0
57
0
13+ Kegiatan Pertama Saat Masuk Kuliah
1 month 'ago'

Bagi mahasiswa yang telah lulus seleksi di perguruan tinggi, hal yang cukup dinanti-nanti adalah kegiatan kuliah perdana. Seperti yang diketahui mahasiswa baru kemungkinan masih awan dengan apa saja yang dilakukan saat pertama kali kuliah.

Hari pertama kuliah bisa jadi membuat sebagian mahasiswa merasa nerves/takut, maklum saja biasanya ketika kita akan memasuki suatu lingkungan baru yang masih kurang lazim bagi kita kemungkinan akan memunculkan rasa gerogi.


Okelah maklum saya (penulis) sudah pernah melalui sebagai mahasiswa baru, maka dari itu saya akan meng-sahre kesan pertama saat saya kuliah/pengalaman saat kuliah dan kegiatan apa saja yang sempat saya lalui saat pertama masuk kuliah.

Lantas hal apa saya yang kemungkinan dilakukan saat hari pertama masuk kuliah atau anggaplah dalam satu bulan pertama kuliah perdana? Berikut ulasannya

6 Kegiatan Pertama Saat Masuk Kuliah

1. Pengenalam mahasiswa baru

Pengenalan mahasiswa baru atau sering disebut (PMB) adalah kegiatan kuliah perdana yang biasanya dilakukan di perguruan tinggi. Dalam kegiatan PMB mahasiswa akan diperkenalkan dengan pimpinan kampus (Rektor), pimpinan Fakultas (Dekan) dan ketua program studi (Kaprodi). Setelah pengenalan pimpinan kampus akan berlanjut pada pengenalan pada organisasi kemahasiswaan (LKA) yang ada di kampus tersebut.

2. Ospek mahasiswa baru

Kegiatan ospek sebenarnya sudah dihapuskan dibeberapa kampus, namun untuk lebih mengenalkan pada anda, maka tidak ada salahnya kita bahas sekilas tentang kegiatan ospek mahasiswa baru. Dibeberapa kampus kegiatan ospek sudah berganti dengan PMB.

Namun di beberapa kampus kemungkinan masih ada yang melaksanakan ospek untuk menyambut mahasiswa baru. Apa saya yang dilakukan saat ospek. Kegiatan ospek biasanya dilakukan oleh Lembaga kemahasiswaan, sebut saya BEM (badan esekutif mahasiswa), Maperwa (majelis permusyawaratan mahasiswa) dan gabungan organisasi.

Kegiatan ospek biasanya diisi dengan perkenalan organisasi-organisasi kemahasiswaan, bisa juga kegiatan ospek menjadi ajang bagi senior untuk menguji nyali mahasiswa baru. Misalnya saja disuruh menyanyi, nge-games dan lain-lain.

Jadi nggak usah terlalu berpikir negative soal ospek, sebagai mahasiswa baru cukup nikmati saja berbagai kegiatan yang dilakukan semasa ospek, karena pengalaman tersebut akan menjadi kenagan indah saat jadi mahasiswa baru.

3. Mengisi KRS (kartu rencana studi)

Kegiatan awal saat kuliah bukan langsung menerima perkuliahan dari dosen, tapi mahsiswa baru terlebih dahulu harus mengisi KRS (kartu rencana studi). KRS berisi mata kuliah yang akan deprogram diikuti selama semester awal.

Kegiatan pengisian KRS dibeberapa kampus sudah menerapkan system online namun bisa jadi di beberapa kampus masih memberlakukan KRS manual.

Cara mengisi KRS mudah saja, tinggal anda programkan semua mata kuliah selama semester awal, jika nanti di akhir semester IPK anda tinggi maka anda bisa belanja mata kuliah (maksudnya adalah menambah mata kuliah dari jumlah normalnya yang bisa dipilih saat semester II).

4. Penentuan kelas

Di awal kuliah hal yang juga biasa dilakukan adalah pembagian kelas, jumlah mahasiswa dalam satu kelas bisa berkisar 30-40 mahasiswa per-kelas. Dalam satu kelas akan dicampur antara mahasiwa laki-laki dan perempuan.

Penentuan kelas apa yang anda tempati dilakukan oleh pihak kampus, tapi di awal semester/saat pembagian kelas anda bisa meminta untuk pindah kelas jika anda merasa kurang nyaman di kelas yang anda tempati, itupun jika pihak pengelola kampus menyetujui.

5. Pemilihan ketua tingkat (keting)

Jika ditingkat SD, SMP dan SMA pemimpin di dalam keas disebut dengan ketua kelas, maka lain halnya saat kuliah. Di perguruan tinggi nama pemimpin kelas disebut dengan ketua tingkat, pemilihan ketua tingkat biasanya dilakukan setelah diadakan pembagian kelas.

Pemilihan ketua tingkat dilakukan oleh mahasiswa yang ada di kelas tersebut secara demokratis/perhitungan suara terbanyak. Jika anda memiliki kapabilitas, jiwa kepemimpinan, visioner maka anda bisa mengusulkan diri anda untuk menjadi ketua tingkat

6. Perkenalan diri

Berhubung teman kelas adalah mahasiswa-mahasiswa baru, maka kegitan selanjutnya adalah perkenalan diri. Perkenalan diri bertujuan agar anda bisa lebih cepat akrab dengan teman baru kalian, usahakan perkenalkan diri anda dengan cara yang baik dan santun.

Namun kegiatan perkenalan diri bukannlah hal yang wajib dilakukan, biasanya seiring waktu mahasiswa yang ada dalam kelas anda akan kenal satu sama lain. Tapi tidak ada salahny anda lakukan kegiatan perkenalan diri, hitung-hitung untuk memperkenalkan bagaimana diri anda dihadapan teman mahasiswa lainnya.

Selanjutnya ada beberapa tips yang disarankan oleh admin (penulis) saat menjadi mahasiswa baru yang bisa anda lakukan. hal apa saja itu? berikut beberapa tipsnya

7 Tips saat pertama kali masuk kuliah

1. Mengikuti semua proses pengenalan mahasiswa baru (PMB)

Tahap proses pengenalan mahasiswa baru (PMB) cukup urgent untuk diikuti oleh seorang mahasiswa baru, karena melalui kegiatan pengenalan mahasiswa baru (PMB), seorang mahasiswa akan dikenalkan dengan berabagai hal, mulai dari gambaran tentang kampus, pengenalan organisasi-organisasi yang ada dalam kampus tersebut serta sebagai ajang untuk saling mengenal dengan mahasiswa lain.

Kegiatan pengenalan mahasiswa baru (PMB) bisa menjadi modal awal atau road map bagi mahasiswa dalam memahami kampus tempat ia menuntut ilmu secara umum, sehingga kesempatan untuk mengikuti proses pengenalan mahasiswa baru (PMB) harus dimkasimalkan dan diupayakan untuk dihadiri.

2. Datang tepat waktu

Untuk menghindari mindset negatif dari para dosen maupun dari para senior pada anda saat pertaa masuk kuliah, maka sebaiknya anda menghindari untuk datang terlambat ke kampus, datang terlambat bisa menjadi alasan dari senior yang agak jahil untuk mengerjain anda.

Anda tidak mau bukan dikerjain? Maka dari itu upayakan untuk datang tepat waktu, selain bisa menghindarkan anda dari perlakuan jahil dari senior anda, juga akan membentuk persepsi positif dari dosen dan senior terhadap anda.

3. aktif dan adaktif

Selanjutnya tips yang bisa anda lakukan saat pertama masuk kuliah adalah aktif dan adaktif maksudnya yakni berusaha secepatnya menyesuaikan diri dengan metode belajar dan bersosialisasi di lingkungan kampus.

Karena seperti yang kita ketahui metode belajar di sekolah (SD, SMP dan SMA) cukup berbeda dengan metode belajar yang diterapkan di kampus sehingga kemampuan menyesuaikan dengan metode belajar di kampus sangat penting agar anda bisa dengan maksimal menyerap berbagai pembelajaran yang anda terima di kampus tersebut.

4. Sopan santun dalam berperilaku dan bertutur kata

Beberapah hal yang sangat perlu anda hindari saat pertama masu kuliah adalah bersifat angkuh, sombong dan congkak, sifat tersebut bukannya menjadikan anda disegani atau dihormati namun kemungkinan senior-senior maupun teman anda tidak segang melakukan hal yang buruk pada anda.

Oleh karena itu sikap sopan santun saat pertama masuk kuliah sangat penting untuk anda tunjukan dan tanamkan dalam diri anda, agar anda menjadi pribadi yang disenangi dan dihormati oleh teman dan senior anda, karena pada hakikatnya saat kita bersikap baik pada orang lain maka orang lain juga akan bersikap baik pada anda.

5. Membuat target-terget yang ingin anda capai

Saat-saat pertama masuk kuliah adalah waktu yang tepat untuk membuat target-target yang akan anda capai saat kuliah, target-target yang akan/ingin anda capai tersebut bisa anda tulis dikertas agar anda tidak mudah melupakannya dan bisa fokus untuk mewujudkannya.

Contoh target yang bisa anda coba lakukan misalnya; target untuk jadi ketua tingkat, meraih nilai IPK tinggi maupun nilai IPY yang tinggi, aktif dalam kuliah, jadi mahasiswa terbaik tingkat kampus atau tingkat nasional, menjadi pimpinan organisasi internal kampus dan masih banyak target-target lainnya. Tujuan memiliki target-target yang akan dicapai saat kuliah tak lain agar anda bisa bersungguh-sungguh saat kuliah sehingga kemampuan anda bisa sepenuhnya dimaksimalkan.

6. Memperbanyak teman

Menempuh pendidikan di bangku kuliah bukan masa yang tepta untuk bersikap individualis, malah sebaliknya dalam menempuh pendidikan di bangku kuliah disarankan untuk memperbanyak teman/relasi, selain itu jangan membatasi berteman dengan teman kelas/oraganisasi/komunitas saja namun lebih dari itu mulailah membuka diri untuk berteman dengan siapa saja asalkan tetap berimpilkasi positif pada anda.

Dengan memiliki banyak teman anda bisa memiliki tempat untuk sharing dan berbagi pendapat dan bertukar pikiran, selain itu kelak teman yang banyak akan menjadi solusi dari masalah atau kendala yang anda hadapi.

7. Memanajemen waktu

Hal selanjutnya yang patut anda lakukan saat masih berstatus sebagai mahasiswa baru yakni membuat skema manajemen waktu agar anda bisa displin dan tepat waktu dalam melaksanakan setiap rencana dan agenda anda.

Manajemen waktu cukup penting agar porsi belajar, olahraga, berorganisasi, bersosialisasi, kuliah bisa berjalan beriringan dan alangkah baiknya manajemen waktu tersebut anda buat saat anda mulai aktif dalam perkuliahan/saat menjadi mahasiswa baru.

Demikianlah 6 Kegiatan Pertama Saat Masuk Kuliah dan 7 Tips saat pertama kali masuk kuliah yang bisa anda lakukan agar kegiatan perkuliahan anda bisa sukses, semoga bermanfaat.
Penelusuran yang terkait dengan kegiatan saat awal kuliah
apa saja yang dilakukan saat kuliah, pengalaman saat kuliah, perlengkapan kuliah mahasiswa baru, hari pertama masuk kuliah, kegiatan anak kuliah, apa itu kuliah, kesan pertama masuk kuliah, menghadapi hari pertama kuliah

Follow Us On :
Lencana
Kongkow