0
172
0
9 Hal yang Bisa Dilakukan Setelah Lulus Kuliah
4 months 'ago'

Setelah lulus kuliah mau ngapain? rencana kedepan setelah lulus kuliah ? Pernakah pertanyaan yang seperti itu muncul dalam benak anda? Pertanyaan tersebut biasanya diutarakan/muncul dalam benak mahasiswa yang masih sementara kuliah atau orang yang mau kuliah namun masih bingung hal apa yang bisa dilakukan setelah lulus kuliah.


Menempuh pendidikan dalam bangku kuliah, memang tidak ada jaminan anda bisa langsung bekerja (kecuali kuliah di kampus ikatan dinas), namun bukan berarti hal tersebut lantas memupuskan harapan anda untuk mengeyam pendidikan di bangku kuliah.

Atau bagi anda yang saat ini masih dalam proses kuliah dan bingung mau ngapain setelah lulus kuliah tidak perlu khawatir karena ada banyak hal yang bisa anda lakukan setelah menyelesaikan kuliah anda

Dengan ilmu yang anda dapatkan setelah lulus kuliah setidaknya beberapa hal/perkerjaan bisa anda geluti! Apa saja yang bisa anda lakukan setelah lulus kuliah ? berikut ulasannya

9 hal yang bisa dilakukan setelah lulus kuliah

1. Mendaftar menjadi PNS (pegawai negeri sipil)
Opsi pertama yang bisa anda lakukan setelah selesai kuliah adalah anda bisa mendaftar untuk menjadi PNS, pofesi sebagai PNS cukup menjanjikan dan menjamin masa depan anda. Jika berbicara masalah gaji, maka profesi menawarkan gaji yang lumayan besar, besaran gaji yang diterima seorang PNS tergantung instansi/kementrian tempatnya bernaung.

Selain itu adanya gaji pensiun untuk para PNS menjadikan profesi sebagai PNS cukup diminati. Bagaimana cara mendaftar PNS? Pendaftaran PNS saat ini dilakukan secara online, jadi tinggal pilih jabatan PNS yang sesuai dengan disiplin ilmu anda saat kuliah. Ada banyak keuntungan saat menjadi PNS, penasaran apa saja kelebihan saat jadi PNS? Berikut artikel yang bisa anda baca: 10 Keuntungan menjadi PNS

2. Berwirausaha
Orang yang telah lulus kuliah sudah pasti memiliki bekal ilmu yang mumpuni untuk melakukan berbagai aktivitas yang bisa menghasilkan pundi-pundi uang. Wirausaha adalah hal yang bisa anda coba lakukan setelah lulus kuliah. Dengan bekal pengalaman dan ilmu yang didaptkan saat kuliah, bisa menjadi modal awal untuk memulai suatu usaha yang meiliki prosepek menjanjikan.

Bagaimana cara memulai usaha? Untuk memulai usaha seorang mesti memerhatikan, usaha apa yang memiliki prospek menjanjikan, kondisi lingkungan, kebutuhan masyarakat dan sesuaikan dengan modal yang anda miliki. Apa kelebihan menjadi wirausaha? Sudah pasti dengan berwirausaha anda akan menjadi bos atas usaha anda sendiri.

Kemampuan membaca peluang usaha dan kemampuan manajemen usaha adalah hal yang sangat penting untuk dipahami karena hal tersebut akan sangat berpengaruh pada keberhasilan usaha anda. Pemasaran usaha anda bisa melalui online maupun secara konvensional (melalui teman kuliah, keluarga dan lain-lain).

3. Menjadi karyawan
Saya pernah mendengar istilah “Menjadi karyawan adalah hal yang menyenangkan ibaratkan sedang kursus namun anda yang dibayar”. Apa maksuda dari ungkapan tersebut? Maksudnya iala dengan menjadi karyawan anda bisa belajar banyak hal dari profesi anda, bagaimana prosedur suatu perusahaan bekerja, manajemennya, cara pemasaran.

Bekerja, belajar dan dibayar, itulah kenikmatan mmenjadi karyawan, jika sudah memiliki pengalaman dan modal yang cukup anda bisa resign dan membuat usaha anda sendiri. Jadi tidak ada ruginya anda melamar jadi karyawan, gaji seorang karyawan juga cukup untuk memenuhi kebuutuhan sehari-hari.

Lulusan baru/fresh graduate biasanya sering dicari oleh perusahaan, jadi hal tersebut bisa anda manfaatkan jika sudah tamat kuliah untuk bekerja sebagai karyawan, intinya bekerjalah diperusahaan yang bisa membuat anda nyaman. “mencari pekerjaan yang disukai memang penting tapi mencintai pekerjaan jauh lebih penting”.

4. Lanjut Kuliah
Opsi lain yang bisa anda pilih saat telah selesai kuliah adalah berpikir untuk melanjutkan pendidikan kejenjang selanjutnya. Bagaimana jika kurang biaya? Jika kurang biaya, saat ini ada banyak jenis beasiswa yang bisa anda coba untuk dapatkan

Tidak ada ruginya anda kuliah S2 karena frekuensi pertemuan/perkuliahan saat kuliah S2 lebih sedikit ketimbang kuliah S1, selagi menempuh pendidikan di bangku S2 anda bisa mencari kerja, anda bisa memanajemen waktu anda antara kuliah dan kerja 

Potensi/peluang kerja lulusan S2 pastinya lebih besar daripada lulusan S1, jadi hal tersebut bisa menjadi nilai tersendiri bagi anda. Aplagi jika anda memang memiliki biaya yang cukup untuk S2, maka anda bisa memilih opsi tersebut (kuliah S2).

5. Kuliah profesi guru (Bisa untuk lulusan jurusan keguruan dan non keguruan)
Saat ini untuk menjadi guru anda terlebih dahulu harus kuliah profesi guru untuk bisa mendapatkan sertifikat pendidik jika anda telah memiliki sertifikat pendidik dan NUPTK maka anda akan mendapatkan tunjangan profesi walaupun anda masih berstatus honorer.

Kuliah profesi guru juga disubsidi pemerintah jadi biaya kuliahnya tidak terlalu mahal, lama PPG adalah satu tahun, dalam kegiatan PPG anda akan ditempatkan di asrama kampus pelaksana PPG. Jika anda sudah memiliki sertifikat pendidik anda bisa menggunakannya untuk mendaftar GGD (guru garis depan) dan SILN (sekolah Indonesia luar negeri) gajinya lumayan besar. 


6. Pulang kampung membangun kampung
Sarjana sudah pasti identic dengan wawasan keilmuan, jika anda memiliki jiwa pengabdi maka tidak ada salahnya setelah lulus kuliah anda pulang kampung dan  memberdayakan warga masyarakat yang ada di kampung anda.

Apa yang bisa dilakukan di kampong? Beberapa hal yang bisa dilakukan di kampong adalah membentuk kelopok kerja petani, kelompok kerja wirausaha dan lain-lain. Anda tinggal melihat hal positif apa yang bisa anda lakukan untuk memberdayakan dan memajukan kampong anda.

7. Menjadi blogger dan youtuber
Sebagai seorang sarjana anda pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah blogger dan youtuber. Blogger adalah penulis  yang mengupload tulisannya di blog sedangkan youtuber adalah pembuat video yang mengupload video hasil karyanya di youtube.

Blog dan youtube sama-sama bisa menghasilkan uang jutaan sampai ratusan juta rupiah, jika anda ingin belajar youtube dan blog anda bisa searching di google.com yang merupakan mesin pencari yang akan menelusuri di dunia maya seputar hal apa yang anda cari.

8. Membuka lembaga kurus
Jika anda belum memiliki pekerjaan setelah lulus kuliah, kenapa anda tidak memcoba membuka lembaga kursus atau bimbingan belajar. Misalkan jika anda lulusan sarjana computer maka kenapa anda tidak membuka kursus computer, jika anda lulusan bahasa inggri kenapa anda tidak membuka bimbingan belajar bahasa inggris.

Jadi sembari mencari kerja anda bisa melakukan aktifitas yang bermanfaat dan bisa menghasilkan uang. Dan bukan tidak mungkin jika bimbingan/tempat kursus dikelola dengan professional bukan tidak mungkin akan menjadi besar dan sukses.

9. Melamar kerja
Hal yang sudah lazim kita lihat pada mahasiswa yang baru selesai kuliah mereka akan berusaha mencari kerja. Untuk mencari kerja anda bisa menyebar CV (curriculum vitae) ke peursahaan/instansi yang sesuai dengan bisang ilmu anda.

Demikianlah 9 hal yang bisa dilakukan setelah lulus kuliah. Sebagai tambahan penulis akan berbagi informasi, tentang pengalaman setelah lulus kuliah. Penulis sendiri jurusan PGSD (pendidikan guru sekolah dasar) setelah lulus kuliah penulis menjadi guru honorer/bukan guru magang, kemudian penulis melanjutkan pendidikan di tingkat S2 setelah selesai penulis kerja di perusahaan.

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow