0
353
0
10 Keuntungan Menjadi PNS
5 months 'ago'

PNS adalah singkatan dari pegawai negeri sipil, Dalam era milenial saat ini ada banyak orang yang berminat untuk menjadi PNS, hal tersebut tak lepas dari banyaknya fasilitas dan kemudahan yang didapatkan oleh para pegawai negeri sipil (PNS).
 

Untuk menjadi pegawai negeri sipil (PNS) harus memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku, perekrutan PNS dilakukan oleh instansi yang berwenang  (Menpan-RB). Bukti konkret dari banyaknya peminat jabatan pegawai negeri sipil (PNS) dapat dibuktikan saat adanya penerimaan CPNS, setiap dilakukan penerimaan CPNS, ada begitu banyak orang yang mendaftar untuk menjadi PNS.

Jika beberapa tahun sebelumnya profesi sebagai PNS kurang diminati lantaran gaji yang ditawarkan masih kecil, maka hal tersebut seolah tertendensi oleh fakta saat ini, dimana profesi sebagai PNS di era milenial saat ini menjanjikan pendapatan yang cukup bahkan lebih.

Apa saja fasilitas, keuntungan dan kemudahan yang didapatkan oleh pegawai negeri sipil? Berikut ulasannya yang kami sengaja rangkum untuk anda.

10 Keuntungan Menjadi PNS

1. Gaji pokok yang lumayan tinggi
Gaji seorang PNS tergantung golongannya, berikut gaji PNS berdasarkan golongannya;
PNS Golongan I: 1.486.000
PNS Golongan II: 1.926.000
PNS Golongan III: 2.456.700
PNS Golongan  IV: 2.899.500

Daftar gaji di atas adalah gaji awal ketika diangkat menjadi PNS, belum termasuk gaji berdasarkan lama masa kerja. Jadi lumayan bukan gaji yang didapatkan oleh PNS belum lagi jika masa kerjanya sudah puluan tahun, maka bisa jadi gajinya menjadi dua kali lipat ketimbang gaji awalnya.

2. Tunjangan sertifikasi profesi
Pundi-pundi uang yang menjadi hak seorang pegawai negeri sipil (PNS) adalah tunjangan profesi, untuk mendapatkan tunjangan profesi seorang PNS harus memenuhi syarat dan ketentuan untuk mendapatkan sertifikat profesi agar bisa mendapatkan tunjangan profesi.

Besaran jumlah tunjangan profesi PNS adalah sebesar gaji pokok dan gaji pokok tersebut mengacu pada golongan pegawai negeri sipil yang bersangkutan.

Namun yang mesti diketahui bahwasanya tidak semua PNS berhak menerima tunjangan profesi, hanya profesi tertentu yang bisa menerima tunjangan profesi, misalnya saja; Guru, Dokter, Dosen dan beberapa profesi PNS lainnya

3. Tunjangan Kinerja
Dana yang diterima PNS selanjutnya adalah tunjangan kinerja, tunjangan kinerja diterima tiap bulan bersamaan dengan gaji pokok. Jumalh tunjangan kinerja untuk tiap PNS cukup bervariasi, semua tergantung dari tingkat golongan PNS yang bersangkutan.

4. Gaji pensiun
Kelebihan lain menjadi PNS adalah adanya gaji pensiun yang besarannya sebesar gaji pokok PNS tersebut. Hal tersebut menjadi motivasi tersendiri, karena gaji pensiun untuk PNS dibayarkan sampai PNS tersebut meninggal dunia dan selanjutnya diteruskan kepada 2 anaknya.

Sulit menemukan profesi yang memberi jaminan diusia tua. Walaupun sebenarnya gaji pensiun yang diberikan adalah gaji PNS yang bersangkutan, yang dipotong saat masih aktif menjadi PNS/Abdi Negara. Tapi hal tersebut dapat membuat pikiran PNS menjadi legah, pasalnya mereka tidak perlu lagi kerja untuk mencari uang setelah pensiun karena masih ada gaji pensiun yang bisa diterima tiap bulannya.

5. Mudah dalam mengambil pinjaman di bank atau untuk cicil rumah
Keuntungan selanjutnya mejadi PNS adalah diberi kemudahan ketika ingin mengambil pinjaman di bank atau ketika ingin mengambil KPR (kredit pinjam rumah). Cukup dengan menjaminkan SK PNS yang dimiliki maka pihak bank akan memproses permintaannya asalkan telah memenuhi syarat dan ketentuan.

Namun yang perlu dipahami adalah jika berkaitan dengan bank, sangat erta kaitannya dengan RIBA, hal tersebut sangat dilarang dalam islam, jadi jika anda jadi PNS maka usahakan menghindari meminjam uang di bank karena hal tersebut masuk dalam kategori RIBA.

6. Beban kerja yang tidak terlalu berat
Beban kerja PNS juga tidak terlalu berat, misalnya saja guru (SD, SMP dan SMA) biasanya masuk jam 7.30 dan selesai kerja jam 1 siang atau jam 2 siang, jadi masih ada banyak waktu untuk melakukan hal lain.

Selain guru PNS lain biasanya masuk jam 7.30 dan pulang kantor jam 4/5 sore dan hari kerjanya mulai senin sampai jumat, jadi ada dua hari waktu untuk istirahat.

7. Resiko pemecatan kecil
Profesi PNS adalah profesi yang memiliki resiko pemecatan yang kecil, jarang ada PNS yang dipecat. Jika ada yang dipecat berarti sudah melakukan pelanggaran yang benar-benar besar. Biasanya PNS yang melanggar hanya akan diberikan teguran atau mutasi.

Namun sebagai PNS yang baik maka taat aturan dalah hal yang utama, PNS yang baik adalah PNS yang memiliki komitmen dan konsistensi dalam menggeluti pekerjaanya.

8. Fasilitas kendaraan dan rumah dinas
Beberapa PNS yang memiliki jabatan strategis dan beruntung, diberikan kendaraan dan rumah dinas, hal tersebut cukup memudahkan PNS yang bersangkutan dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya. Namun tidak semua mendapatkan fasilitas rumah dan kendaraan akan tetapi hanya beberapa PNS saja.

9. Jaminan kesehatan
Menjadi PNS berarti anda telah terproteksi dengan jaminan kesehatan yang telah disiapkan pemerintah, pemerintah telah menyediakan jaminan  kesehatan (BPJS kesehatan dan BPJS ketenagakerjaan) untuk para PNS, dengan begitu jika PNS yang bersangkutan mengalami gangguan masalah kesehatan tinggal dating ke rumah sakit dan menunjukan kartu BPJS yang dimiliki dan biayanya pun gratis (DIbayar untuk beberapa jenis penyakit tertentu).

10. Adanya jenjang karir yang jelas
Memiliki pekerjaan  memang hal yang didambakan setiap orang, tetapi jika pekerjaan yang digeluti bersifat monoton dalam hal jabatan maka itu kurang baik juga. Lain halnya dengan PNS yang memiliki jenjang karir yang jelas, PNS dikelompokan dalam IV golongan sebagai berikut;
PNS Golongan I
PNS Golongan II
PNS Golongan III
PNS Golongan  IV

Jika anda adalah PNS golongan satu (I) dan telah memenuhi syarat untuk naik golongan maka anda akan menjadi PNS golongan II dan begitu seterusnya. Naik golongan berarti ada kenaikan gaji.

Tantangan menjadi PNS
PNS adalah profesi dengan berbagai kemudahan yang bisa didapatkan, namun mesti kita sadari bersama  bahwasanya menjadi PNS memiliki beban moril yang cukup besar. Seperti yang kita ketahui PNS digaji oleh Negara dan uang tersebut berasal dari pajak yang dibayar oleh rakyat, secara sederhananya adalah yang mengaji PNS adalah rakyat.

Jadi PNS harus betul-betul total dalam menjalankan tugasanya, karena uang yang mereka terima tiap bulannya adalah hasil keringat rakyat. Jadi jika ingin menjadi PNS maka jadilah PNS yang benar-benar bertanggung jawab dengan beban yang diembankan kepada anda.

Demikianlah 10 Keuntungan Menjadi PNS, jadi apa anda berminat untuk menjadi Pegawai negeri sipil (PNS) Silahkan komentar;

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow