0
141
0
Menggunakan Sabun Batangan Bersama-Sama, Benarkah Menularkan Bakteri?
5 months 'ago'

Pernahkah menggunakan sabun batangan secara bersama-sama dengan anggota keluarga di rumah? Atau bahkan kamu pernah menggunakannya secara bersama-sama saat berada di tempat umum seperti di gym atau toilet umum?

Bicara mengenai sabun batangan yang digunakan secara bersama-sama, benarkah hal ini bisa menularkan penyakit atau virus?penelitian yang dipublikasikan pada tahun 1965 menyebutkan bahwa menggunakan sabun batangan secara bersama-sama atau bergantian tidak memicu penularan penyakit. 

Para peneliti di zaman itu melakukan serangkaian percobaan di mana mereka sengaja mengontaminasi tangannya dengan bakteri dan virus kemudian cuci tangan pada sebuah sabun. Beberapa waktu kemudian, sabun itu digunakan untuk mencuci tangan peneliti lain. Dari percobaan penelitian ini tidak ditemukan adanya bakteri atau virus dari tangan peneliti pertama yang menular ke tangan peneliti kedua meski mereka menggunakan sabun yang sama untuk mencuci tangan. 

Berbagai penelitian lain yang dilakukan juga menemukan bahwa sabun batangan tetap steril dan aman digunakan meski sudah terkontaminasi kondisi ekstrem sekalipun. Meski dari beberapa penelitian menemukan adanya bakteri dan virus di sabun batangan yang sering digunakan bersama-sama, penelitian ini tidak bisa membuktikan bahwa sabun batangan adalah sumber bakteri dan infeksi. 

Well ladies, jangan pernah lagi takut untuk mencuci tangan dengan sabun batangan yang telah digunakan orang lain. Yang perlu ditakutkan adalah, ketika kita malas cuci tangan sedangkan cuci tangan ini sangat penting demi menjaga kesehatan kita.

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow