0
256
0
6 Kebiasaan Buruk Seorang Guru
5 months 'ago'

Guru adalah teladan bagi muridnya, maka guru harus bersikap layaknya seorang "Malaikat yang baik" di mata muridnya, sayangnya tidak banyak guru yang bisa menjadi teladan bagi muridnya. Seperti yang sering saya bilang, banyak guru yang "tidak sengaja menjadi guru" yang akhirnya berdampak pada penurunan kualitas guru dan pendidikan di indonesia, salah satu yang membuat kualitas guru turun adalah terletak pada beberapa kebiasaan buruk, kebiasaan buruk ini sering dianggap sepele tetapi  memiliki dampak yang besar sekali, maka dari itu mari kita bahas satu persatu.

  • Tidak Mengetahui Tujuan Pembelajaran, guru yang "tidak sengaja menjadi guru" bisanya akan mengajar saja tanpa mengetahui Tujuan pembelajaran-nya saja, contohnya seorang guru yang mengajar mata pelajaran Komputer, dia mengajarkan komputer tetapi dia tidak mengetahui untuk apa mereka belajar komputer ?? jika hal ini terjadi maka guru akan mengajar dengan apa adanya tanpa membuat perencanaan terlebih dahulu, sehingga pelajaran tersebut tidak mempunyai arah dan tujuan yang jelas.
  • Kurang Memiliki Kemampuan Mengelola Emosi, banyak guru yang sering emosi dihadapan muridnya, bahkan sampai berdebat dengan anak muridnya karena hal-hal yang sebenarnya sepele, hal ini bisa mempersulit proses belajar mengajar, bukan hanya murid tidak akan mendengarkan materi yang anda sampaikan tetapi juga pasti akan menjauhi anda, dan bahkan di beberapa kasus akan membenci anda.
  • Menganggap diri paling hebat, Guru sebenarnya memang hebat tetapi menganggap diri paling hebat adalah tindakan yang salah, jika anda menganggap diri anda paling hebat maka anda tidak akan mendengarkan siapapun bahkan anda tidak mau mendengarkan pendapat murid anda, jika anda telah menjadi guru yang tidak bisa mendengarkan pendapat murid anda maka sebaiknya anda berhenti menjadi guru.
  • Enggan belajar, Banyak guru yang sudah merasa puas dengan kemampuannya sendiri padahal hal ini jelas salah, karena ilmu pengetahuan ini tidaklah diam ditempat melainkan terus berkembang jika anda enggan belajar sesuatu yang baru maka anda tidak akan bisa menjadi guru yang berkualitas lagi, bahkan akan kalah dengan murid anda.
  • Hanya Sebatas Menggugurkan Kewajiban, guru yang "tidak sengaja menjadi guru" adalah yang paling banyak melakukan kebiasaan buruk ini, mereka mengajar hanya untuk mencari uang sehingga hanya mengajar dengan apa adanya, tidak ada hasrat untuk menginspirasi muridnya.
  • Tidak Mengevaluasi Teknik Mengajar, kebanyakan guru melakukan kebiasaan buruk ini, yaitu tidak mengevaluasi diri sendiri dan tidak mengevaluasi teknik mengajar, padahal evaluasi wajib bagi guru agar bisa menjadi guru yang lebih baik.

Saya berharap anda tidak melakukan salah satu atau keenam kebiasaan diatas, jadilah guru yang baik yang bisa menjadi teladan bagi murid anda, karena masa depan bangsa ini terletak pada pundak anda (para guru).

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow