0
206
0
Cara Ampuh Menjawab Pertanyaan Wawancara "Ceritakan Tentang Dirimu"
5 months 'ago'

Siapapun pasti bingung kalau mendapat pertanyaan soal menceritakan diri sendiri saat wawancara. Mau terlalu bagus, nanti dianggap kesombongan. Dibuat agak jelek, nanti dianggap gak becus. Tapi kalau dianggap santai nanti malah dianggap biasa saja, gak ada yang spesial.

Nah untuk menyiasati jawaban dari pertanyaan yang bikin bingung, kamu perlu menerapkan tiga langkah ini. Tenang saja, jangan grogi duluan ya.

1. Berceritalah dengan antusias. Jangan panik tapi juga jangan menggebu-gebu ya

Cara Ampuh Menjawab Pertanyaan Wawancara Ceritakan Tentang Dirimu

Jawaban yang perlu dihindari untuk pertanyaan macam ini adalah: Saya adalah pekerja keras, rajin dan tekun. Hal tersebut hanya akan membuatmu terkesan bertele-tele. Cobalah untuk membuatnya lebih efektif dengan bercerita tentang kegemaranmu yang kalau bisa berhubungan dengan pekerjaan yang kamu pilih tersebut.

2. Ceritakan yang berhubungan dengan posisi incaranmu di perusahaan tersebut

Cara Ampuh Menjawab Pertanyaan Wawancara Ceritakan Tentang Dirimu

Selain bercerita tentang siapa dirimu dan apa kegemaranmu, cobalah untuk membicarakan tentang posisi yang ingin kamu lamar. Sebelumnya cobalah untuk mencari persiapan seperti mengetahui info-info dari posisi dan perusahaan yang kamu inginkan tersebut. Kemudian saat interview, cobalah untuk membicarakan misi perusahaan yang sejalan dengan kamu.

Jika ada, tambahkan pengalaman yang kamu miliki. Dengan begitu, kamu sedang membangun kepercayaan diri bahwa kamu cocok dengan perusahaan dan pantas diterima karena kamu adalah orang yang dapat berkembang bersama perusahaan.

3. Ceritakan dirimu dengan singkat dan manis

Cara Ampuh Menjawab Pertanyaan Wawancara Ceritakan Tentang Dirimu

Cobalah untuk menceritakan tentang dirimu dengan tegas dan cepat. Hal ini dapat membuatmu terlihat lebih meyakinkan dan menarik perhatian orang yang ada di hadapan kamu. Tekankan beberapa poin pada ceritamu agar pewawancara ingin mendengarkanmu.

Dari beberapa poin di atas, sebenarnya yang kamu butuhkan adalah persiapan. Kamu perlu mengenal baik posisi dan perusahaan yang ingin kamu lamar. Dengan begitu, kamu akan siap bercerita dan dapat menyesuaikan dirimu dengan visi dan misi perusahaan. Selamat mencoba dan semoga sukses!

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow