

Jika pekerjaan Anda tidak bisa ditinggalkan sekalipun di akhir pekan, cobalah untuk mengurangi durasinya saja. Misalnya, hanya mengecek e-mail satu kali sehari, setelah Anda mengisi energi kembali dengan beristirahat.

2. Mengurangi pekerjaan rumah di akhir pekan

Kalau Anda tetap harus mencuci pakaian, mengurus rumah, dll di akhir pekan, apa artinya hari libur? Usahakan untuk mengurangi pekerjaan rumah di akhir pekan, caranya adalah dengan mengatur pekerjaan rumah itu di hari biasa.

3. Berolahraga di akhir pekan

Jika Anda tidak sempat berolahraga di hari biasa, maka gunakan sedikit dari 48 jam yang ada saat libur akhir pekan. Ingatlah, olahraga rutin adalah cara yang baik untuk mempertahankan kesehatan. Semakin sehat Anda, semakin produktif pekerjaan Anda.

4. Merefleksikan diri

Memiliki waktu untuk merefleksikan diri setiap minggu merupakan salah satu cara untuk mengembangkan diri. Gunakan waktu libur akhir pekanuntuk merefleksikan kinerja, kehidupan, dll.

Usahakan mengambil waktu khusus tanpa distraksi.

5. Mengejar passion

Tidak semua dari kita bekerja sesuai dengan passion, mengapa tidak menggunakan libur akhir pekan untuk melakukannya? Misalnya beramin musik, membaca, menulis, melukis, dll. Berikan waktu pada diri Anda untuk mengejar passion pribadi dan lihat saja apa yang akan terjadi!

6. Quality time bersama keluarga

Menghabiskan waktu yang berkualitas bersama keluarga merupakan salah satu cara untuk membuat tubuh rileks dan berenergi. Setelah sibuk bekerja setiap hati, cobalah untuk menikmati hal-hal yang menyenangkan di libur akhir pekan bersama keluarga tercinta.

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow