0
150
0
Sering Nyanyi di Kantor? Ini 5 Manfaat Positifnya Buatmu
5 months 'ago'

Ketika pekerjaan sudah menggunung sementara pikiran dan tenaga sudah mencapai titik nadir lelah, maka mendengarkan musik adalah salah satu cara untuk merileksasi otak. Beberapa orang yang bekerja sembari menikmati suara musik memang akan selalu mendapat energi lebih untuk meningkatkan performa dan kinerjanya.

Ketika kinerja meningkat, maka akan berdampak pula pada peningkatan produktivitas. Saat mendengarkan musik, biasanya orang otomatis akan ikut bernyanyi mengikuti irama musik yang didengar saat itu.

Asal dilakukan secara proporsional dan tahu waktu, menyanyi ketika berada di kantor tentu saja merupakan salah satu cara untuk menenangkan pikiran. Selain itu, menyanyi secara bersama-sama di dalam kantor pun memiliki beberapa manfaat positif seperti di bawah ini.

1. Mempererat hubungan dengan rekan kerja

Sering Nyanyi di Kantor? Ini 5 Manfaat Positifnya Buatmu

Ketika kamu menyetel lagu kesukaan dan ikut bersenandung bersamanya, mungkin ada di antara rekan-rekan kerja yang ikut mendengarkan dan ikut bernyanyi. Dari satu kesamaan mendengarkan musik yang sama, biasanya akan berlanjut ke obrolan-obrolan yang lebih serius, termasuk dalam pekerjaan.

Jika biasanya kamu dan rekan kerja hanya bertegur sapa sekadar ‘say hello’ sebagai basa-basi, mungkin nanti kamu akan menjalin kerjasama yang positif bersama rekan-rekan kerja yang lain. Dengan begitu, hubungan dengan rekan kerja (baik secara personal maupun profesional) akan semakin terjalin dengan erat sehingga akan meningkatkan produktivitas kerja.

2. Meningkatkan mood

Sering Nyanyi di Kantor? Ini 5 Manfaat Positifnya Buatmu

Tahukah kamu, mendengarkan musik sambil ikut menyanyi bisa membuat perasaan kamu menjadi senang dan bahagia. Jika hanya mendengarkan lagu saja (lagu ceria ya, bukan lagu galau) bisa membuat orang merasa senang, maka orang biasanya akan lebih menikmati lagunya dengan ikut bernyanyi.

Ketika seorang pegawai merasa senang dan bahagia, maka biasanya mood pegawai tersebut sedang berada dalam kondisi yang baik. Sudah pasti, pegawai yang mood-nya sedang baik tentu saja akan bekerja secara profesional dengan meningkatkan kinerjanya di kantor.

3. Meningkatkan daya kreativitas

Sering Nyanyi di Kantor? Ini 5 Manfaat Positifnya Buatmu

Karena musik bisa membuat fikiran tenang dan lebih rileks, biasanya seorang pegawai yang mendengarkan musik sambil bernyanyi akan membuat fikirannya lebih terbuka. Selain itu, ketika mendengarkan musik, orang biasanya akan lebih mudah menerima hal-hal positif dan memungkinkannya untuk menjadi dirinya sendiri.

Karena pikirannya terbuka akan hal-hal positif, maka biasanya kinerja pegawai dari segi kreativitas akan meningkat.

4. Melatih jiwa kepemimpinan

Sering Nyanyi di Kantor? Ini 5 Manfaat Positifnya Buatmu

Ada waktu dimana kamu berinisiasi melakukan kegiatan bernyanyi ketika berada di kantor. Saat bernyanyi bersama rekan-rekan sekantor, kamu mungkin menjadi orang yang paling lantang ketika menyanyikan sebuah lagu.

Selain itu, kamu pun biasanya tanpa ragu dan malu ketika menyanyikan sebuah lagu (meskipun dengan suara pas-pasan) tanpa takut dihakimi orang lain atau dianggap menyebalkan. Dari hal tersebut, secara tidak sadar kamu telah melatih jiwa kepemimpinan yang ada dalam diri kamu.

Seperti menginisiasi gagasan, berani mengambil keputusan, aktif dan tidak takut dengan risiko.

5. Stres bisa berkurang

Sering Nyanyi di Kantor? Ini 5 Manfaat Positifnya Buatmu

Semua orang tentu pasti sudah merasakan manfaat bernyanyi sebagai salah satu kegiatan positif penghalau stres. Ketika pekerjaan sedang berada di puncak kesibukan dan membuat kamu lelah dan tak bersemangat, maka bernyanyi bisa sedikit menurunkan tingkat stres yang ada dalam pikiran akibat beban kerja yang menumpuk.

Selain bisa mengurangi stres, dampak positif bernyanyi pun ternyata bisa mengurangi rasa cemas, mengatasi depresi, dan menghalau rasa sepi. Jadi, mendengarkan musik sembari bernyanyi mengikuti iramanya tentu saja sangat bermanfaat dalam peningkatan performa dan kinerja kamu di kantor.

Namun ingat, kegiatan tersebut harus dilakukan dengan proporsional dan tidak sampai mengambil separuh dari jam kerja kamu di kantor. Jangan mentang-mentang karena bernyanyi memiliki banyak manfaat positif, seharian kamu berkaraoke di kantor dan pekerjaan menjadi terbengkalai.

Bernyanyi ada takaran dan waktunya kan?

Follow Us On :
Lencana
Kongkow